yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Jokowi Makan Nasi Kotak Bareng Buruh Pabrik di Sidoarjo

Rabu, 27 Des 2023 19:22 WIB

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat makan nasi kotak bareng buruh Pabrik PT Maspion Unit I, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/12). (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan makan nasi kotak bareng para buruh pabrik PT Maspion Unit I, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (27/12) siang.

Momen itu terjadi saat Jokowi meninjau pabrik alat elektronik tersebut. Jokowi tiba di pabrik tersebut saat jam makan siang.

Para buruh pabrik pun menyambutnya dengan santapan nasi kotak. Dia sempat berbincang dengan sejumlah buruh sebelum menyantap hidangan.

"Lauk makan siangnya apa?" kata Jokowi, dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Rabu (27/12).

Para buruh mengangkat kotak nasi masing-masing. Kotak itu berisi nasi, dengan lauk ayam suir bumbu merah, sambal goreng kentang, telur bacem, dan oseng sayur.

Menu di kotak makan para buruh sama dengan menu yang akan disantap Jokowi. Jokowi juga turut makan nasi kotak yang telah disiapkan di sana.

Tak hanya Jokowi, ada sejumlah pejabat yang ikut makan nasi kotak bareng buruh. Beberapa di antaranya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.


Presiden Jokowi berswafoto dengan sejumlah buruh di Sidoarjo. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Setelah makan siang bareng buruh, Jokowi melayani permintaan sejumlah orang di kelas pekerja itu untuk berswafoto. Para pekerja pabrik itu berebut mendekat ke Jokowi untuk berfoto bersama.

Lalu Jokowi berpidato. Dia bicara tentang pentingnya penggunaan produk lokal dalam produksi barang-barang ekspor.

"Jangan sampai kita hanya ekspor, kemudian di dalam negeri direbut oleh negara lain-oleh perusahaan dari negara lain, itu yang harus kita hindari," ucap Jokowi.

Pada Rabu ini, Jokowi ditemani sejumlah pejabat negara berkeliling Sidoarjo. Selain berkunjung ke pabrik, Jokowi sempat membagikan sertifikat tanah untuk warga.

(dhf/kid)

Sumber

Quote:


"Beres pak, kami semua tetap nasi kotak"

Diubah oleh yellowmarker 27-12-2023 14:35
dragunov762mm
bukan.bomat
pilotproject715
pilotproject715 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
706
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan