pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Anies Dititipi 8 Risalah Diminta Pertimbangkan Pendapat Ulama Tiap Susun Kebijakan


JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dititipi delapan risalah oleh perkumpulan yang mengatasnamakan Ulama se-Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Risalah tersebut dibacakan oleh KH Said Abdurrochim di Pondok Pesantren Ma'hadul 'Ulum Asy-Syar'iyyah, Sarang, Rembang, Senin (25/12).

Risalah pertama, Anies diminta senantiasa mempertimbangkan pendapat dan pandangan Ulama’ dalam menyusun kebijakan strategis.

"Kedua, menerapkan kepemimpinan Dwi Tunggal antara Presiden dan Wakil Presiden secara konsisten dalam memimpin negara dan menjalankan pemerintahan demi terjaga kekompakan kepemimpinan nasional sebagai wujud kepemimpian gerakan." ujar Kiai Said dalam keterangan tertulis, Senin.

Ketiga, menjalankan secara efektif Undang-Undang No. 18 tahun 2019 tentang Pesantren dengan membentuk Direktorat Jenderal Pesantren, mengoptimalkan Dana Abadi Pesantren, menerbitkan regulasi turunan, petunjuk teknis dan memastikan implementasi sampai ke tingkat pesantren di seluruh wilayah Indonesia.

Keempat, Anies diminta memperkuat pendidikan pesantren dan memberi pengakuan yang diperlukan bagi pendidikan keagamaan Islam non-formal seperti madrasah diniyah, taman pendidikan Al Qur’an, majelis ta’lim, serta kegiatan pendidikan lain tempat Ibadah.

Kelima, Anies diharap dapat mencegah kebangkitan faham-faham yang menyimpang dari Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Eka, seperti faham komunisme, leninisme dan faham-faham lain yang menyimpang dari Konstitusi Negara.

Keenam, menegakkan hukum dan perundang-undangan sebagai upaya meneguhkan negara Indonesia sebagai Negara Hukum dan bukan Negara Kekuasaan sebagaimana amanat Konstitusi.

Ketujuh, memastikan pemberantasan dan pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) secara imparsial.

Terakhir, menodorong kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel dan berperan aktif dalam menjaga perdamaian dunia.

Mendapat risalah tersebut, Anies mengatakan akan berusaha untuk tidak mengecewakan para ulama yang telah mendukungnya.

"Insya Allah kami, saya dan Gus Muhaimin akan berjuang sebagai dwi tunggal untuk membawa amanat ini. Insya Allah bisa kita laksanakan bersama-sama untuk perubahan agar benar-benar keadilan, kesetaraan itu hadir di semua aspek. Ini sebuah pesan yang insya Allah akan sangat berdampak pada dukungan untuk perubahan di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan insya Allah meluas ke seluruh Indonesia," kata Anies.

kompas.com
amekachi
pesulap.merah
dragunov762mm
dragunov762mm dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.1K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan