Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Kubu Anies Tak Setuju Larangan Ekspor Bijih Nikel ala Jokowi



Jakarta, CNBC Indonesia - Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Anies Baswedan dan Cak Imin (AMIN) Fadhil Hasan menolak larangan ekspor nikel mentah dan hilirisasi nikel yang digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dengan larangan tersebut (bijih nikel) itu akan menimbulkan retaliasi dan kita terbukti dikatakan juga bawa kita digugat oleh negara-negara Eropa dan seterusnya itu dan kita kalah tetapi kemudian seolah-olah kekalahan itu dirayakan secara heroik atas nama nasionalisme. Saya kira itu sesuatu yang kurang tepat," ungkapnya dalam acara Your Money Your Vote CNBC Indonesia, dikutip Kamis (21/12/2023).

Tak hanya itu, kebijakan larangan ekspor bijih nikel yang digencarkan pemerintahan Presiden Joko Widodo nantinya juga akan berdampak bagi Indonesia yang saat ini tengah gencar melakukan hilirisasi. Terutama, apabila cadangan nikel dalam negeri mulai menipis lantaran adanya kegiatan eksploitasi yang cukup masif.

"Pada satu saat cadangan nikel kita itu menipis akan habis, bagaimana kemudian kelanjutan dari pada smelter-smelter yang akan dioperasikan di Indonesia. Ini tentunya kan kita memerlukan impor kalau misalnya sekarang kita larang ekspor negara lain pada saatnya mungkin tidak akan melakukan ekspor nikel ke kita," kata dia.

Oleh sebab itu, alih-alih menggenjot program hilirisasi, Timnas AMIN lebih mendorong konsep reindustrialisasi. Bahkan, tidak hanya di sektor mineral dan batu bara (minerba) namun ke sektor yang lebih luas.

"Kita akan melakukan apa yang kita sebut sebagai reindustrialisasi karena saat ini yang terjadi itu adalah bahwa kita mengalami deindustrialisasi bahwa industri pengolahan pengolahan kita itu kita tingkatkan. Itu yang kita lakukan," tambahnya.

Baca: Tegas! Prabowo Bakal Lanjutkan Program Hilirisasi Kebanggaan Jokowi Ini

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...kel-ala-jokowi

dragunov762mm
sagal2010
aldonistic
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan