joko.winAvatar border
TS
joko.win
Sebelum Zulhas, Anies dan UAS Lebih Dulu Bercanda Soal Amin dan Tahiyat 2 Jari
Sebelum Zulhas, Anies dan UAS Lebih Dulu Bercanda Soal Amin dan Tahiyat 2 Jari








LAMPUNG INSIDER - Sebelum video viral Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan (Zulhas) yang dinilai menistakan agama, capres nomor urut 1, Anies Baswedan telah lebih dulu membahas candaan 'amin' senyap dan tahiyat dua jari. Anies bercanda soal ketakutan orang-orang dalam menggaungkan ucapan aamiin usai berdoa, lantaran cemas dikaitkan dengan jargon 'Amin'-nya.

Hal itu dikatakan Anies ketika bersua dengan Ustaz Abdul Somad (UAS), 14 Desember 2023. Pertemuan santai tersebut sekaligus menghimpun deklarasi dukungan UAS untuk paslon nomor urut 1. Mulanya, UAS mengatakan bahwa belakangan pelaksanaan sholat di beberapa kantor tak lagi mengucapkan 'amin' setelah al-fatihah. “Sekarang di beberapa kantor, itu sudah takut bilang aamiin,” kata UAS, dilihat di kanal YouTube Ustadz Abdul Somad, Rabu, 20 Desember 2023. "Dan saya juga baru sadar tadi pagi ternyata acara debat tadi malam itu tidak lagi berdoa, (tapi) mengheningkan cipta. Kenapa jadi tidak ada doa?? Saya juga baru sadarnya pagi. Tadi malam itu cuma ketika mengheningkan cipta, kita diam semua, doa, tumben doanya diam, " timpal Anies Baswedan. Kemudian, selain kata “Amin”, UAS juga melempar kelakar lain soal gesture telunjuk ketika duduk tasyahud. Dia menyampaikan kini gerakan itu diganti dari mengacungkan hanya jari telunjuk menjadi kepalan tangan






Pasalnya, jika pakai telunjuk saja, maka bisa sekaligus merujuk pada paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin). “Jangan-jangan tasyahud sekarang begini aja (mengepalkan tangan) semua,” ujar UAS. "Masa tasyahud tangannya keluar (angka) dua begini (menunjukkan gesture 'damai' dua jari). Tasyahud (jarinya) satu lah, mau gimana kita," timpal Anies kembali.

Video Viral Zulhas mulanya, dalam acara itu Zulhas mengungkapkan kepada peserta APPSI, bahwa Indonesia butuh kesinambungan dan keberlanjutan kepemimpinan. Isyarat yang cenderung kepada konsep usungan salah satu paslon di Pilpres 2024. "Di sini kan aman ya, Jakarta aman, di sini aman. Saya keliling Indonesia, yang jauh-jauh ada loh yang berubah. Jadi kalau sholat maghrib baca al-fatihan, Walad Dhollin ada yang diam sekarang Pak, ada yang diem sekarang, ada pak, banyak, saking cintanya sama Pak Prabowo itu," kata Zulhas, dilihat di X, @ARSIPAJA, Rabu, 20 Desember 2023. "Itu kalo tahiyatul akhir kan gini (melipat empat jari dan membiarkan satu jari telunjuk) pak, sekarang ada yang kaya gini (menunjukkan gesture dua jari teracung), sekarang banyak pak gitu, saking (cintanya sama Prabowo)," ujar dia. Sontak reaksi publik didominasi sentimen negatif. Zulhas dinilai melecehkan agama hanya untuk kepentingan kampanye paslon usungannya.


https://bandarlampung.pikiran-rakyat...-jari?page=all





Diubah oleh joko.win 22-12-2023 10:14
pilotproject715
Reikouki
Reikouki dan pilotproject715 memberi reputasi
2
672
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan