dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Ayah Prabowo disebut pernah melawan Nazi, ini peran Soemitro dalam perlawanan
Ayah Prabowo Subianto disebut pernah melawan Nazi, ini peran Soemitro Djojohadikoesoemo dalam perlawanan

- Selasa, 19 Desember 2023 | 09:56 WIB


Soemitro Djojohadikoesoemo ayah dari Prabowo Subianto disebut pernah melawan Nazi (Tangkapan layar Youtube Intisari Online dan Muarapena)


Hops.ID - Prabowo Subianto merupakan figur ternama dalam dunia politik Indonesia. Ia juga memiliki latar belakang keluarga yang kaya akan sejarah.
Berasal dari keluarga bangsawan Jawa, dengan ayahnya Soemitro Djojohadikoesoemo, yang memberikan kontribusi besar kepada Prabowo Subianto, baik di ranah militer maupun politik.

Soemitro Djojohadikoesoemo tidak hanya dikenal sebagai bapak Prabowo Subianto, tetapi juga sebagai seorang pejuang. 

Dikutip Hops.ID dari akun YouTube Intisari Online pada Selasa, 19 Desember 2023, Soemitro Djojohadikoesoemo ketika masih menjadi mahasiswa di Belanda, ia terlibat dalam perlawanan terhadap Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

"Ternyata Soemitro Djojohadikoesoemo memiliki pengalaman berharga dalam melawan Nazi Jerman saat ia masih menjadi mahasiswa di Belanda," kata narator.

Soemitro Djojohadikoesoemo melihat bagaimana kejamnya Nazi menyerang negara tersebut.
"Saat Perang Dunia II pecah pada tahun 1939, Sumitro masih berada di Belanda dan menyaksikan bagaimana Nazi Jerman menyerbu dan menduduki negeri tersebut," ujarnya.
Lebih lanjut, Soemitro Djojohadikoesoemo tidak mau diam saja melihat kekejaman yang dilakukan oleh Nazi terhadap orang-orang Belanda maupun orang-orang asing yang tinggal di sana.

"Ia menjadi anggota gerakan bawah tanah yang menentang Nazi dan membantu menyelamatkan orang-orang Yahudi dari kejaran Nazi," tuturnya.

Selain itu, Soemitro Djojohadikoesoemo juga aktif dalam organisasi mahasiswa Indonesia di Belanda yang bernama Perhimpunan Indonesia.
"Ia aktif di organisasi nasional yang menuntut kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda dan juga bersimpati dengan gerakan anti fasis," terangnya.
Keberanian Soemitro dalam memperjuangkan kebebasan dan hak asasi manusia menciptakan dasar kuat bagi Prabowo dalam mengembangkan kariernya di dunia militer.

Dari latar belakang keluarga yang sarat dengan nilai-nilai kejuangan dan kebangsawanan, Prabowo mewarisi semangat untuk berkomitmen pada negaranya.

Pengalaman dan ketahanan keluarga Soemitro selama periode sejarah yang sulit telah membentuk karakter Prabowo. Ia membimbingnya dalam memimpin di dunia militer dan politik Indonesia dengan tekad dan keberanian.
Diketahui Soemitro Djojohadikoesoemo merupakan tokoh ekonomi dan politik Indonesia yang pernah dipercaya oleh Presiden Soeharto untuk Menjadi Mentri Riset dan Teknologi.***

https://www.hops.id/unik/29411244489...wanan?page=all

dragunov762mm
pesulap.merah
bobulil
bobulil dan 4 lainnya memberi reputasi
5
575
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan