madlaknat..Avatar border
TS
madlaknat..
Fakta-fakta Gempa Terkini M 4,6 Sukabumi Picu Kerusakan 61 Rumah di Bogor
Foto: Satu rumah di Kabupaten Bogor dilaporkan rusak imbas gempa M 4,6 di Sukabumi. (dok. BPBD Kabupaten Bogor)
Sukabumi - Gempa bumi terkini dengan kekuatan magnitudo (M) 4,6 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat. Gempa tersebut terasa hingga Bogor dan sekitarnya.
BMKG melaporkan bahwa gempa terkini Sukabumi itu disebabkan aktivitas sesar aktif. Namun gempa tersebut jenis gempa bumi dangkal berdasarkan analisis terhadap episenter dan kedalaman hiposenternya.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa terjadi di Kabupaten Sukabumi pada Kamis (14/12) pukul 06.35 WIB. Gempa Sukabumi ini terletak pada koordinat 6.76 lintang selatan dan 106.53 bujur timur.


"Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi Jawa Barat pada kedalaman 5 km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono seperti dikutip dari detikNews, Kamis (14/12/2023).

Dirangkum dari detikNews, berikut fakta-fakta gempa terkini M 4,6 Sukabumi:

1. Gempa Terkini Sukabumi Turut Dirasakan di Sejumlah Wilayah
Gempa terkini Sukabumi ini turut terasa di sejumlah wilayah, seperti di Pamijahan dengan skala intensitas III - IV MMI yang artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

Kemudian di daerah Panggarangan, Bayah, Kalapanunggal, Cilograng, Bogor dengan skala intensitas III MMI. Artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Juga di daerah Ciputat, Tangerang dengan skala intensitas II - III MMI yang artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian terasa juga di Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas II MMI. Artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ungkap Daryono.

2. BPBD Bogor Catat 61 Rumah Rusak Imbas Gempa Sukabumi
BPBD Kabupaten Bogor mencatat ada 61 rumah yang mengalami kerusakan terdampak gempa Sukabumi. Rumah itu tersebar di sejumlah kecamatan.

"Sampai saat ini, kaji cepat yang kami lakukan terdapat 61 rumah terdampak di 4 kecamatan, dan 7 desa," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor M Adam dalam konferensi pers yang digelar BMKG, Kamis (14/12/2023).

BPBD Kabupaten Bogor mengatakan data 61 kerusakan rumah di Kabupaten Bogor bersifat sementara. Nantinya pihaknya akan meng-update kembali dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

"Untuk jenis kerusakannya akan diinformasikan kembali karena petugas kami saat ini sedang melakukan kaji cepat, Dinas Perumahan juga sedang turun melakukan kaji detailnya," kata Adam.

3. Penampakan Rumah Warga yang Rusak di Bogor
Dalam foto yang diterima detikcom melalui BPBD Kabupaten Bogor, Kamis (14/12/2023), rumah terlihat kebanyakan retak pada bagian dinding. Selain itu, rumah rusak pada bagian atap dan plafon.

Sebagian rumah terlihat jebol pada bagian atap dan plafonnya. Petugas BPBD bersiaga di sekitar lokasi.


Penampakan rumah-rumah di Kabupaten Bogor yang rusak akibat gempa M 4.6 Sukabumi.

4. Kemungkinan Gempa Terkait Aktivitas Gunung Salak
BMKG mengungkap kemungkinan gempa di Sukabumi pagi tadi ada kaitannya dengan aktivitas vulkanisme Gunung Salak. Namun kemungkinan itu masih didalami.


sumber


Hanya mau bilang, belum 1 bulan, Sukabumi adakan bela palestina besar besaran, skrg sudah diguncang gempa yg tidak dalam dan rumah rumak kadrun rusak, dan bbrp thread bela palestina, juga ada di kaskus ini, salah satunya ini

https://m.kaskus.co.id/post/65329f07...ofile&med=post

Dan si TS pun berkomentar ini

Bukan saja tidak mampu, malah langsung ditampol gempa emoticon-Ngakak

Kadrun ditampol Tuhan Israel emoticon-Ngakak






Kesaksian di Lapangan :

Quote:
Diubah oleh madlaknat.. 15-12-2023 16:13
inspirasi.69
aldonistic
glass69
glass69 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
552
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan