pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Waka DPRD Depok Ngaku Ditolak RS Berobat Pakai KTP: Setop Bohongi Warga!


Jakarta -

Wakil Ketua DPRD Depok Hendrik Tangke Allo sempat mencoba berobat ke rumah sakit Depok hanya menggunakan KTP. Namun ia mengaku ditolak oleh pihak rumah sakit.

Pengalaman itu diceritakan Hendrik melalui sebuah rekaman video. Dilihat detikcom, Sabtu (9/12), Hendrik menuturkan penolakan itu didapatkannya saat hendak membayar biaya rumah sakit.

"Teman-teman, saat ini saya sedang berobat di Rumah Sakit Hermina karena sakit. Saya coba tanya ke manajemen RS (bahwa) saya mau bayar pakai KTP sesuai dengan yang waktu itu disampaikan Pak Wakil Wali Kota, ternyata ditolak KTP saya. Padahal KTP saya KTP Depok. Gimana itu, Guys?" kata Hendrik dalam video tersebut.


Dimintai konfirmasi terpisah, Hendrik mengaku telah menghubungi pihak Dinas Kesehatan terkait persoalan yang dialaminya. Menurutnya, prosedur yang dihadapi malah lebih berbelit. Bahkan pengalaman serupa dirasakan oleh warga Depok lainnya saat berobat di puskesmas.

"Penjelasan dari Dinkes terkait statement Pak IBH di media cetak, online, maupun YouTube ternyata tidak seindah yang disampaikan. Banyak hal berbelit yang menjadi persyaratan penggunaan KTP untuk berobat," jelasnya saat dihubungi, Sabtu (9/12/2023).

"Tanggal 7 Desember kemarin warga saya berobat ke puskesmas ternyata juga nggak bisa menggunakan KTP," sambungnya.


Selain itu, Imam memastikan Depok tak lagi memberlakukan tarif di puskesmas bagi warganya. Imam mengatakan, jika ada yang memiliki tunggakan BPJS, puskesmas tetap melayani.

"Makanya warga Depok kalau sudah tinggal di Depok, ayo ubah KTP-nya jadi KTP Depok. Agar pelayanan kesehatannya gratis, hanya pakai KTP," ujarnya.

Imam membeberkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelontorkan dana Rp 112,8 miliar untuk membiayai pengobatan 237 ribu lebih warganya. Dengan berlakunya sistem UHC, bantuan sosial kesehatan pun ditiadakan.

Di sisi lain, Imam menjelaskan tiga rumah sakit belum bekerja sama dengan BPJS, antara lain RS Puri Cinere, RS Anak Bangsa, dan RS Brawijaya. Dia berharap RS tersebut sedang dalam proses untuk segera bekerja sama dalam melayani BPJS.

detik.com
valkyr11
servesiwi
servesiwi dan valkyr11 memberi reputasi
2
639
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan