jpnn.comAvatar border
TS
jpnn.com
Dokter Rina: Maksud Gibran Adalah Asam Folat

Cawapres RI Gibran Rakabuming Raka menyapa awak media saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Kampanye Nasional (TKN) dan Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Jakarta, Jumat (1/12/2023). (ANTARA/Aprillio Abdullah Akbar)

jpnn.com - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, dr. Rina Adeline Sumantri mengklarifikasi soal kesalahan ucap “asam sulfat” oleh Cawapres RI Nomor 2 Gibran Rakabuming Raka.

Dokter Rina memberi klarifikasi setelah dua hari ini media sosial diramaikan oleh potongan video Gibran yang menyebut ibu hamil harus dicek asam sulfat-nya terpenuhi atau tidak.

Baca Juga:
Oknum Pengacara Diciduk Polisi Gegara Cabuli Anak di Bawah Umur

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, yang menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.


Foto: arsip JPNN.com/M. Fathra Nazrul Islam

"Maksud Gibran adalah asam folat yang berhubungan dengan pemenuhan gizi dalam penurunan angka tengkes atau stunting," ucap dr. Rina dalam keterangan di Jakarta, Selasa (5/12).

Rina menekankan bahawa meski ada kekeliruan pengucapan dari Gibran, tetapi hal yang disampaikan adalah edukasi yang penting.

"Pemenuhan kebutuhan gizi saat kehamilan adalah hal yang penting untuk menurunkan stunting,” ucap dokter spesialis mikrobiologi klinik itu.

Baca Juga:
Israel Pakai Surah Al-Ankabut Ayat 14 untuk Siasat Lumpuhkan Hamas

Menurut Rina, hal itu pula yang membuat Prabowo-Gibran memiliki program bantuan gizi untuk ibu hamil dan balita.

Salah satu bentuk dari programnya adalah bantuan gratis asam folat dan vitamin D.

Menurutnya, pemberian bantuan itu juga harus disertai pemeriksaan rutin.

"Salah satu ide yang paling menarik adalah dengan memberikan bantuan asam folat dan vitamin D, tetapi itu juga harus disertai dengan pemeriksaan rutin," tutur Rina.

Dalam rencananya juga akan dilakukan pemeriksaan selama enam kali bagi ibu hamil selama masa kehamilan. Rina menuturkan bahwa pemberian asam folat dan vitamin D dalam program tersebut dapat menurunkan kemungkinan stunting pada anak-anak.

Baca Juga:
Elektabilitas Jokowi Dikaitkan dengan Pasangan Prabowo-Gibran

Itu karena vitamin D sangat dibutuhkan untuk menunjang penyerapan kalsium, menjaga fungsi otot, membantu pertumbuhan gigi hingga mencegah berat badan lahir rendah pada janin.

"Asam folat adalah suatu jenis vitamin B kompleks yang diperlukan ibu hamil," ujarnya menerangkan.

Adapun sejumlah manfaat asam folat, kata Rina, seperti untuk pembentukan sistem saraf janin, pembentukan plasenta, mencegah anemia, mencegah keguguran, hingga menurunkan risiko preeklamsia.(ant/jpnn.com)

Sumber:

Heboh Asam Sulfat dan Ibu Hamil, Dokter Rina: Maksud Gibran Adalah Asam Folat
Diubah oleh jpnn.com 07-12-2023 06:50
buruhrokok
scorpiolama
scorpiolama dan buruhrokok memberi reputasi
2
634
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan