Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jioputurukiAvatar border
TS
jioputuruki
Pemilih Gen Z Di Pemilu 2024
Pemilih Gen Z di Pemilu 2024






Oleh, Jio Putu Ruki

Mahasiswa Hukum universitas Pamulang (UNPAM) serang


Pemilihan Umum,(Pemilu) adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (RI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pemilu 2024 ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dan pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022.

Lalu, apa saja yang dipilih dalam Pemilu tahun depan ?

Untuk diketahui Pemilu 2024 terdiri dari Pemilu Legislatif untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Secara bersamaan dilaksanakan pula Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2024-2029.

Pemilih adalah Warga Negara Indonesia yang sudah genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih, sudah kimpoi, atau sudah pernah kimpoi.

Penyelenggara Pemilu, lembaga yang menyelenggarakan Pemilu yang terdiri atas Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum.

Menariknya untuk pelaksanaan pemilu di tahun ini 2024, banyak sekali gen z atau anak milenial yang mendominasi pemilih saat ini.

Pemilu 2024, tahun depan Indonesia menggelar pesta demokrasi 5 tahunan. Dan untuk pertama kalinya di Indonesia pemilih terbanyak di pemilu 2024 adalah Gen Z dan Milenial. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan DPT Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Dari jumlah tersebut, terdapat sebanyak 66,8 juta pemilih dari generasi milenial, Selain itu, pemilih dari gen Z juga mendominasi nih yaitu sebanyak 46,8 juta pemilih. Gabungan Gen Z dan Milenial punya peranan yang penting dalam pelaksanaan atau hasil Pemilu 2024.

Karena generasi ini dikenal tau teknologi informasi dibandingkan Generasi yang lebih tua Pastinya partisipasi aktif mereka dalam proses penyelenggaraan hasil pemungutan suara paling mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

Mengacu pada data BPS tahun 2020, jumlah Gen-Z di Indonesia yakni 27,94 persen atau sekitar 75,4 juta dari total 270 juta jiwa penduduk Indonesia. Tak heran, jika di Pemilu 2024, suara Gen-Z jadi rebutan.

Gen Z juga lebih beragam dari pada generasi sebelumnya. Mereka lebih terbuka terhadap keberagaman dan isu-isu sosial, dan cenderung lebih progresif dalam pandangan politik dan sosial mereka.

Apakah gen z atau generasi milenial bisa golput dalam pemilu tahun ini ?

Di harapkan Gen Z tidaklah golput pada penyelenggaraan Pilihan Umum (Pemilu) serentak 2024. Pasalnya suara mereka sangat berdampak besar pada kemajuan politik di Indonesia kedepan, karena mereka juga sangat kritis dalam pemikiran nya, lebih lagi bisa memahami visi dan misi dan calon- calon yang akan mereka pilih.
Diubah oleh jioputuruki 06-12-2023 16:16
adolfsbasthian
adolfsbasthian memberi reputasi
1
244
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan