yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Daftar Negara Muslim dengan Kekuatan Militer di atas Israel, Ada RI?

Senin, 04 Des 2023 07:20 WIB

Personel militer Pakistan. (AFP/AAMIR QURESHI)

CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Agresi brutal militer Israel ke Jalur Gaza kembali berlangsung setelah sempat terjadi gencatan senjata atau jeda kemanusiaan selama sepekan dari 24 November lalu.

Israel memiliki kekuatan militer yang jauh lebih unggul ketimbang Hamas, kelompok militan Palestina. Itu terlihat dari aksi pamer kekuatan militer Israel kala membombardir wilayah Gaza dengan sadis hingga sampai kini telah menewaskan lebih dari 15 ribu orang, di mana kebanyakan korban adalah anak-anak dan perempuan.

Namun, dalam peringkat Global Firepower untuk urusan kekuatan militer di dunia, Israel ternyata hanya berada di urutan ke-18 dari 145 negara.

Dalam daftar peringkat itu, beberapa negara yang penduduknya mayoritas memeluk agama Islam atau muslim ternyata memiliki peringkat lebih baik dari Israel.

Peringkat dari Global Firepower ini menggunakan lebih dari 60 faktor individual untuk menentukan skor PowerIndex ('PwrIndx') suatu negara dengan kategori mulai dari kuantitas unit militer dan kondisi keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi.

Lalu, mana saja negara yang penduduknya mayoritas muslim yang peringkat kekuatan militernya di atas Israel menurut Global Firepower? Yang menarik, peringkat kekuatan militer Indonesia dalam daftar ini lebih tinggi dari Israel.

Berikut 5 Negara Muslim yang Peringkat Kekuatan Militernya di atas Israel versi Global Firepower.

Pakistan

Pakistan berada di urutan ketujuh di dunia untuk kekuatan militernya. Berdasarkan situs Global Firepower, Pakistan memiliki 654 ribu personel militer yang dilengkapi 363 pesawat tempur dan 58 helikopter serang.

Negara dengan penduduk mayoritas muslim di Asia Selatan ini juga punya 3.742 tank, 6 kapal fregat, 2 kapal korvet, 9 kapal selam, dan ribuan artileri.

Turki

Dalam daftar peringkat kekuatan militer negara-negara di dunia, Turki berada di urutan ke-11. Negara yang kini dipimpin Recep Tayyip Erdogan itu memiliki tentara militer mencapai 425 personel.

Untuk persenjataan, menurut Global Firepower, Turki didukung dengan 2.229 tank, 3.140 artileri, 205 jet tempur, 110 helikopter serang, 16 kapal fregat, 9 kapal korvet, dan 12 kapal selam.


Para personel militer Iran. (AP/Vahid Salemi)

Indonesia

Dalam peringkat kekuatan militer versi Global Firepower, Indonesia menduduki urutan ke-13. Indonesia disebut memiliki sekitar 400 ribu personel militer yang aktif ditambah 314 tank dan 567 artileri.



Selain itu, Indonesia juga punya 41 jet tempur dan 15 helikopter serang untuk kekuatan militer di udara, sedangkan kekuatan militer di perairan, Indonesia memiliki sekitar 10 kapal fregat, 21 kapal korvet, dan 4 kapal selam.

Mesir

Tepat di bawah peringkat Indonesia, ada Mesir yang berada di posisi ke-14. Negara benua Afrika ini disebut punya 440 ribu personel militer dengan bantuan 4.664 tank dan 3.78 artileri.

Sementara untuk kekuatan angkatan udara, Mesir memiliki 254 pesawat tempur serta 92 helikopter serang. Di sisi lain, Angkatan Laut Mesir punya 7 kapal korvet, 13 kapal fregat, dan 8 kapal selam.

Iran

Negara muslim berikutnya yang punya peringkat kekuatan militer lebih tinggi dari Israel adalah Iran, dengan berada di posisi ke-17. Militer Iran memiliki sekitar 575 ribu personel. Untuk persenjataan, Iran didukung 4.000 tank dan 2.600 artileri.

Untuk kekuatan angkatan udara, Iran dilengkapi 196 jet tempur serta 12 helikopter serang. Dukungan dari angkatan laut Iran berupa 3 kapal korvet, 7 kapal fregat, dan 19 kapal selam.

(wiw)

Sumber



Angkat saya jadi panglima tertinggi sekarang juga !
Akan saya usir tentara Israel dari Gaza !
Seperti halnya saya merelokasi warga Wadas dengan ganti untung.
Insyaallah, Israel mau pergi.

Allahu Akbar ! (3X)

Pilih nomer 3

Diubah oleh yellowmarker 04-12-2023 15:47
nomorelies
BALI999
kerapintar
kerapintar dan 3 lainnya memberi reputasi
2
710
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan