dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Ini Dia Penemuan Paling Penting Dalam Sejarah yang Sering Kita Anggap Remeh



Sejak zaman dahulu dunia belum memiliki sistem sanitasi yang baik untuk membuang limbah feses. Limbah feses dari rumah warga dibuang begitu saja melalui saluran air yang mengarah ke sungai ataupun dibuang di alam liar. Jadi seiring bertambahnya populasi manusia, jumlah pencemaran feses semakin meningkat mengakibatkan terjadinya wabah penyakit yang mengerikan. Feses diketahui dapat menjadi media perkembangbiakan bakteri patogen. Sehingga objek ini seharusnya jangan dibiarkan ampar-amparan di tempat terbuka.

Meskipun demikian, perlu beberapa abad lamanya bagi manusia untuk menyadari pentingnya sistem pembuangan feses tertutup atau yang kita kenal dengan toilet dan septic tank. Alat ini ditemui kurang lebih 200 tahun yang lalu dan karena terbukti memperbaiki sanitasi lingkungan, alat ini akhirnya menyebar luas di segala penjuru. Oleh karena itulah penemuan paling penting ini terkadang banyak yang menganggap remeh padahal perannya paling vital dalam menyelamatkan populasi manusia dari wabah penyakit. Penasaran bagaimana sejarah dari penemuan toilet, mari kita cermati pada thread kali ini!




Pada era kekaisaran Romawi, teknologi pipa air yang mengalirkan air bersih ke dalam rumah sudah ditemukan dan telah terbukti sangat bermanfaat dalam memberikan akses air untuk kebersihan dan segala kebutuhan. Namun ada salah satu permasalahan yang belum bisa diselesaikan. Yaitu belum tersedianya toilet dengan sistem pembuangan tertutup atau menggunakan septic tank. Pada zaman tersebut limbah feses dibuang begitu saja melalui sungai atau tempat terbuka.

Hal ini pada akhirnya mengakibatkan pencemaran. Feses yang dibuang ke perairan tidak selamanya dapat didegradasi dengan cepat. Jika jumlah feses yang dibuang ke sungai terlalu banyak maka lama kelamaan akumulasi feses menjadi tidak terbendung dan mencemari air. Tumpukan feses ini pada akhirnya menjadi media perkembangbiakan bakteri sehingga wabah penyakit yang diawali dari sungai mulai merebak. Bakteri patogen seperti Escheria coli & Staphylococcus aureus mulai menjadi masalah kala itu akibat pencemaran feses pada sungai yang tidak terbendung.



Meskipun orang-orang zaman dahulu telah mengetahui bahwa pencemaran pada sungai disebabkan karena limbah feses yang dibuang begitu saja. Belum ada tindakan serius dari para inventor untuk menemukan teknologi yang dapat mengatasi permasalahan limbah feses pada manusia. Hal inilah yang membuat limbah feses yang tak terbendung pada perairan memunculkan wabah penyakit baru berupa Vibrio cholerae yang lebih mematikan dan mengakibatkan banyak korban berjatuhan.

Wabah penyakit kolera atau wabah yang disebabkan bakteri patogen vibrio cholerae telah tercatat sebagai wabah penyakit terburuk yang pernah terjadi dalam sejarah. Wabah penyakit ini terjadi diakibatkan karena sanitasi yang buruk dan jumlah pencemaran feses pada perairan yang semakin meningkat. Pada Abad 18 penyakit ini mulai menyebar luas dan membunuh beberapa populasi manusia hanya karena belum ditemukannya toilet yang mumpuni.



Tepat di abad tersebut juga akhirnya manusia mulai menyadari pentingnya pembuatan sanitasi yang baik untuk mencegah merebaknya wabah penyakit. Pada tahun 1829, Hotel Tremont yang berada di Boston, Amerika Serikat menjadi hotel yang menawarkan sanitasi kebersihan yang sangat baik. Tiap kamar hotel dilengkapi Toilet duduk yang terhubung pada saluran pembuangan septic tank. Teknologi ini baru muncul pada tahun 1775, namun penggunaannya baru terkenal di tahun 1800-an.

Tepat di tahun 1848 pemerintah Inggris menetapkan aturan ketat bagi seluruh penduduknya untuk menyediakan sistem toilet yang terhubung dengan saluran pembuangan septic tank agar tidak mencemari lingkungan. Aturan ini dibuat begitu ketat agar dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan kebersihan publik. Sejak saat itulah revolusi mengenai sanitasi lingkungan mulai berkembang dan diterapkan di segala penjuru dunia. Pada akhirnya penemuan sepele ini menyelamatkan manusia dari wabah penyakit yang dibuktikan dari jumlah kelahiran manusia yang meningkat secara eksponensial di abad 19.

—oOo—

Itu dia penemuan paling penting dalam sejarah yang sering kita anggap remeh. Padahal penemuan ini sangat penting dalam memberikan kesehatan masyarakat dan meningkatkan kebersihan lingkungan. Tanpa adanya alat ini, berbagai wabah penyakit baru lama kelamaan akan terus muncul dengan varian yang bermacam-macam. Beruntungnya teknologi ini ditemukan 1800-an dan telah terbukti membantu menyelamatkan populasi manusia. Sayangnya, UNICEF mencatat bahwa pada tahun 2023, 60% populasi manusia belum memiliki toilet yang proper.


Sumber : Disini
koi7
RyuDan2255
bigjerro
bigjerro dan 13 lainnya memberi reputasi
12
3.3K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan