amekadrunAvatar border
TS
amekadrun
Kiki Fatmala Idap Kanker Paru-paru Stadium 4, Meninggal Usai Alami Komplikasi
detikHotCeleb

Kiki Fatmala Idap Kanker Paru-paru Stadium 4, Meninggal Usai Alami Komplikasi

Desi Puspasari - detikHot

Jumat, 01 Des 2023 10:01 WIB

BAGIKAN  

Komentar





Kiki Fatmala yang tiba-tiba diberi tahu idap kanker stadium 4. Foto: Instagram @qq_fatmala

Jakarta - 

Kiki Fatmala meninggal dunia karena komplikasi kanker. Kiki Fatmala pada akhir 2021 baru mengetahui dirinya mengidap kanker paru-paru. Kondisi itu Kiki ketahui setelah melakukan general check up rutin.

Kabar duka itu diumumkan oleh pihak keluarga Kiki Fatmala. Melalui akun Instagram resmi Kiki Fatmala, keluarga membuat pernyataan resmi soal kabar sang artis meninggal.

"Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang. Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun, karena komplikasi akibat kanker," tulis pernyataan keluarga yang diunggah dalam akun Instagram Kiki Fatmala, Jumat (1/12/2023).



Keluarga meminta privasi karena dalam keadaan duka. Pemakaman juga akan digelar tertutup.

"Kami memilih untuk menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi hanya untuk keluarga dan teman-teman terdekat. Kami meminta penghormatan dan pengertian Anda untuk memberik kami ruang untuk berduka dan mengenang Kiki Fatmala dalam suasana yang tenang dan intim."

Bintang Si Manis Jembatan Ancol itu sempat mengatakan dirinya sama sekali tak menyangka check up rutin yang biasa dilakukan memunculkan hasil yang mengejutkan. Ini dia ceritakan pada wawancara Selasa, 21 Juni 2022.

"Pada bulan November aku general check up, tapi dimasukin cancer marker. Jadi sebelumnya aku sering general check up, tapi nggak pernah minta dicek ada cancer apa nggak," kata Kiki Fatmala saat ditemui di Studio Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan.

"Setelah itu, hasilnya keluar dan ada sesuatu di paru-paru dan ternyata cancer. Akhirnya bisa ketahuan cancer stadium 4," ujarnya.

Tahu kondisi kesehatannya tak baik-baik saja, saat itu Kiki Fatmala langsung ke Singapura pada Desember 2021. Kiki Fatmala menjalani kemoterapi di Singapura sebanyak 6 kali.


"(Bulan) Desember sudah di Singapura untuk kemo, bulan Maret kemo terakhir, jadi selama 5 bulan kemo. Kemo terakhir keenam di Singapura, dan dokter bilang cukup sampai 6 kali sudah tidak perlu kemo lagi. 4-5 bulan aku jalani kemoterapi," jelasnya.

"Alhamdulillah berat badan aku nggak turun drastis, rambut aku masih ada, aku nggak mengalami apa yang orang bilang menderita seperti apa. Aku bersyukur, banyak banget mengucap syukur," cerita Kiki Fatmala.

Kiki Fatmala mengatakan setelah selesai menjalani kemoterapi, dirinya tetap harus menjalani pemantauan dan imunologi. Hal itu dilakukan untuk membuat tubuh Kiki Fatmala lebih kuat.

"Setelah ini memang aku sudah nggak kemo lagi, tapi masih tetap harus dipantau, sekarang aku melakukan imunologi, supaya imun aku tetap kuat, itu aku diinfus per tiga minggu, sama seperti kemo. Aku juga tetap ambil darah pertiga minggu, suntik darah merah putih, tetap dipantau selama satu tahun ini," sambungnya.

Sekitar November 2022 dalam sesi wawancara di studio PO, Mampang, Jakarta Selatan, Kiki Fatmala senang karena dirinya sudah bisa kembali beristirahat.

Kiki Fatmala menjelaskan, imunologi yang dijalaninya membuat kankernya seperti tertidur dan tidak membesar. Kondisi ini diakui Kiki Fatmala tidak 100 persen disebut sembuh.

"Aduh aku kalau ngomongin ini nangis nih pasti, ya tapi sudah bersyukur aku sudah jauh lebih baik sekarang," ungkapnya.



(pus/ass)



https://www.google.com/url?sa=t&sour...2tfe4dmL1SJsVU






Perjalanan Karier Kiki Fatmala, Tenar Lewat Sinetron Si Manis Jembatan Ancol

Jumat, 1 Desember 2023 - 10:33 WIB

Oleh :

Dedi


Share :

Jakarta – Artis senior Kiki Fatmala dikabarkan telah meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 1 Desember 2023. Hal ini dikabarkan secara langsung oleh pihak keluarga melalui akun Instagram Kiki Fatmala. Dalam unggahan itu, pihak keluarga mengunggah foto hitam putih. 

“Kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang,” tulis pihak keluarga di akun Instagram @qq_fatmala. 




Kiki Fatmala Pernah Ucap Lebih Damai Setelah Pindah Agama dan Menikah

Kiki Fatmala meninggal dunia di usia 56 tahun lantaran komplikasi akibat kanker. Sebelum itu, Kiki Fatmala sempat menjalankan kemoterapi untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Namun sayang, takdir berkata lain dan Kiki Fatmala harus berpulang untuk selama-lamanya. 







Perjalanan Karier



Berbicara mengenai Kiki Fatmala, tampaknya semua orang sudah mengetahui sosok artis satu ini. Sebab, ia termasuk artis senior yang sudah lama melejit di dunia hiburan. Ia bahkan menjadi salah satu aktris terkenal di tahun 80-an sampai 90-an. 

Kiki Fatmala mulai berkarier di dunia hiburan pada tahun 1988 dengan membintangi film berjudul Permainan di Balik Tirai. Sedangkan film terakhirnya dirilis pada tahun 2014 dengan judul Kesurupan Setan. Namanya semakin dikenal usai membintangi sinetron Si Manis Jembatan Ancol yang menggantikan Diah Permatasari. 

Kiki Fatmala juga sempat membintangi sejumlah film terkenal pada masanya. Salah satu yang terkenal adalah dirinya yang sempat main bareng bersama grup lawak Warkop DKI. Setelah jarang muncul di televisi, ia diketahui menjadi pemandu aerobic. 

Kehidupan Pribadi



Kiki Fatmala tercatat sempat menikah sebanyak tiga kali, yang pertama dengan Antonius Salomata (1987-1988), kedua bersama Christian Froeschel (2003-2006) dan dirinya kembali menikah dengan Christopher (2020-sekarang).

Pada tahun 2019 lalu, Kiki sempat membuat heboh media sosial karena beredar foto dirinya dibaptis padahal menganut agama Islam. Namun, pada tahun berikutnya, Kiki Fatmala mengakui bahwa dirinya memang memilih pindah agama ke Kristen. 

Sampai pada tahun 2022 kemarin, Kiki Fatmala mengakui bahwa dirinya menderita penyakit kanker paru-paru stadium 4. Dia sempat menitikan air mata ketika menceritakan sakit tersebut. Ia mengaku menjalani kemoterapi untuk kesembuhan dirinya. 



https://www.google.com/url?sa=t&sour...sj8_Lg_pVevajk


Salah satu idola ane saat bocil selain 3 keluarga Azhari, turut berduka cita dan semoga yang ditinggalkan diberikan ketabahanemoticon-Turut Berduka
mubafirs
sweetjulia
fan.kay
fan.kay dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.6K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan