Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cino.Avatar border
TS
cino.
RI Tuntut Israel ke Pengadilan Internasional soal Gaza


Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia resmi menyampaikan dukungannya untuk menuntut Israel ke pengadilan international, termasuk Mahkamah Internasional. Ini diutarakan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam pidatonya di markas PBB, New York, AS, 28 November.

Dalam transkrip isi pidato yang dilihat CNBC Indonesia, Jumat (1/12/2023), RI menyerukan negara-negara di dunia membuka mata pada apa yang dilakukan Israel di Gaza, Palestina. Standar ganda, ujarnya, telah terjadi ketika sebagian negara dunia melihat persoalan ini.

"Bolehkah saya bertanya? Apakah tindakan Israel konsisten dengan hukum internasional? Apakah ini konsisten dengan hukum humaniter internasional?," ujar Retno dalam kesempatan itu.

"Marilah kita jujur pada diri kita sendiri dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ini," tambahnya.

"... Kita juga harus menyerukan standar ganda dalam penerapan hukum internasional yang secara serius melemahkan kesucian hukum itu sendiri," jelasnya.

"Oleh karena itu Indonesia mendukung upaya menjamin akuntabilitas Israel di berbagai forum terkait termasuk Mahkamah Internasional," tambahnya lagi.

RI pun menegaskan perlunya gencatan senjata permanen dalam penyelesaian konflik Gaza. Perpanjangan gencatan senjata dalam permusuhan ini disebut awal yang baik untuk mengakhiri "kekejaman".

"Kita membutuhkan gencatan senjata. Tanpa hal ini, akan sulit melakukan upaya lain untuk menyelamatkan nyawa dan membantu lembaga bantuan bekerja di Gaza," tegas Retno.

Ia pun mengatakan komitmen Indonesia untuk membantu 1,7 warga Palestina yang terpaksa mengungsi di wilayah tersebut. Terutama untuk memastikan bantuan mask tanpa hambatan.

"Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan bantuan termasuk dengan mengerahkan rumah sakit terapung," jelasnya lagi.


Menurutnya lagi, cara mengatasi permasalahan Palestina harus mengatasi akar permasalahannya. Intinya pendudukan Israel di sana harus diakhiri.

"Jelas dan sederhana, pendudukan atas tanah Palestina harus diakhiri," tegasnya.

"Tidak ada solusi militer terhadap konflik ini. Solusi politik adalah satu-satunya jawaban. Kita memerlukan proses negosiasi yang kredibel, transparan dan adil karena Palestina dan Israel mempunyai kedudukan yang setara sebagai anggota penuh PBB yang mengarah pada solusi dua negara berdasarkan parameter yang disepakati secara internasional," katanya.

"Indonesia menyerukan masyarakat global untuk berdiri bersama dengan umat manusia. Hanya dengan bersatu kita dapat membawa perdamaian ke Palestina dan kawasan," tegas Retno.

"Hanya dengan menggunakan hati kita dapat mewujudkan kemanusiaan dan keadilan."


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...onal-soal-gaza


Israel dituntut Indonesia ke Pengadilan Internasional gan, bagaimana komen agan agan di sini?

Buat yg kemarin menanyakan celana dalam ana, ane udah belajar jahit gan, beli kain karet dan sisinya ane lem, lumayan gan, bisa dijual, dan sekarang ane belajar gambar pola
0
637
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan