Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Demo Besar Tolak Nyamuk Wolbachia di RI, Ada Apa?



Jakarta, CNBC Indonesia - Sekelompok perwakilan masyarakat menggelar demo di depan kantor Kementerian PPN/Bappenas di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023).

Aksi ini dilakukan oleh Pegiat Kesehatan Kun Wardana dan Siti Fadilah Supari, Presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat, Ketua Presidium Forum Negarawan Sri Eko Galgendu, juga sejumlah masa.

Usai menjalankan aksinya beberapa perwakilan yang akhirnya melakukan dialog Kementerian PPN/Bappenas. Tuntutannya pun sama, mau menghentikan sementara program penyebaran nyamuk yang terpapar bakteri Wolbachia.

"Tolong dihentikan dulu sampai ada kejelasan kalau misalnya ada yang salah kita terima tapi bagaimana kalau kita benar," kata Pegiat Kesehatan Kun Wardana, di Kantor Kementerian PPN/Bappenas.

Baca:
60 Ribu Telur Nyamuk Disebar Buat Tekan DBD, Apa Tak Bahaya?


Menurutnya, sampai saat ini belum ada kajian yang jelas terkait program penyebaran nyamuk ini. Menurut analisanya, hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan.

"Kenapa di Singapura, Srilanka, di Hawaii, Brasil, mereka mengatakan project Wolbachia ini gagal, bahkan menjadi satu outbreak. Ini kan berbahaya," jelasnya

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menetapkan empat wilayah yang masuk ke dalam uji coba penyebaran nyamuk ber-wolbachia. Yakni Kupang Nusa Tenggara Timur, Bontang, Kalimantan Timur, Semarang Jawa Tengah, dan Jakarta Barat.

Baca:
Cerita Bill Gates Rela Bengkak Digigit Nyamuk Wolbachia di RI


Uji coba ini dilakukan usai penelitian yang sejak 2011 di Yogyakarta. Yakni oleh World Mosquito Program (WMP) dan didukung yayasan Tahija. Hasilnya pada tahun 2022 diklaim dapat menekan penyebaran kasus demam berdarah hingga 77% pada wilayah itu.

"Pertanyaannya apakah hal yang tadi penelitian kecil ini dijadikan standar nasional, apakah sudah cukup?," ia bertanya.

sumber
Diubah oleh 4574587568 01-12-2023 04:46
candidat.master
rhakkan73
jiresh
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
6
780
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan