Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Mengintip Indahnya Glow in The Dark dari Tritium Tubes yang Mampu Bertahan 10 Tahun



Reaksi fluorescence dari Hydrogen Peroxide light-stick mungkin sudah menjadi hal yang biasa karena benda tersebut hanya mampu menghasilkan cahaya berpendar dalam durasi yang singkat atau maksimal 1 hari. Oleh karena itulah penggunaan Hydrogen Peroxide light stick tidak pernah ditujukan untuk pembuatan gantungan kunci atau hiasan rumah yang bertahan lama. Lantas adakah senyawa kimia lainnya yang mampu menghasilkan cahaya berpendar dalam durasi lama?

Rupanya di dunia ini terdapat zat kimia tersebut. Meski cahaya yang dihasilkan bukanlah secara langsung melainkan melalui reaksi kimia. Pada contoh kali ini Tritium Tube atau Tabung Hidrogen dengan 3 isotop mampu menjadi benda ornamental yang dapat menghasilkan cahaya selama 10 tahun lamanya. Hal ini jelas membantu mengatasi permasalahan Hydrogen Peroxide glow stick yang hanya mampu bertahan dalam durasi singkat. Penasaran bagaimana keindahan dari Tritium Tubes tersebut, mari kita cermati pada thread kali ini!




Berbeda dengan glow stick yang umum ditemui di pasaran, tritium tubes digunakan untuk kebutuhan ornamental dan bukan digunakan untuk penerangan dalam waktu singkat. Tritium tubes mampu menghasilkan cahaya berpendar selama 10 tahun lamanya sehingga akan sangat tidak efisien untuk digunakan sebagai glow stick. Cahaya 10 tahun yang dihasilkan oleh tritium tubes disebabkan reaksi radioaktif dari tritium dengan cara melepaskan partikel beta ke arah Phosphorus coating sehingga memicu Phosphorus untuk terus menghasilkan cahaya selama 10 tahun.

Tritium sendiri merupakan senyawa radioaktif yang dapat menghasilkan ionizing radiation. Ionizing radiation ini dapat menyebabkan kulit terbakar, inflamasi, komplikasi dan gangguan organ lainnya akibat partikel alpha, beta, atau gamma yang selalu dihempaskan dari zat radioaktif tersebut. Meskipun demikian, tritium hanya mampu menghasilkan partikel beta yang jumlahnya juga sangat sedikit dan tidak mampu menembus permukaan kulit. Jadi zat radioaktif ini relatif aman untuk manusia selama tidak masuk kedalam organ pencernaan dalam jumlah yang sangat besar.



Oleh karena itulah Tritium dipilih sebagai zat kimia untuk menghasilkan cahaya berpendar karena tidak menghasilkan efek berbahaya bagi tubuh. Meskipun demikian, tritium yang digunakan harus berjumlah sedikit atau di bawah ambang batas, sehingga tidak memberikan dampak kesehatan bilamana benda tersebut tak sengaja pecah atau hancur. Hal inilah yang menyebabkan ornamental-ornamental yang dibuat hanya bisa diciptakan seukuran sebesar cincin atau gantungan kunci.

Jadi kita tidak akan menemui tritium tubes dalam ukuran besar di pasaran. Ambil contoh berukuran seperti botol minum karena potensi bahaya yang dapat terjadi. Tritium-tritium tubes ini rupanya sangat indah dalam bentuk kecilnya dan akan selalu memendarkan cahaya bergantung dengan warna phosphorus coating di dalamnya. Jadi kita bisa menghasilkan bermacam-macam warna tritium tubes bergantung dengan warna fluorescence dye yang melapisi zat phosporus. Berikut ini adalah berbagai macam pernak-pernik Glow in the dark indah yang dapat dihasilkan dari penggunaan tritium.








Itu dia Tritium Tubes sebagai salah satu glow stick yang dapat menghasilkan cahaya berpendar selama 10 tahun. Lamanya durasi cahaya yang dapat dihasilkan benda ini diakibatkan karena Tritium merupakan senyawa radioaktif yang efek radiasinya akan terdegradasi selama 10 tahun. Meski cahaya ini berdurasi lama, penggunaannya masih belum dibutuhkan untuk pencahayaan ruangan. Hal ini disebabkan penggunaannya dalam jumlah besar tidak ramah terhadap lingkungan dan berpotensi membahayakan kesehatan. Apakah gansis juga ingin memiliki Tritium tube untuk ornament pada rumah? tuliskan di kolom komentar!


Sumber : Disini
servesiwi
kendek
hamzah.fuad
hamzah.fuad dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.4K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan