Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Berapa Ya Harga Rumah Paling Murah di Jakarta? Ini Jawabannya
Sabtu, 25 Nov 2023 16:42 WIB

Ilustrasi beli rumah Foto: Getty Images/xijian

Almadinah Putri Brilian - detikProperti

Jakarta - Harga rumah di DKI Jakarta terbilang cukup mahal. Rata-rata harga rumah di Jakarta menyentuh angka Rp 1 miliar.

Jika ingin membeli rumah dengan harga Rp 1 miliar, setidaknya harus memiliki gaji Rp 30 juta per bulan. Hal ini diungkapkan oleh Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho.

Meski demikian, menurutnya harga rumah di Jakarta Masih tergantung dari wilayah rumah yang ingin dibeli. Sebab, setiap daerah memiliki harga yang berbeda.

Ia mencontohkan, harga rumah di daerah Jagakarsa dengan harga sekitar Rp 1 miliar membutuhkan cicilan sekitar Rp 10 juta per bulan. Jika cicilannya sekitar Rp 10 juta per bulan, maka konsumen harus menyisihkan maksimal 30% dari pendapatan untuk membayar cicilan tersebut.

"Berarti kalau Rp 10 juta itu adalah 30%-nya maka penghasilannya dia adalah tiga kali lipatnya, sekitar Rp 30-50 juta," katanya kepada detikProperti, ditulis Sabtu (25/11/2023).

Andy juga sempat mengatakan bahwa masih ada harga rumah di bawah Rp 1 miliar yang berada di Jakarta Pusat. Ia bercerita pernah menemukan rumah seharga Rp 300 juta di Jakarta Pusat, namun akses masuk ke rumah tersebut sangat terbatas, hanya bisa masuk sepeda motor saja.

Contohnya, seperti dilihat di situs SiKumbang milik Kementerian PUPR, harga rumah tapak di Arya Green Simatupang, Jakarta Timur dibanderol Rp 1,7 miliar. Rumah tersebut memiliki luas bangunan 94 m2 dan luas lahan 90 m2 dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi.


rumah di Jakarta/via SiKumbangrumah di Jakarta/via SiKumbang Foto: Via SiKumbang

Lalu, di Citra Garden Puri AG-DN, Jakarta Barat harga rumahnya mulai dari Rp 1,3 miliar untuk luas bangunan 53 m2 luas lahan 75 m2. Di dalamnya ada 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi.


rumah di Jakarta/via SiKumbang Foto: Via SiKumbang

Sementara itu, dilihat dari situs Lamudi, memang masih ada harga-harga rumah baru di bawah Rp 1 miliar. Misalnya rumah di Serdang Kemayoran, Jakarta Pusat yang dibanderol Rp 500 jutaan.

Adapun, luas bangunannya 39 m2 dan luas lahan 27 m2. Di dalamnya ada 2 kamar tidur.


Rumah murah di Jakarta/via Lamudi Foto: Via Lamudi

Lalu, rumah di Kemayoran, Jakarta Pusat ini dibanderol Rp 430 juta. Rumah tersebut berada di atas lahan 19 m2 dengan luas bangunan 36 m2. Rumah tersebut terdiri dari 2 lantai dengan 2 kamar mandi dan 2 kamar tidur.


Rumah murah di Jakarta/via LamudiRumah murah di Jakarta/via Lamudi Foto: Via Lamudi

Lalu, ada pula rumah seharga Rp 175 juta di Kansa Residence, Condet Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur. Rumah tersebut berukuran 3x5 meter dibangun 2 lantai. Di dalamnya ada area dapur, kamar mandi, dan ruang tamu, sementara lantai atasnya ada kamar tidur.

Untuk mencapai tempat tersebut, jalannya cukup jauh dari jalan besar. Namun, di dekatnya terdapat sekolah dan layanan kesehatan. Di sisi lain, jalan menuju ke sana cukup terbatas hanya cukup untuk mobil 1 dan motor 1.

Pengembang Kansa Residence, Zaenal Abidin mengatakan, rumah di cluster ini banyak yang diburu warga. Di Kansa Residence, ada 81 unit rumah. Unit-unit tersebut habis terjual dalam waktu 4 bulan.

"Penjualan kami rumah unit ini sekitar 81 unit, kurang lebih 4 bulan habis dengan harga Rp 175 juta," katanya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Ia mengaku, memilih untuk membangun di kawasan ini karena harga tanah yang masih relatif murah dibandingkan kawasan Jakarta lainnya. Hal inilah yang bisa membuat pihaknya menjual rumah dengan harga terjangkau ke konsumen.

(abr/zlf)

Sumber


Quote:


Ah, buat apa beli rumah kalo bisa nginap di rumah orang ? emoticon-Ngakak (S)

- Ganjar Mahfud -

Diubah oleh yellowmarker 25-11-2023 13:24
0
388
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan