iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inovasi Teknologi Laser untuk Cetak Sablon Konvensional, Hasilnya Wow, Gan!


Tidak lama lagi negara ini menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) sebagai salahsatu wujud demokrasi ajang pemilihan presiden baru. Momen seperti ini biasanya menjadi masa panen pengusaha percetakan sablon kaos, bendera, spanduk, umbul-umbul, pakaian dan berbagai barang promosi bertemakan partai tertentu.

Tantangan yang kerap ditemui pengusaha sablon adalah masalah kualitas dan ketepatan waktu yang cukup singkat akibatnya kualitasnya bisa saja menurun karena masih dikerjakan secara konvensional (manual) ditambah desain gambar klien yang cukup rumit seperti misalnya gambar terlalu detail, gradasi terlalu halus, banyak kombinasi warna, permintaan warna khusus dan lain sebagainya.

Sepengetahuan saya, proses cetak sablon konvensional masih menggunakan screen dan rakel. Dimana screen ini masih memakai emulsi film (emulsi fotosensitif) yang kadang bagian detail, bagian sudut, bagian lengkungan dan kompleks tidak bisa di wujudkan sehingga hasil cetak sablonnya kurang memuaskan, detailnya kurang rapih sampai warna tidak sesuai.

Bukan itu saja sebelum emulsi film itu terbentuk pada screen biasanya memerlukan beberapa tahapan yang merepotkan seperti pemindaian desain klien ke lembar film, pemindaian lembar film ke emusi film pada screen (dengan pencahayaan yang harus tepat) kemudian proses penyemprotan dimana bagian screen yang 'bolong' setelah disemprot air tadi menjadi beberapa step pekerjaan yang tidak praktis, ini tentu beresiko menurunnya kualitas desain dari segi perolehan detailnya dan pengerjaan yang memakan waktu lebih lama.

Nah, ini ada kabar bagus buat para pengusaha cetak sablon konvensional (manual) karena sudah hadir alat sablon berteknologi laser sehingga bisa memangkas dan mempersingkat proses pembuatan master cetakan sablon di screen jadi lebih cepat, tentu saja ini menguntungkan secara waktu dan proses produksinya.



Dari apa yang saya amati, cara kerja alat ini adalah setelah emulsi film mengering di master cetakan sablon (screen dibuat dari bahan serat baja, bukan nylon lagi) laser akan bekerja 'membolongi' screen membentuk pola sesuai desain yang diinginkan. Sinar laser akan bekerja secara presisi sampai dibagian desain yang sulit dilakukan seperti bagian sudut sempit, gradasi yang halus, gap antara elemen gambar yang presisi dan lain sebagainya dengan kata lain hasil kerja laser pada screen akan serupa dengan desain aslinya.

xTool Screen Printer ini kalau kita lihat cara kerjanya mungkin mirip dengan laser cutting sticker yaitu membentuk pola desain berfasarkan file yang terbaca di komputer maka dari itu hasilnya tentu akan presisi.



Kita tidak perlu khawatir, xTool Screen Printer tetap mendukung semua jenis cat atau tinta dari bahan dasar air, bahan dasar minyak, UV, termasuk perubahan suhu dengan syarat kualitas cat itu harus terjamin tingkat kehalusannya agar proses cetak berhasil sempurna, setidaknya itu kata produsen xTool Screen Printer ini.

Ok, jadi setelah laser menyelesaikan tugasnya 'membolongi' screen baja tadi maka selanjutnya kamu tinggal menuangkan tinta dan menarik rakel diatas media yang sudah kamu siapkan. Proyek kenceng.. nih, boss?






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Ref | img : kickstarter 


Diubah oleh iskrim 08-12-2023 22:52
garmentgtj
thamrin905339
rotten7070
rotten7070 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
731
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan