harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Swalayan Ini Larang Pembeli Beli Produk Pro Israel, Tapi Kok Masih Dipajang?

Sumber Gambar

Gerakan pemboikotan produk Israel semakin mendapat perhatian di masyarakat. Banyak yang berpendapat bahwa dengan tidak menjual produk-produk dari Israel, kita dapat mendukung Palestina dan memberikan tekanan pada pemerintah Israel atas tindakannya di Tepi Barat.

Sejumlah swalayan di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengikuti fatwa haram yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait penjualan produk Israel maupun yang pro-Israel. Salah satu swalayan yang melakukan pemboikotan adalah swalayan Al Baik di Batu 8.

Pemilik swalayan Al Baik, Zul Kamirulah, menyatakan bahwa pemboikotan produk-produk pro-Israel ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari fatwa MUI. "Selama tidak ada fatwa, kalau ada fatwa, kita ikuti fatwa itu," ujar Zul. Beberapa produk pro-Israel sudah diboikot dan tidak lagi dipajang di rak-rak penjualan swalayan tersebut.


Sumber Gambar

Pemboikotan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina yang sedang menghadapi agresi Israel. MUI merekomendasikan untuk menghindari produk-produk pro-Israel, termasuk tempat penyedia makanan cepat saji serta produk lainnya.

Pada rak-rak penjualan swalayan Al Baik, terlihat kertas-kertas dengan tulisan bahwa sejumlah produk sudah tidak dijual lagi karena mengikuti fatwa MUI. Menurut Zul, hal ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait produk-produk yang sudah tidak boleh lagi dibeli. Jika semua produk tersebut ditarik, maka orang tidak akan mengetahui mana produk yang tidak diperbolehkan dan dibolehkan untuk dibeli.

Salah seorang petugas swalayan Al Baik, Sofyan Wardana, menjelaskan bahwa sebagian produk yang dinilai pro-Israel sudah diturunkan dari rak penjualan dan disimpan di dalam gudang. Namun, ada juga produk yang masih dipajang dengan label keterangan bahwa produk tersebut sudah tidak dijual lagi sesuai dengan fatwa MUI.


Sumber Gambar

Beberapa produk yang termasuk dalam daftar pemboikotan MUI antara lain Milo, Oreo, Fanta, dan beberapa produk lainnya. Keputusan ini diambil swalayan Al Baik sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina dan untuk menghormati fatwa yang dikeluarkan oleh MUI.


Meskipun demikian, TS masih melihat produk yang katanya pro Israel di berbagai minimarket, meskipun sudah ada fatwa haram dari MUI. Beberapa merek dan produk yang berafiliasi dengan Israel, seperti Unilever, Coca Cola Company, dan Nestle, masih terdapat di pasar, minimarket, toserba, dan supermarket di daerah TS.

Dalam menghadapi dilema ini, masing-masing individu dan bisnis memiliki kebebasan untuk memilih apakah akan menjual atau tidak menjual produk-produk Israel. Sebagai konsumen, kita dapat mengikuti keyakinan dan prinsip yang kita anut. Sebagai pelaku bisnis, kita perlu mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dan melakukan analisis dampak secara matang sebelum membuat keputusan.


Sumber Gambar

Beberapa pihak berpendapat bahwa pemboikotan produk Israel adalah salah satu cara untuk memberikan tekanan kepada pemerintah Israel. Mereka beranggapan bahwa dengan tidak membeli produk Israel, kita dapat mengurangi pendapatan negara tersebut dan memperlihatkan solidaritas terhadap Palestina. Banyak yang percaya bahwa pemboikotan ini merupakan bentuk dukungan tanpa harus terlibat dalam konflik bersenjata.

Menurut TS apabila masih ada stoknya, maka keputusan untuk tidak menjual produk-produk yang katanya pro Israel adalah keputusan yang perlu dipertimbangkan kembali. Karena bisa berdampak berupa kerugian apabila tetap tidak menjualnya. Tapi semua tergantung keputusan dan pandangan setiap individu, jika memang rela berkorban maka tidak ada masalah.

Pemboikotan produk-produk pro-Israel ini adalah langkah nyata dari swalayan di Tanjungpinang dalam menghadapi konflik yang sedang berlangsung di Timur Tengah. Diharapkan langkah ini dapat memberikan efek positif bagi masyarakat dalam menghormati dan mendukung perjuangan Palestina.


emoticon-2 Jempol

Menurut kalian apakah keputusan ini sudah benar? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Sumber Gambar

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
simonida
dori4d
thebavarian.90
thebavarian.90 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.5K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan