Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Bukannya Belajar, Peserta Tes CPNS Malah Bawa JIMAT dan Kembang Kantil! Buat Apa?

Sumber Gambar

Tes CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil adalah salah satu cara untuk menjadi bagian dari aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan. Tes ini dilakukan secara nasional dan terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi syarat.

Dalam tes CPNS, peserta akan mengikuti beberapa subtes, seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap subtes memiliki nilai ambang yang harus dicapai oleh peserta agar lolos ke tahap berikutnya.


Ada yang unik pada tes CPNS beberapa waktu lalu. Peserta tes CPNS di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Jawa Timur kembali menjadi sorotan karena membawa jimat dan bunga kantil. Hal ini terjadi dalam Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tahun 2023 yang digelar di Politeknik Pelayaran Surabaya.


Sumber Gambar

Dalam penggeledahan yang dilakukan oleh panitia sebelum peserta memasuki ruang ujian CAT, ditemukan berbagai jenis jimat. Ada yang berupa gulungan kertas yang ditulis dengan huruf Arab dan ada juga yang berbentuk rajah. Fenomena ini juga tidak hanya terjadi dalam satu hari, tetapi telah terjadi selama tiga hari berturut-turut.

Kadiv Administrasi Saefur Rochim, yang juga Ketua Panitia Daerah Jatim Seleksi CPNS Kemenkumham 2033, mengungkapkan bahwa pihak panitia masih menemukan beragam jimat saat melakukan penggeledahan peserta. Meski banyak peserta yang mengaku membawa jimat ini sebagai usaha untuk dimudahkan dalam ujian, Rochim tetap mengingatkan peserta untuk patuh pada aturan yang membatasi barang bawaan.

Rochim juga memberikan imbauan kepada peserta untuk mempercayai diri sendiri dan memperkuat dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini menunjukkan pentingnya mempersiapkan diri dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup, serta berfokus pada kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.


Sumber Gambar

Fenomena membawa jimat ini seharusnya tidak menjadi fokus utama dalam menghadapi tes CPNS. Yang lebih penting adalah kemampuan dan pengetahuan peserta dalam menjawab soal-soal ujian. Ujian CPNS adalah kesempatan bagi peserta untuk menunjukkan kompetensi mereka dan bersaing secara fair dan objektif.

Sebagai peserta tes CPNS, sebaiknya kita menghindari segala bentuk kepercayaan pada hal-hal klenik seperti membawa jimat. Lebih baik fokus pada persiapan yang matang, menguasai materi yang diujikan, dan berusaha secara maksimal. Kesuksesan dalam tes CPNS lebih ditentukan oleh kemampuan dan kerja keras kita sebagai individu, bukan oleh jimat atau barang bawaan lainnya.

Kepada para peserta tes CPNS di Jawa Timur maupun di seluruh Indonesia, mari kita hadapi ujian ini dengan sungguh-sungguh dan tanpa menggunakan jimat atau hal-hal klenik lainnya. Percayalah pada kemampuan diri sendiri, berdoalah dengan tulus, dan berusahalah sebaik mungkin. Dengan cara tersebut, kita memiliki peluang yang lebih besar untuk meraih kesuksesan dalam tes CPNS.



Sumber Gambar

Kepercayaan akan jimat merupakan salah satu bentuk praktik dinamisme yang masih terdapat di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Jimat adalah sebuah benda yang dipercaya memiliki kekuatan gaib dan dapat memberikan manfaat kepada pemiliknya. Meskipun mayoritas masyarakat Indonesia saat ini sudah beragama, praktik ini masih tetap ada dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Jimat sendiri dapat berbentuk berbagai macam, mulai dari batu cincin, gelang, kalung, hingga patung kecil. Setiap jimat diyakini memiliki kekuatan yang berbeda-beda, seperti memberikan perlindungan, keberuntungan, kesehatan, atau pun kekuatan lainnya. Masyarakat percaya bahwa dengan memakai jimat tersebut, mereka dapat mendapatkan manfaat yang dijanjikan.

emoticon-2 Jempol

Jadi menurut kalian, apakah jimat ini bisa membantu untuk lolos CPNS?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
samnkuku419
edilokonga503
edilokonga503 dan samnkuku419 memberi reputasi
2
837
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan