jpnn.comAvatar border
TS
jpnn.com
Anies Yakin Bisa Bantu Rakyat Indonesia

Bacapres Anies Baswedan memaparkan rencananya memfasilitasi setiap keluarga punya saat menjadi narasumber talkshow Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI). di Jakarta, Jumat (10/11/2023). Foto: dok pribadi for JPNN jpnn.com

JAKARTA - Capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan mendorong pengembangan koperasi perumahan di Indonesia untuk mengakselerasi pengadaan dan pembiayaan hunian bagi masyarakat.

Anies menuturkan koperasi perumahan sebagai alternatif bagi masyarakat untuk memiliki tempat tinggal, khususnya bagi mereka yang memiliki kendala akses terhadap Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Baca Juga:
Oknum Polisi Diduga Kerap Meminta Sesuatu kepada Orang Tua Korban Penganiayaan

Dia menuturkan koperasi perumahan sudah terbukti berhasil di berbagai negara, seperti di Amerika Serikat dan Jerman.

“Di Jerman koperasi perumahan disebut Wohnungsgenossenschaften. Koperasi di Jerman hadir untuk memberikan penyediaan hunian bagi anggotanya,” kata Anies dalam Talkshow bersama Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) di Jakarta, Jumat (10/11).

Adapun di Indonesia, lanjut Anies, praktik koperasi yang memiliki unit usaha perumahan sebetulnya sudah umum sejak era Orde Baru, meski perlu didorong lagi pengembangannya.

Baca Juga:
Omesh Lelang Motor Kesayangan Demi Bantu Palestina, Laku Rp 300 Juta

Angga Putra Fidrian, juru bicara Anies Baswedan, mengatakan koperasi perumahan telah terbukti berhasil diimplementasikan di berbagai negara termasuk negara-negara maju.

“Koperasi perumahan sukses diterapkan di berbagai negara dan dapat kita lihat sebagai salah satu best practice global yang bisa dilakukan di Indonesia. Pak Anies memiliki berbagai referensi global untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan salah satunya adalah koperasi perumahan,” ujar Angga, Minggu (12/11).

Baca Juga:
Memaknai Pidato Bu Mega, Eks Gubernur Lemhanas Singgung Nepotisme Brutal

Dia menuturkan Indonesia bisa mendorong pertumbuhan koperasi perumahan untuk mengatasi backlog tempat tinggal.

“Pak Anies memandang berbagai upaya yang sangat mungkin dilakukan seperti misalnya koperasi perumahan harus coba kita terapkan di Indonesia demi memberikan masyarakat tempat tinggal. Negara harus memiliki berbagai alternatif dalam memastikan ketersediaan rumah bagi masyarakat,” jelas Angga. (dil/jpnn)


Sumber:
Koperasi Perumahan Sukses di Banyak Negara, Anies Yakin Bisa Bantu Rakyat Indonesia
Diubah oleh jpnn.com 13-11-2023 03:52
xneakerz
simsol...
tritomchan
tritomchan dan 5 lainnya memberi reputasi
6
490
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan