dashmadAvatar border
TS
dashmad
Kelakar Menkominfo Soal 5G: Nonton YouTube Ngapain Kenceng-kenceng
Kelakar Menkominfo Soal 5G: Nonton YouTube Ngapain Kenceng-kenceng
Damar Iradat | CNN Indonesia
Jumat, 10 Nov 2023 07:47 WIB
Bagikan:



Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menyampaikan paparan pada Digital Creative Leadership Forum di Jakarta, Kamis, 9 November 2023. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi berkelakar soal jaringan 5G tidak diperlukan jika masyarakat hanya menggunakannya untuk menonton video di aplikasi YouTube.
Budi mengatakan lompatan peningkatan jaringan telekomunikasi di Indonesia memang dibutuhkan. Namun, hal itu juga harus diiringi dengan peningkatan keperluan atas jaringan internet yang cepat.

"4G ke 5G kan lompatannya peningkatan kecepatan, tadinya 50-100 Mbps langsung lompat ke 1 giga ke atas. Cuma harus dibarengi dengan peningkatan keperluan," kata Budi di sela-sela acara Digital Creative Leadership Forum yang diselenggarakan oleh CNN Indonesia pada Kamis (9/11), di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat.


"Kamu cuma YouTube sama sosmed 4-8 mega, nonton Netflix juga paling cuma 8 mega. Kalau kalian perlu kecepatan sampe 500 Mbps kan berarti ada keperluan lain, IoT. Kalau cuma nonton YouTube ngapain kenceng-kenceng," tuturnya menambahkan.

Pilihan Redaksi
Menkominfo Bongkar Tantangan Terbesar Indonesia Jadi Negara Digital
Dirut BAKTI Kominfo Cerita Soal Keputusan Bangun Menara BTS 4G
Menkominfo Tegaskan Jaringan Internet di IKN Harus 5G
Menurut Budi peningkatan kecepatan koneksi internet dari 4G ke 5G harus untuk semua sektor, mulai dari kesehatan hingga industri.

"Artinya kan semua, artinya kecepatan yang 5G ini memerlukan dukungan dari berbagai sektor lain. Khususnya industri, tapi yang pasti kesehatan perlu, iya kan. Kesehatan kan perlu operasional bisa jarak jauh loh, kalau internet cepat misal 500-1 giga kan dokter cukup di Jakarta, periksa," ujar dia.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) kini tengah memperjuangkan internet agar tak hanya dipakai untuk hiburan terutama di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Direktur Utama BAKTI Kominfo Fadhilah Mathar pun berharap bisa menggandeng berbagai pihak di luar pemerintah untuk mewujudkan penggunaan internet untuk hal-hal yang lebih produktif.

"Karena bapak bayangkan ketika ada internet kemudian mereka adalah pengguna pertama, mereka tidak tahu kegunaannya seperti apa, mayoritas akan menggunakan itu hanya untuk hiburan, bukan untuk hal-hal produktif," kata Fadhilah.

Menurut dia, pembangunan transformasi digital "tidak bisa tidak melibatkan seluruh masyarakat Indonesia."

Kata dia, saat ini sudah ada 9.000 desa yang tercakup internet, dengan 7.000 desa yang akan on air.

"Tersisa hampir 2.500 desa yang betul-betul tidak ada teknologi seluler. Ini yang akan dibangun BAKTI," katanya.


INFOGRAFIS: Wilayah Perdana 5G di RI
BAKTI akan terus mengupayakan untuk mengkoneksikan seluruh lokasi layanan publik agar mereka terkoneksi dengan internet.

"Begitu ada sekolah, Puskesmas, rumah ibadah yang belum terkoneksi dengan internet itu akan kita distribusikan dengan segera."

Dia juga menjabarkan salah satu hasil survei pada 2022, ada tiga persoalan terkait penetrasi digital Indonesia, termasuk pemerataan internet dan literasi digital.

(tim/dmi)


Saksikan Video di Bawah Ini:
VIDEO: Budi Arie Sebut Partai Demokrat Berpeluang Masuk Kabinet Jokowi



Baca artikel CNN Indonesia "Kelakar Menkominfo Soal 5G: Nonton YouTube Ngapain Kenceng-kenceng" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20231110070616-213-1022306/kelakar-menkominfo-soal-5g-nonton-youtube-ngapain-kenceng-kenceng?utm_campaign=cnnsocmed&utm_medium=oa&utm_source=twitter.

Bekatul 4.0 emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
spoyspoyz
aldonistic
jiresh
jiresh dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.2K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan