indodaxroomAvatar border
TS
indodaxroom
Apa Itu Bullish dan Bearish Divergence Dalam Trading kripto? Cek Disini Gan Sist

Selamat siang Menjelang sore Gansist, gimana kabarnya? Semoga saja baik-baik saja ya. Dan kali ini Ane bakalan membahas mengenai bullish dan bearish divergence. 
Perlu Gansist ketahui bahwa dalam investasi saham,  Gansist tidak bisa hanya fokus terhadap cara, risiko dan keuntungannya saja. 

Berbagai istilah dalam saham dan momen-momen ketika berinvestasi perlu Gansist pahami juga karena hal tersebut bisa mempengaruhi tinggi dan rendahnya harga sebuah saham. 

Dalam investasi terdapat istilah serta arah trend yang perlu Gansist pahami agar dapat membaca peluang dan potensi profit suatu emiten.  

Dua momen dan istilah saham yang harus diketahui oleh para pemain saham adalah bearish dan bullishdivergence

Apa itu Divergence ya GanSist


Secara harfiahDivergence berarti penyimpangan atau sesuatu yang menyimpang, dalam dunia trading penyimpangan sering terjadi karena harga suatu aset bergerak ke arah yang berlawanan dengan indikator teknis pada sebuah market trading. 


Divergenceadalah sinyal pada analisis technical yang bisa dipakai untuk menentukan kapan harus membeli dan menjual saham. 


Divergence dianggap sebagai warningbahwa harga yang ada saat ini mungkin melemah, dan berpotensi menyebabkan perubahan arah harga.


Ada dua jenis yaitu Divergence yaitu,  bullish (positive divergence) dan bearish (negative divergence). Bullish dan Bearish adalah pola yang bisa menentukan harga di masa mendatang. 

Apa itu Bullish dan Bearishdivergence dalam kripto Ya Gan Sist?


Bullish adalah kondisi pasar saham yang mengalami kenaikan harga atau biasa disebut dengan uptrend. Seperti seekor banteng yang menyerang dengan cara menyerbu cepat dan mengangkat tanduk di kepalanya keatas untuk menusuk targetnya 


Bullishsering diartikan sebagai uptrend swing high karena membentuk chart trend yaitu Higher High (HH) dan Higher Low (HL). 



Higher high(HH) merupakan posisi harga tinggi yang lebih tinggi dari harga sebelumnya. 

Sedangkan, higher low (HL) merupakan posisi harga rendah yang lebih tinggi dari harga rendah sebelumnya. 


Bullish divergence merupakan sinyal bahwa bearish  sedang melemah. Hal ini merupakan peringatan bahwa tingkat trendakan naik atau menjadi lebih positif.

Apakah benar Bearishmerupakan pembalikan trend dari Bullish?



Benar adanya, Bearish merupakan pembalikan trend daribullish dimana kondisi pasar saham yang sedang mengalami downtrend atau penurunan harga. 


Bearishdiambil dari kata Bear yang berarti beruang. Penurunan pasar saham diibaratkan seperti seekor beruang yang sedang menyerang musuhnya dengan menggarukkan cakar ke bawah.


Bearish atau downtrend swing highmembentuk chart trend yang disebut lower high (LH) dan swing low yang terbentuk disebut lower low (LL).


Lower high (LH) artinya posisi harga tinggi yang lebih rendah dari harga tinggi sebelumnya. 

Sedangkan,lower low (LL) artinya posisi harga rendah yang lebih rendah dari harga rendah sebelumnya.


Sementara itu,
bearish divergence adalah kondisi ketika grafik harga berada di posisi higher high (HH) sementara posisi indikator berada di lower high (LH). Grafik ini biasanya menjadi tanda atau indikasi tren yang akan berbalik, dari naik menjadi turun.



Apa itu Hidden Bearish Divergence?


Hidden Bearish Divergence adalah kondisi ketika grafik harga berada dalam posisi lower high (LH), sementara indikator berada pada posisi higher high (HH). Ketika membaca pola ini, trader biasanya akan menjual asetnya saat terjadi retracement harga untuk menekan kerugian.


Bagaimana solusi untuk menghindari bearish divergence? 


Jika Gansist ragu kapan waktu untuk menjual atau membeli saham gunakan indikator Relative Strength Index (RSI). 


Relative Strength Index (RSI)  merupakan salah satu indikator analisis teknikal yang biasanya digunakan trader dalam mengukur besarnya volatilitas harga sebuah aset. 


Indikator tersebut dilakukan untuk mengevaluasi apakah aset tersebut ada dalam posisi jenuh beli (overbought) atau jenuh jual (oversold). 


Nah, jadi semakin tau kan setelah membaca artikel diatas? Itu tadi pengertian, bagaimana cara menentukan hingga langkah apa yang harus Gansistambil ketika kedua kondisi tersebut terjadi.


Sekarang tinggal Gansistyang nentuin deh kapan mau mulai investasi kripto. Dan ada baiknya sebelum memulai investasi Gansist mengecek harga crypto terlebih dahulu di sini.


Selain itu baca juga artikel menarik lainnya mengenai arti spread dalam trading di sini & semoga saja artikel ini dapat bermanfaat.

0
657
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan