Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bungatiarafu472Avatar border
TS
bungatiarafu472
Opini: Upaya Menjadi Guru Profesional

Penulis: Bunga Tiara Futri
Dosen Praktisi: Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum
Email : bungatf001@gmail.com
Mahasiswa Fkip Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Dapat dilihat pengertian-pengertian mengenai guru dan profesional, adapun upaya-upaya seorang guru itu menjadi guru yang professional. Jika seorang Guru memiliki tekat yang kuat  maka tugas-tugas yang akan mereka lakukan itu terasa lebih ringan dilaksanakn sebagai tenaga professional, namun sebaliknya jika seorang Guru tanpa adanya tekad maka tugas-tugas yang diberikan akan terasa lebih berat untuk dilaksanakan.

Dalam era globalisasi ini, seorang Guru mempunyai banyak tantangan. Karna jika teknologi makin maju maka upaya seorang guru untuk menjadi tenaga kerja yang professional pun harus lebih berusaha dari pada sebelumnya, seorang guru harus berusaha untuk beradaptasi dalam kondisi dan situasi apapun yang dia hadapu karna itu adalah salah satu upaya uuntuk menjadi seorang Guru yang professional secara bagaimana sikap dia dalam menghadapi suatu tugas yang dia emban.

Terdapat 4 Upaya menjadi seorang guru yang professional yaitu: 1) Perbaikan system pendidikan dan pembinaan guru, 2) perbaikan kesejahteraan guru, 3) peningkatan peran organisasi profesi, 4) melaksanakan Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi (PGBK). Dapat dilihat dari keempat Upaya tersebut menurut saya uang paling penting bagaimana seorang guru itu harus memiliki kualifikasi seorang guru yang sudah ditetapkan, yaitu salah satunya yang paling penting kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki seorang guru.

Ada 4 kompetensi guru dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8, kompetensi guru meliputi : 1. Kompetensi kepribadian, 2. Kompetensi Pedagogik, 3. Kompetensi Sosial, 4. Kompetensi Profesional. Dapat dilihat dari 4 kompetensi yang sudah lama dirumuskan tersebut bahwa memang seorang guru itu haru memiliki kompetensi professional maka dari itulah mengapa seorang guru harus memiliki upaya untuk menjadi guru professional karna, memang seorang guru itu dituntut memiliki salah satu 4 kompetensi yang sudah dirumuskan oleh Undang-undang tersebut salah satunya kompetensi Profesional.

Sudah banyak upaya-upaya yang sudah dijelaskan dari berbagai sumber untuk menjadi seorang guru yang profesional. Jadi untuk guru pun juga ada upaya untuk mencari belajar bagaimana agar dapat menjadi guru yang professional, sudah banyak sumber yang memebrikan tutorial cara bagaimana upaya menjadi guru yang professional namun jika memang guru itu sendiri yang malas dan tidak mau peduli maka dia akan tetap dengan bagaimana cara dia mengajar tanpa berupaya lebih baik lagi, sebaliknya jika guru itu peduli maka akan ada usaha dirinya untuk meningkatkan kualitas pekerjaannya sebagai guru. Jadii perubahan itu dari diri sendiri itu penting dan ditambah adanya dorongan maupun dukungan lingkungan sekitar agar ada upaya guru menjadi professional.

 


0
14
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan