chaisaja2007Avatar border
TS
chaisaja2007
Hati-Hati Ketipu! Banyak Penipu Buat Website Palsu yang Mirip Banget sama Web Asli
Banyak jalan menuju Roma, begitu pula yang dilakukan para penipu yang mencoba segala cara untuk mendapatkan mangsa!



Jika penipuan “tolong kirim mama pulsa” sudah terlalu kuno dan tidak mempan, maka para penipu juga nggak kehilangan akal agar calon korbannya masuk ke dalam jebakan. Contohnya, dengan membuat website palsu yang super mirip dengan web aslinya. Ada beberapa contoh yang sebenernya ane temukan, jadi yuk mari kita bahas satu-persatu.

1. Website palsu mengatasnamakan BCA



Bentuk website palsu yang pertama ini, memanfaatkan ketidaktahuan pengguna nama website resmi BCA.

Seringkali jika mencari informasi, kita cenderung memilih halaman website teratas sebagai informasi yang dirasa paling valid. Begitu juga saat mencari web yang kita tidak hafal domainnya.

Bermodalkan keyword pencarian, penipu meniru tulisan yang tertera pada website asli untuk menjebak korbannya masuk ke website palsu yang mereka buat. Bahkan penipu tidak segan-segan memasang iklan untuk menjebak mangsanya, terlihat dari adanya tulisan “ads” yang muncul di samping tulisan domainnya. Padahal, jika diteliti lagi, domain website palsu ini bahkan tidak sesuai dengan website resmi.

2. Website palsu yang betul-betul mirip website resmi BCA



Beda lagi dengan website palsu satu ini. Bentuk penipuan ini betul-betul mirip. Bahkan, kalau URL-nya tidak disejajarkan seperti foto di atas, GanSis tidak akan langsung tau perbedaannya.

Mulai dari abjad, hingga karakternya benar-benar diduplikat, agar korban tidak sadar kalau web yang dimasuki bukan web resminya.

Nah, kalo istilah IT-nya punycode, GanSis. Punnycode adalah dimana huruf/karakter dalam alamat website resmi diganti dengan jenis huruf/karakter unicode lain yang mirip.

Bahaya jika kita tidak teliti dan terjebak masuk ke dalam website-website palsu ini. Sebab, saat kita masuk ke web tersebut, device milik kita bisa terinfeksi oleh malware yang dapat mengirimkan data-data pribadi korban ke para hacker.

Hacker akan mencuri data pribadi korban, pelaku kejahatan/hacker dapat menguras seluruh uangnya. Karena itu, kamu wajib cari tahu modus kejahatan ini untuk meminimalkan risiko menjadi korbannya.

Lalu, bagaimana cara menghindari penipuan bermodus website palsu ?
1. Tidak klik link mencurigakan
Sebaiknya kamu tidak sembarangan klik atau mengakses link atau tautan yang diberikan oleh sumber yang tidak dikenal.

2. Kenali situs resmi bank BCA
Supaya terhindar dari penipuan, kamu perlu mengenali beberapa website resmi BCA:
https://www.bca.co.id: website resmi bank BCA
https://prioritas.bca.co.id : website resmi khusus nasabah Prioritas BCA
https://www.klikbca.com : website resmi Klik BCA

3. Cek kembali link apakah mengandung punycode
Untuk menguji apakah web tsb mengandung punycode, copy paste URL-nya di browser terpercaya. Website yang menggunakan punycode (misalnya Cyrillic) akan muncul URL asli yang tidak beraturan formatnya berubah dari yang semula mirip URL website resmi.

4. Ketik sendiri alamat website pada browser
Alih-alih menyalin atau mengakses secara langsung dari link orang lain, ada baiknya kamu mengetik sendiri alamat website secara langsung pada browser atau gunakan bookmark terpercaya untuk mengakses situs tersebut. Langkah ini lebih baik daripada klik langsung dari link yang diberikan.

5. Gunakan browser terpercaya, update secara rutin
Selalu gunakan browser terpercaya keamanan kamu. Selalu update versi browser mu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan akses website di internet. Langkah ini bisa meminimalkan kamu mengunjungi website palsu

6. Segera lapor modus penipuan ke BCA
Kamu juga bisa berperan aktif dalam mencegah munculnya korban yang lebih banyak dengan melaporkan kasus ini ke Halo BCA di 1500888

Para penipu sudah semakin pintar untuk mengelabui korbannya. Oleh karena itu, Gansis juga harus selalu update mengenai modus penipuan yang selalu berubah-berubah. #AwasModus.
primawidhie
pein666
zharki
zharki dan 13 lainnya memberi reputasi
12
2K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan