cino.Avatar border
TS
cino.
Pengamat: Dibanding Lainnya, Ganjar Paling Getol Dukung Kemerdekaan Palestina


AKURAT JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menilai Calon Presiden Ganjar Pranowo paling getol memberikan dukungan kemerdekaan Palestina dibandingkan Capres lainnya.

Emrus menegaskan, sikap tegas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Ganjar Pranowo sebagai pengurus partai dan calon presiden memberikan pesan dukungan yang sangat jelas terhadap kemerdekaan Palestina.

Menurutnya, sikap Ganjar ini yang membedakannya dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

“Ketegasan PDIP dan Calon Presiden Ganjar Pranowo sebagai kader serta calon presiden lebih tegas memberikan suatu pesan keberpihakan kepada Palestina dan mendukung kemerdekaan Palestina,” kata Emrus.

Pakar komunikasi politik UPH itu juga mencontohkan ketika Calon Presiden Ganjar Pranowo menolak kehadirasi tim Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Ia menilai penolakan Ganjar Pranowo tersebut secara tidak langsung menunjukan dirinya pro terhadap kemerdekaan Palestina.

Mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode itu juga dianggap sebagai sosok negarawan yang bijak dan tidak mempertimbangkan soal elektoral.

Padahal kalau Ganjar mau diam maka elektoralnya bisa mengalami peningkatan. Namun tidak dengan Calon Presiden yang diusung oleh Partai Perindo ini. Ia tegas mengikuti konstitusi UUD 1945 yang menolak segala bentuk penjajahan.

“Ganjar pada saat menolak Israel pada kegiatan perhelatan Piala Dunia U-20 itulah Ganjar sebagai seorang negarawan. Kalau dia berpikir soal elektoral, lebih baik dia diam. Tetapi, dia tegas mengatakan bagi dia sebagai negarawan bukan soal elektoral, tapi soal sikap. Saya kira itu sebagai bentuk dari ketegasan dia dari garis daripada konstitusi kita, UUD 1945,” sambungnya.

Emrus juga menambahkan bahwa Calon Presiden Ganjar Pranowo bisa dikatakan jauh lebih berani ketika bicara isu kemerdekaan Palestina dibandingkan 2 kandidat Calon Presiden lainnya.
Ia menilai seharusnya kedua calon lainnya bisa lebih membela isu Palestina terutama soal kemerdekaan Palestina.

Hal itulah yang menjadi nilai tambah tersendiri bagi Ganjar Pranowo dibandingkan dua kandidat lainnya.
“Dua calon lain tadi, secara partai, belum kelihatan. Secara individu, juga belum kelihatan. Semisal Anies, dan partai pengusungnya, saya belum melihat pernyataan itu. Karena itu saya pikir tiga kandidat ini harus menyatakan pandangan mereka secara eksplisit,” tambahnya.

Akurat

Eksplisit emoticon-Marah
bukan.bomat
novembermann
ayosholat
ayosholat dan 3 lainnya memberi reputasi
4
628
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan