ahlimiliterahliAvatar border
TS
ahlimiliterahli
The Merkava, Tank Termahal Israel Seharga Rp158 Miliar yang Berhasil Diakali Hamas


The Merkava, Tank Termahal Israel Seharga Rp158 Miliar yang Berhasil Diakali Hamas

News

|

Kurnia Nadya

02/11/2023 15:57 WIB





The Merkava adalah model tank utama yang digunakan Israel Defence Force dalam peperangan darat, versi terbarunya dijual seharga USD10 juta untuk pasar ekspor.






IDXChannel—Tank termahal Israel saat ini adalah The Merkava Mark IV, yang satu unitnya dibanderol seharga USD3,5 juta khusus untuk pembelian Israel Defense Force, dan dijual USD10 juta untuk negara-negara lain. 

Nilai itu setara dengan Rp55,51 miliar dan Rp158,62 miliar. Harga jual Merkava di pasar domestik Israel lebih murah, sebab ditujukan untuk kebutuhan IDF, selain itu pengembangan dan konstruksinya pun dilakukan di Israel. 

Sebanyak 90% komponen yang digunakan untuk membangun tank Merkava juga diproduksi di Israel dan disuplai oleh industri militer domestik. Setidaknya ada 16 perusahaan yang berkontribusi dalam pembuatan tank beserta fitur-fiturnya. 

Dalam peperangan Israel dan Hamas yang belakangan memanas, IDF menurunkan Merkava MK.3s dan MK.4s untuk melakukan serangan darat di jalur Gaza. Namun 15 unit tank dikuasai Hamas di hari pertama. Dengan rincian empat unit hancur, 10 direbut, dan satu unit rusak.

Kabar Hamas merebut dan menghancurkan The Merkava tersebar dan ramai diperbincangkan di media sosial. Bagaimana tidak, The Merkava adalah tank utama dan tercanggih milik IDF untuk pertahanan dan pencegahan darat, namun Hamas terbukti masih mampu mengakalinya. 

Tank Termahal Israel: Spefisikasi Canggih 

The Merkava telah melalui beberapa kali pengembangan sejak pertama kali dikembangkan pada tahun 1970-an. Saat ini, versi terbaru tank ini adalah Merkava Mark IV yang mulai dibuat pada 2003 dan telah melalui beberapa kali upgrade.

Merkava Mark IV memiliki kamera siang/malam yang dapat berotasi 360 derajat untuk meningkatkan visibility operatornya di medan perang. Dilengkapi dengan helm khusus komandan yang serupa dengan helm pilot jet tempur. 

Helm ini terkoneksi dengan sistem tank, memungkinkan pemakainya untuk melihat keadaan sekitar sekaligus menyasar target dan menembakkan amunisi dengan cepat. Merkava juga dilengkapi teknologi yang mampu menangkal misil. 

Tank ini didesain untuk mampu beroperasi di medan terjal dan berat, dengan kecepatan laju mencapai 64 km per jam di jalan aspal dan 55 km per jam di medan terjal (offroad). Salah satu pemutakhiran di Merkava Mark IV terletak pada kemampuan tembakannya. 

Merkava Mark IV dilengkapi dengan tembakan utama berukuran 120 mm yang mampu menembakkan beragam jenis amunisi. Selain itu, jarak tembaknya juga lebih jauh dan lebih cepat dari model-model Merkava lainnya.

Itulah sekilas informasi tentang tank termahal Israel, The Merkava IV, yang diturunkan pasukan IDF untuk peperangan Israel-Hamas yang tengah berlangsung. (NKK)



https://www.google.com/url?sa=t&sour...SEzLc108A6rEKq


Buat acuan pak Menhan nih, jangan beli hanya berdasarkan iklan

Coba tes dulu satu kali tembakan RPG bakal meleduk atau gk?

Tank 150 Miliar
RPG 10 juta
Artis 80 juta




Tank maju sendirian tanpa perlindungan infanteri = strategi bodoh












dragunov762mm
dayoldchick
78Kg
78Kg dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.3K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan