si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Gagal Taklukan Sirkuit Nurburgring, Dallara Stradale Alami Luka Lecet
Quote:


Sirkuit Nurburgring di Jerman merupakan salah satu sirkuit yang sulit ditaklukan Gan, untuk menaklukn sirkuit ini tak cukup dengan memakai mesin berperforma tinggi, yang paling penting tentu adalah skilldari si pengemudi. Baru-baru ini mobil supercar Dallara Stradale harus menyerah ketika mencoba menaklukan Nurburgring, dalam beberapa foto yang diunggah akun Instagram Supercar Fails pada 22 Oktober lalu, tampak bodi Stradale mengalami goresan pada bagian samping dan belakangnya.

Akun Instagram Supercar Fails tidak menyebut tanggal serta kronologi kecelakaan yang melibatkan mobil tersebut, tetapi akun itu menyebut kejadian itu ada di sirkuit Nurburgring. Oh ya Gan, karena tidak banyak informasi yang bisa kita dapat, langsung kita bahas soal mobilnya saja ya emoticon-Big Grin

Dallara Stradale, nama mobil ini mungkin masih asing bagi sebagian Agan-Agan, karena mobil ini juga jarang dibahas di Kaskus. Kalau membahas mobil supercar berperforma tinggi biasanya yang dibahas adalah Lamborghini atau Ferrari. Selain dua pabrikan tersebut, satu lagi pabrikan asal Italia yang sukses membuat supercar adalah Dallara.

Mengutip artikel motorsport.com, Dallara dibentuk pada 1972 oleh Giampaolo Dallara. Saat awal berdirinya, perusahaan ini hanya fokus untuk membuat sasis untuk kebutuhan event balapan, mereka mulai memasok sasis untuk ajang balapan pada 1975. Bagi Agan yang mengikuti perkembangan balapan F1 dari zaman baheula, pasti tak asing dengan Dallara. Mereka telah membuat sasis untuk tim balap di F1, F2 dan F3. Mereka juga membuat sasis untuk event balapan lain seperti misalnya IndyCar. Sebagai tambahan, Haas adalah tim F1 yang saat ini memakai sasis buatan Dallara.

Quote:


Singkat cerita pada 2017, Dallara akhirnya memproduksi mobil supercar pertama mereka yang legal dikemudikan di jalan raya, mereka memberinya nama Stradale. Tampilan mobil ini seperti mobil yang siap digunakan di trek balap, salah satu fitur uniknya adalah pintu yang terbukanya ke atas.

Untuk mesin, Dallara Stradale memakai mesin empat silinder 2,3 liter turbocharged buatan Ford. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 400 hp dan torsi puncak 500 Nm. Tenaga dari mesin kemudian dikirim ke roda belakang, yang dapat melesatkan mobil dari 0 sampai 100 km/jam dalam waktu 3,25 detik. Untuk top speedmobil ini adalah 265 km/jam.

Pada Juli 2021, Dallara memperkenalkan mobil baru yang diberi nama EXP. Mobil ini hanya bisa digunakan di trek balap (track only). Untuk urusan mesin, EXP memakai mesin yang sama dengan Stradale, tapi tenaga yang dihasilkan berbeda; mobil versi trek balap ini juga telah diberi berbagai modifikasi besar. Versi EXP menghasilkan tenaga maksimal 492 hp dan torsi 800 Nm serta top speed 290 km/jam. Tenaga itu cukup besar untuk sebuah mobil yang beratnya hanya 890 kg, sementara versi Stradale punya berat 855 kg.

Quote:


Untuk membedakan Stradale dan EXP cukup mudah Gan, untuk EXP tidak dibuatkan atap. Sementara versi Stradale masih memiliki atap. Perbedaan mencolok lainnya ada di transmisinya. Untuk Stradale memakai transmisi manual 6 kecepatan sementara pada EXP memakai transmisi six-speed sequential, di mana transmisi ini umumnya dipakai pada mobil balap. Sebagai tambahan, menurut artikel Road and Track, Dallara juga menawarkan paket upgradeuntuk pengguna Stradale. Mereka bisa membeli komponen EXP dan memasangnya pada Stradale jika menginginkannya.

Untuk harga, Dallara Stradale dibandwrol sekitar US$230.000 atau sekitar Rp 3,6 miliar Gan, harganya tidak selisih jauh dengan McLaren Artura Hybrid yang kita sudah bahas sebelumnya. Untuk supercar hybrid ini dibanderol sekitar Rp 3,5 sampai Rp 3,7 miliar. Jika kita berandai-andai punya uang banyak, sepertinya lebih baik membeli Stradale dibandingkan Artura yang rawan terbakar. Apalagi Stradale menawarkan transmisi manual.

Untuk versi EXP, Dallara enggan menyebut nominalnya, tapi beberapa media memperkirakan harga jualnya ada di angka US$250.000 atau sekitar Rp 4 miliar (harga jual di Eropa). Jika Agan ingin merasakan sensasi naik mobil balap sungguhan, rasanya varian EXP pun masih layak untuk dibeli dibandingkan supercar hybrid yang ada saat ini. Dan sekian dulu tulisan kali ini, sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



-------------------





Referensi Tulisan: Road and Track& motorsport.com
Sumber Foto: sudah tertera
rubah007
screamo37
gepyan
gepyan dan 8 lainnya memberi reputasi
9
638
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan