si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Hanya Menyisakan Abu, McLaren Artura Hangus Terbakar Saat Test Drive
Quote:


Sebuah dealer mobil McLaren di Inggris merasakan pengalaman pahit ketika sedang melakukan test drivebersama calon pembeli, pasalnya mobil tersebut tiba-tiba terbakar ketika sedang dikendarai. Pengemudi dan pegawai dealer berhasil menyelamatkan diri dalam insiden tersebut. Menurut laporan Carscoops, peristiwa itu terjadi pada Minggu, 15 Oktober 2023 sekitar pukul 14.30 waktu setempat di Stourton, Leeds, Inggris.

Supercar hybrid bermesin tengah itu sedang dikemudikan oleh calon pembeli ditemani seorang pegawai dealer mobil, tak lama setelah meninggalkan dealer (1,5 km dari dealer) tiba-tiba mesin mobil terbakar. Calon pembeli yang duduk di kursi pengemudi lalu menepikan mobilnya keluar dari jalan raya. Setelah itu, ia dan pegawai dealer keluar dari mobil. Seorang pejalan kaki yang kebetelan lewat berhasil mengambil video kejadian tersebut dan membagikannya di YappApp.

Petugas pemadam kebakaran West Yorkshire tiba di lokasi pada pukul 14.35, mereka juga mengirim satu petugas Hazardous Material Officer untuk mengambil baterai listrik mobil. Kebakaran pada McLaren Artura baru bisa dipadamkan pukul 15.02. Pada bulan Desember 2022, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menemukan risiko kebakaran pada McLaren Artura. Sehingga meminta pihak pabrikan menarik kembali 164 unit Artura di Amerika. Penarikan itu dilakukan karena pihak NHTSA menemukan mur pada pipa bahan bakar kendor, hal ini bisa memicu terjadinya kebakaran.

Menurut artikel The Telegraph, hasil penyelidikan NHTSA pada Desember 2022 menunjukkan jika ujung pipa bahan bakar terletak dekat komponen mesin yang memiliki suhu pengoperasian tinggi. Jika bahan bakar dilepaskan di dekat komponen tersebut, maka akan menimbulkan aktivitas thermal. Pada saat McLaren melakukan penarikan Artura di AS, sekitar 50 mobil sedang dipersiapkan untuk dikirim ke pembeli di negara tersebut.

Quote:


Sejauh ini belum diketahui secara pasti, apakah mur pada pipa bahan bakar yang kendor telah memicu kebakaran, saat ini penyebab kebakaran masih belum diketahui. Sementara itu, di Inggris belum ada laporan terkait masalah kendornya mur pada pipa bahan bakar Artura. Merujuk hasil penyelidikan pihak berwenang di AS, maka Artura yang dipasarkan di Inggris juga harus dilakukan pengecekan pada bagian mur pipa bahan bakarnya.

Sekilas tentang Artura, merupakan supercar hybrid terbaru buatan McLaren, yang memakai motor listrik berkekuatan 94 hp dan torsi 225 Nm yang didukung oleh baterai lithium-ion 7,4 kWh. Dalam mode listrik, Artura bisa menempuh jarak sejauh 30 kilometer, baterai ini bisa diisi ulang penuh dalam waktu 2,5 jam. Meski mendapat sambutan baik dari para kritikus, Artura mengalami proses pengembangan yang sulit. Pengiriman awal tertunda karena masalah perangkat lunak, dan juga akibat pandemi.

Quote:


Untuk mesin yang dipakai adalah V6 twin-turbo M630 berkapasitas 2.993 cc, tenaga maksimalnya 585 hp dan torsi puncak 585 Nm. Untuk harga jualnya di Inggris sekitar Rp 3,5 sampai Rp 3,7 miliar. Jika dijual di Indonesia, harganya bisa tembus sampai Rp 9 sampai Rp 10 miliar. Karena di India, mobil dibanderol Rp 10,5 miliar.

Kombinasi mesin konvensional dan motor listrik menghasilkan tenaga maksimal sebesar 671 hp dan torsi 719 Nm, tenaga yang dihasilkan ini bisa melesatkan mobil dari 0-100 km/jam dalam 3,0 detik saja dan 0-200 km/jam ditempuh dalam 8,3 detik saja. Untuk kecepatan tertinggi Artura dibatasi secara elektronik hingga 330 km/jam. Sekian informasi dari dunia otomotif kali ini, sampai jumpa emoticon-Cendol (S)


----------------



Referensi Tulisan: The Telegraph& Carscoops
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 24-10-2023 12:52
69banditos
cor7
TuanLi
TuanLi dan 9 lainnya memberi reputasi
10
986
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan