farisrz11Avatar border
TS
farisrz11
MANAJEMEN KANTOR HUKUM : How to Build a Credible Lawfirm
Faris Helmi Yahya
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya


HOW TO BUILD A CREDIBLE LAWFIRM

 
Di dalam dunia hukum tentunya kita sudah tidak asing dengan sebuah profesi hukum yang di antaranya sebagai Pengacara, Konsultan Hukum, Legal advisor, atau semacamnya. Semua profesi hukum tersebut di atas tentunya memiliki sebuah office yang kemudian menjadi tempat bagi mereka untuk me-manajemen cara kerja mereka yang dalam hal ini biasa disebut sebagai Kantor Hukum/Firma Hukum/Legal Office/Lawfirm.
Di dalam kantor hukum tersebut tentunya terdapat sebuah sistem yang diterapkan atau difungsikan untuk membuat kantor hukum yang telah dibangun menjadi support systembagi para praktisi hukum tersebut agar bagaimana mereka menjalankan profesinya dapat berjalan dengan nyaman dan lancar, sistem ini adalah yang biasanya disebut sebagai Manajemen Kantor Hukum.
Manajemen Kantor Hukum ialah sebuah sistem yang dibuat oleh seseorang atau lebih dan/atau badan hukum yang memiliki tujuan untuk memastikan tata kelola dari sebuah kantor hukum dapat berjalan dengan baik, seperti halnya bagaimana tata kelola tentang strukturisasi organ-organ dalam kantor hukum, bagaimana membangun SDM berkualitas, bagaimana administratif kantor hukum yang baik, bagaimana cara branding kantor hukum yang dapat membuat nama dari sebuah kantor hukum tersebut dapat dipandang dengan baik, dan lain sebagainya. Beberapa cara membangun manajemen kantor hukum yang baik adalah memahami prinsip-prinsip dasarnya, membuat organ-organ dengan strukturisasi yang matang, pengembangan kantor hukum itu sendiri.




     
Prinsip-prinsip Manajemen Kantor Hukum

1).  Pembagian Kerja (division of work);

2).  Otoritas dan Tanggungjawab;

3).  Adanya Aturan Hukum;

4).  Kesatuan Perintah;

5).  Kesatuan Arah;

6).  Adanya Balas Jasa dan Penghargaan;

7).  Sentralisasi;

8).  Kepentingan Umum di atas Kepentingan Pribadi;

9).  Rantai Bertangga Tubuh Organisasi;

10). Keteraturan;

11). Keadilan;

12). Stabilitas Pekerjaan;

13). Inisiatif dan Inovatif;

14). Semangat Korp
      

Strategi Manajemen Kantor Hukum Yang Baik

1.    Memahami dan menyusun visi dan misi yang baik Berdasarkan Prinsipnya

Visi      : Sebagai harapan/cita-cita ke depan

Misi     : Bersifat sebagai program/kegiatan dalam mencapai visi

 

Unsur penting dalam membangun kantor hukum      :

a.    Sasaran

b.    Kepastian Karir Planning

c.    Etika Profesi

d.    Manajemen Sistem Informasi Yang Mudah dan Aman
      
2.    Strukturisasi Organisasi Yang Baik

Kantor Advokat didirikan oleh seorang  atau  beberapa orang advokat yang telah disumpah di hadapan ketua Pengadilan Tinggi setempat dan memiliki izin beracara (Lisensi) dari organisasi Profesi Advokat. Kantor advokat yang didirikan oleh Beberapa orang advokat lazimnya berbentuk suatu Firma  Hukum yang disahkan melalui Akta Pendirian Notariil dan didaftarkan ke Kementerian Hukum & HAM.

Dalam kantor firma hukum, lazimnya dipimpin oleh Managing Partnerdan para pendiri firma hukum disebut sebagai para  partner; diatur dalam suatu jjenjang akhir atau struktur organisasi, yang sedikit berbeda antara kantor lawfirm satu sama lain, tergantung kebijakan, Visi dan Misi para founder/pendiri atau partner pendiri.

Strkututr yang jelas dan terdiri dari orang-orang yang kuat juga akan memastikan sejauh mana kantor hukum dapat melangkah. Memang terdapat berbagai macam struktur organisasai dalam lawfirm. Yang terpenting ialah bagaimana me-manajemen/menjaga hierarki yang baik terhadap masing-masing posisi dalam lawfirm tersebut. Dengan hierarki kerjasama yang baik dari masing-masing organ tentunya dapat menjaga atau menghindarkan sebuah lawfirm dari terjadinya sebuah konflik internal.

Manajemen kantor hukum yang baik dapat ditinjau dari apakah ada konflik intern di dalam kantor hukum tersebut. Lingkungan kerja yang sehat, minim konflik, dengan SDM yang berintegritas pastinya berdampak pada kinerja pegawai. Maka dari itu, membuat sebuah struktur organisasi lawfirm yang baik adalah penting, namun yang tidak boleh dilupakan pula ialah menciptakan hierarki yang baik dan sehat dari organ-organ tersebut.

     

Struktur Model


Struktur Model

Struktur Model

Struktur Model

Struktur Model

Struktur Model


3.   Manajemen Branding Kantor Hukum


Pengembangan kapasistas dan kapabilitas yang kita bangun dari sebuah asosisai/korporasi yang kita buat adalah hal penting yang kemudian membuat kita lebih dikenal sehingga juga perlu juga dilakukan penyesuaian terhadap suatu kasus/isu yang sedang tren.
        a. Manajemen Marketing


Sebuah kantor hukum perlu memiliki cara bagaimana menarik orang/person untuk berminat bekerjasama dengan kantor hukum yang dibuat.


Pembuatan website atau platform lain yang berisikan tamplate, informasi positif, dan pengalaman selama beracara dari riwayat kantor hukum yang dibuat akan menimbulkan potensi agar orang percaya dan yakin untuk bekerjasama dengan kantor hukum kita dan berpotensi pula membuat orang yang pernah memiliki riwayat kerjasama yang baik dengan kita lebih percaya diri, tanpa ragu untuk merekomendasikan kepada orang lain atas kinerja baik dari kantor hukum tersebut.
Kemudahan akses informasi terkait kantor hukum berpengaruh juga terhadap bagaimana orang dapat mengetahui kantor hukum kita dan persuasif terhadap mereka agar yakin untuk bermitra.
       b. Manajemen Operasional SDM/SOP


Dalam melakukan/menangani sebuah perkara perlu adanya tim/ manajemen litigasi, non-litigasi, manajemen administrasi-keuangan, dan manajemen perkara tertentu.
        c. Optimalisasi Kinerja & Hubungan Baik Dengan Klien

Berkaitan dengan optimalisasi kinerja, perlu adanya sistem atau program kerja yang membuat para profesi hukum tersebut merasakan kenyamanan sehingga kinerja menjadi lebih akurat dan profesional. Adanya evaluasi rutin dan program refreshing akan menjadi nilai tambah dalam mengoptimalkan kinerja. Dalam menjalin sebuah kerjasama utamanya di bidang hukum, tentunya diperlukan adanya kompetensi SDM yang berkualitas sehingga timbul sebuah rasa percaya yang memberikan dampak komunikasi yang baik. Sehingga mampu untuk menarik minat klien untuk menimbulkan kerjasama yang lain

#UntagSurabaya
#KitaUntagSurabaya

0
347
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan