ahlimiliterahliAvatar border
TS
ahlimiliterahli
SOSOK TikToker Medan Morteza Hina Agama Kristen Sebut Salib Kembalikan ke PLN, Lesu


SOSOK TikToker Medan Morteza Hina Agama Kristen Sebut Salib Kembalikan ke PLN, Lesu Ditangkap Polisi

Minggu, 22 Oktober 2023 09:49 WIB


Editor: Tommy Simatupang

   

AA





TikToker Morteza telah ditangkap Polrestabes Medan atas kasus penistaan agama.

TRIBUN-MEDAN.com - TikToker Morteza telah ditangkap Polrestabes Medan atas kasus penistaan agama. TikToker dengan penampilan berbadan gemuk dan memakai kacamata ini melakukan penghinaan ke agama Kristen. 

TikToker ini melontarkan kata-kata penghinaan kepada umat Kristen yang menyembah Yesus Kristus. 

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa mengatakan telah menangkap pria yang menggunakan nama akun TiKTok @bangmorteza.

"Sudah diamankan tadi pagi. Sekarang lagi pemeriksaan. Dia sebagai konten kreator,"kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa, Sabtu (21/10/2023).

Dari beberapa postingan yang tersisa, akun @bangmorteza sempat memposting yang bernarasi ujaran kebencian dan penistaan agama terhadap dua agama Kristen Protestan dan Katolik.

Video Morteza tersebut viral di media sosial dan diunggah kembali oleh pegiat media sosial Permadi Arya atau Abu Janda lewat akun Instagram @permadiaktivis2.

Dalam video yang diunggah, awalnya TikToker berkacamatan dan berbadan tambun ini menyinggung soal tiang salib yang disembah oleh penganut agama Kristen, baik Protestan maupun Katolik.

"Karena Tuhan yang kalian sembah itu yang digantung, bagi umat Katolik dia digantung, kalau Protestan tidak digantung," katanya dilihat Sabtu (21/10/2023).


Screenshot akun media sosial @bangmorteza, yang di-posting ulang karena memuat konten dugaan penistaan agama Kristen Protestan dan Kristen Katolik. (HO)

Dirinya pun meminta agar tiang salib tersebut dikembalikan ke PLN jika para penganut agama Kristen telah bertobat.

"Bagi kalian yang masih menyembah itu, tolong pulangkan nanti setelah kalian tobat, Ttlong pulangkan nanti tiang itu ke PLN, biar ada untuk gantung trafo sama kabel, oke ya," ucapnya.

Dirinya juga mengatakan jika mendapat kesempatan untuk mengunjungi gereja maka akan membawa speaker bluetooth dan memutar lagu 'Shaun The Sheep'.

"Aku nanti kalau ada kesempatan bisa ngunjungin gereja, kubawa bluetooth speaker lah, nanti kuhidupkan lagunya itu pas masuk nanti kan, Shaun The Sheep," ungkapnya.

Adapun lagu Shaun The Sheep, kata Bangmorteza, identik dengan penganut agama Kristen yang disebutnya sebagai hewan domba.

"Kenapa kau putar lagu Shaun the Sheep di gereja? Kalian kan domba," cetusnya.

Terkait dengan konten TikTok-nya yang kontoversial, Morteza langsung meminta maaf.

Ia mengaku jika perkataannya hanya guyonan.

"Saya Morteza mengaku salah atas apa yang telah saya ucapkan atau apa yang sudah saya buat tentang meroasting agama sebelah, saya minta izin minta maaf," jelas Morteza.

"Saya sebagai Morteza yang berbuat saya ingin meminta maaf dan ini klarifikasi saya dan itu sebenarnya cuma jokes-jokes gitu aja tapi berlebihan," sambungnya.

Dalam dari unggahannya, Abu Janda mengaku hanya di Indonesia yang bisa mengolok-olok agama non Islam tanpa khawatir dengan penistaan agama.

"Cuma di Indonesia, orang bisa mengolok olok agama non islam tanpa khawatir kena pasal penodaan agama..coba kalo bercandaan seperti ini posisi nya dibalik, 100 persen gak pake lama pasti langsung kena," tulisnya.

Viral video itu membuat Morteza menutup akun medsos mulai dari Instagram hingga TikTok-nya. Namun video yang diunggah kembali Abu Janda mendapat beragam komentar warganet.

Sosok Morteza

Bangmorteza memiliki nama asli Fikri Murtadha seorang konten kreator asal Medan yang sangat terkenal di paltform TikTok, YouTube, hingga Instagram.

Bisa dibilang ia menjadi salah satu TikToker terbesar di Medan dengan 2,5 juta lebih jumlah followers.

Bahkan jumlah likes mencapai nyaris 100 juta membuat setiap konten yang ia tayangkan selalu ramai pengunjung.

Pria berbadan tambun berkacamata ini tumbuh dewasa dari kecil di wilayah Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Ia pernah tercatat sebagai lulusan dari SMA Negeri Rantau Utara pada jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) angkatan 2010-2013.

Dari tahun kelulusannya, Fikri Murtadha atau Bangmorteza diduga lahir tahun 1995 dan saat ini telah berumur 28 tahun.

Kemudian ia melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Negeri Medan Fakultas Bahasa dan Seni dengan Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Inggris yang lulus pada 2019.

Ia pernah magang di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara sebagai seorang Tour Guide semasa kuliah.

Dari berbagai pengalaman dan ilmu yang didapatnya, Bangmorteza mengklaim diri mampu dan memiliki keahlian sebagai seorang driver, tour guide, voice over dan guru bahasa Inggris.

Namun kini ia menekuni karir sebagai seorang konten kreator di beberapa platform meski baru saja diterpa masalah dugaan menghina agama tertentu.

Biodata Bangmorteza atau Fikri Murtadha

Nama asli: Fikri Murtadha
Nama populer: Bangmorteza
Tempat, tanggal lahir: Medan, 1995
Umur: 28 tahun

Agama: Islam
Pendidikan: Unimed
Profesi: Konten Kreator, TikToker
Akun Medsos: IG @bangmorteza_ TikTok @thebigfella_

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribunnews

Tags: 

Morteza

TikToker Morteza

Morteza telah ditangkap Polrestabes Medan

penghinaan ke agama Kristen

Tribun-medan.com




https://www.google.com/url?sa=t&sour...KrlPB3oJR5S86y



Baca beritanya dulu ya gansist, keterangannya sudah lengkap


Jadi jangan banyak tanya inilah itulahemoticon-Mad

Tumben wartawannya nulis komplitemoticon-Big Grin
jiresh
.Orenji.
aldonistic
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.4K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan