iskrimAvatar border
TS
iskrim
Terkuak, Ternyata Ini Cara Ilmuwan Buat Baterai Gadget Lebih Awet (Next, Kita Coba!)


Media penyimpan energi seperti baterai memang temuan yang luar biasa, meski sampai saat ini kekurangan terbesar baterai adalah kapasitas atau daya yang disimpan pada baterai masih terbatas membuat modernisasi seperti gadget dan alat transportasi sedikit terganjal.

Tapi tidak lama lagi sepertinya masalah ini sedikit teratasi karena peneliti telah berhasil memperpanjang ketersediaan daya didalam baterai lebih baik dibanding sebelumnya. Ini merupakan kabar bagus bagi produsen baterai dan kita sebagai konsumen akan bisa menggunakannya lebih lama.



Mungkin belum atau tidak banyak yang menyadari sebuah baterai ponsel cerdas, baterai laptop akan habis sendiri dalam kurun waktu tertentu padahal gadget tersebut tidak sedang digunakan (self-discharge). Orang umumnya memaklumi karena mereka tahu ada beberapa komponen, aplikasi dan pembaca signal tetap bekerja dibelakang layar.

Tapi khususnya bagi peneliti mereka juga menambahkan temuan baru selain alasan umum diatas, yaitu belum memaksimalkan bagian tertentu yang tidak disadari selama ini padahal sangat membantu untuk menjaga daya baterai tidak menurun.

Salah satu bahan dasar yang saya maksudkan adalah media pendukung berupa energi baterai yaitu Pita perekat Polietilen tereftalat (PET) yang gunanya mencegah tumpukan elektroda terlepas saat perakitan baterai di pabrik.

Hingga kemudian peneliti fokus pada PET, memikirkan tentang alternatif lain yang barangkali bisa dimaksimalkan yang bisa menjaga stabilitas kimia polimer pada PET itu sendiri dan ternyata sekarang menjadi kunci agar daya baterai tidak cepat habis dengan sendirinya, padahal selama ini terabaikan.



Peneliti dari Universitas Dalhousie, Kanada kemudian diterbitkan di jurnal Nature Materials yang menjadi sumber berita thread saya ini. Dimana secara umum mereka mengatakan penggantian pita Jellyroll PET dengan pita jenis Polipropilen PET yang stabil secara kimia ternyata membawa hasil yang memuaskan.

Nah, perlahan tapi pasti rupanya perkembangan baterai sedikit banyak mulai ada kemajuan yang cukup meyakinkan. Kita berharap akan ada lagi temuan-temuan terbarukan yang tidak hanya menjaga stabilitas energi baterai tetap tersedia dikondisi apapun, tapi juga ketersediaan kapasitas yang semakin besar tapi dengan ukuran fisik baterai yang semakin kecil, semakin ringan, semakin tipis, pengisian super cepat, aman dan murah.






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp1, Tkp2, Tkp3 | img : gugel 


Diubah oleh iskrim 04-10-2023 10:06
CaiFuk
screamo37
rumput14ut
rumput14ut dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan