cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Seorang Pengangguran


Penulis:        Budi Prathama
Editor:         Fatio Nurul Efendi

Cangkeman.net - Dalam survey apapun, tentu gak ada orang yang pengen jadi pengangguran dalam hidupnya. Semua orang pasti ingin hidup bahagia, senang, dan memiliki kekayaan agar leluasa berbuat semaunya. Untuk mencapai itu semua, tentu pengangguran mustahil untuk mewujudkannya, wkwkwk.

Mendapatkan predikat pengangguran bukan hal enak dan kadang menjadi momok yang menakutkan. Tuntutan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak bisa saja datang dari keluarga, orang tua, kerabat, kakek nenek, bahkan cuitan para tetangga pun tak kalah pahit.

"Sekarang kerja apa?"

"Teman kamu si A yang bersamaan lulus di kampus sudah kerja, kok kamu belum?"

"Aku doakan, semoga kamu mendapatkan pekerjaan secepatnya."


Tak mustahil memang kalau sudah lulus kuliah, cibiran-cibiran seperti di atas akan membanjiri para sarjana yang menyandang predikat sebagai pengangguran. Jadi, kalau gak kuat mental, bisa jadi bikin trauma.

Namun meski begitu, orang yang menyandang predikat pengangguran gak boleh juga putus harapan, apalagi terlalu memasukkan di hati cibiran orang lain tersebut. Ada baiknya bagi yang pengangguran memanfaatkan waktunya untuk kegiatan bermanfaat agar waktu penganggurannya gak sia-sia. Waktu itu sangat berharga lho, jangan sampai saat pengangguran kelewat abis, bisa jadi akan dilanda penyesalan.

Selagi masih pengangguran, ada baiknya lakukan hal berikut ini agar dapat menjadi contoh bagi orang lain. Itung-itung supaya bisa mengangkat status orang yang pengangguran, bahwa yang pengangguran juga bisa jadi contoh, hehehe.

Bukan hanya pegawai kantoran yang bisa jadi contoh, tetapi pengangguran juga lho. Tetapi pengangguran yang seperti apa dulu? Anda penasaran, yuk simak seperti apa sih pengangguran itu yang bisa dicontoh.

1. Giat mencari info loker
Orang yang pengangguran bukan berarti gak usaha cari kerja, mungkin saja jodoh untuk mendapatkan pekerjaan belum ketemu. Jangan karena mendapat label pengangguran, malah berdiam diri, rebahan, dan gak mau usaha cari kerja.

Saat masih menyandang predikat pengangguran, janganlah malas untuk cari info lowongan kerja (loker). Ada banyak info loker yang bisa ditempati. carilah mulai dari group kampus, para kerabat, ataupun melalui berbagai media sosial (seperti google, instagram, twitter, tiktok, dan sejenisnya). Selama ada usaha, pasti ada jalan. Pokoknya daftar saja semua lowongan kerja yang terbuka, ikuti persyaratannya, dan jangan gampang menyerah, okey.

2. Tambah dan kembangkan skill
Lagi-lagi soal waktu yang tak boleh disia-siakan. Mendapatkan predikat pengangguran berarti ada kesempatan untuk menambah dan kembangkan skill. Jangan hanya karena belum bekerja lantas gak mau belajar, apalagi menganggap bahwa skill itu sudah cukup dimiliki. Pikirku lama menjadi pengangguran, menjadi kesempatan emas untuk bisa lebih meningkatkan skill dan bahkan bisa lebih mahir. Kalau sudah seperti demikian, pekerjaan bisa saja akan menghampiri Anda, tinggal tunggu waktu dan momen saja, hehehe.

3. Bangun relasi
Menjalani predikat sebagai pengangguran juga gak boleh berdiam diri di rumah atau gak mau membangun relasi. Memperbanyak relasi dapat menjadi kerang-kerang untuk bisa mendapatkan sumber pekerjaan. Kita gak tahu dari mana datangnya rejeki, bisa saja melalui perantara orang lain saat membangun relasi dengannya, kan itu gak mustahil.

Sebenarnya bukan hanya orang yang pengangguran dituntut bangun relasi, tetapi orang yang sudah kerja sekalipun. Dengan begitu, ketika sang pengangguran mampu membangun relasi dengan baik tentu akan menjadi teladan kepada siapapun, termasuk para pegawai kantoran.

4. Hilangkan gengsi
Ini juga yang paling penting dilakukan bagi seorang pengangguran untuk menghilangkan gengsi. Meskipun bukan lulusan terbaik, memiliki IPK rendah, dan bukan lulusan kampus terkenal, janganlah pernah gengsi untuk bergaul kepada siapapun. Bukan hanya pergaulan, usaha dan kerja keras untuk bisa mendapatkan pekerjaan juga patut melekat pada diri orang yang menyandang predikat pengangguran. Kan kasihan kalau sudah pengangguran, malah gengsi pula, itu kan gak ada yang bisa diharapkan. Tetapi justru akan ada nilai plus, walau pengangguran tapi gak gengsi.

5. Berdoa dan mohon restu pada orang tua
Contoh selanjutnya yang harus dipertontonkan bagi seorang pengangguran agar selalu berdoa dan mohon doa restu kepada kedua orang tua. Doa dan restu orang tua ini bisa menjadi jalur dari langit sehingga Anda lulus dari predikat pengangguran. Entah bagaimana pun jalannya, doa dan restu orang tua masih menjadi kepercayaan yang kuat untuk bisa mendapatkan sesuatu yang diimpikan. Dalam artian usaha dan doa gak boleh dipisahkan.

Sejatinya orang yang pengangguran ini tentu juga mereka punya keinginan agar secepatnya mendapatkan pekerjaan yang layak, bisa mendapatkan kebahagiaan, terlebih dapat menopang kehidupan yang lebih baik.

Mendapatkan predikat pengangguran gak boleh berputus asa, kalau bisa semangat harus menjadi ranking satu daripada para pegawai kantoran. Tetaplah gunakan waktu pengangguran untuk kegiatan yang bermanfaat dan produktif, sehingga gelar pengangguran itu gak selalu buruk di mata orang dan patut dibuktikan bahwa orang pengangguran juga dapat menjadi contoh kepada publik.


Tulisan ini ditulis di Cangkeman pada tanggal 25 Februari 2023.
jiresh
rubah007
fathroni
fathroni dan 3 lainnya memberi reputasi
4
657
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan