Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ace_01Avatar border
TS
ace_01
Kulkas Lebih Gede, Belom Tentu Lebih Boros Listrik


Kulkas Gede, Listrik Juga Gede?



Pernah nggak nih, kalian denger mitos kalo kulkas yang lebih gede lebih boros listrik? Nah, kita bahas nih mitos yang sering banget bikin bingung. 🤔

Banyak yang beranggapan kalau punya kulkas berkapasitas gede itu bakal bikin tagihan listriknya. Tapi, perlu diinget, ukuran kulkas sebenarnya nggak bisa langsung dijadikan tolak ukur buat konsumsi listriknya.

Ini kejadian di nyokap gue. Waktu itu itu kan gue beli kulkas. Dan yahh, gue tanya sana-sini dong.. Ketemulah kulkas LG GN-B185SQBB.. Waktu itu termasuk cepet sih belinya.. Searching di tokopedia, ketemulah kulkas yang ini.


Kulkas LG andalan gue nih, senggol dong



Gue baca speknya, listrik cuman 70 watt, dua pintu pula (atas bawah ye, bukan side by side wkwkwk) Kapasitasnya 225 liter, warna dan bentuknya juga kece.. Bukan yang kaca sih, cuman dari awal gue ngelihat gue udah langsung demen aja..

Nyokap awalnya yaa biasalah karena generasi lama ragu, "itu beneran beli kulkas online nggak takut ketipu?". Dan yaaa, gue check out pagi, sore langsung dianterin wkwkwkwk, gue belanja bukan di Official Store LG sih, adalah ternyata toko fisiknya di daerah deket-deket rumah gue aja..

Dan so far oke banget sih. Mana udah smart inverter juga, harga cuman 4,2 juta. Gara-gara oke, akhirnya gue rekomendasiin temen gue juga dong pake tuh kulkas.. Dan gue tanya-tanya ke mereka, beneran oke banget, kalo lagi nutup kompresornya baru tuh agak kenceng, tapi ya tetep smooth aja.

Nah, nyokap juga kepengen beli kulkas kan. Cuman ya gitu mesti banget ke toko fisik. Sebenarnya bukan ganti sih, lebih tepatnya nambah wkwkwk soalnya ternyata emang nggak muat, karena nyokap gue kan masak banget orangnya..

Belilah nyokap kulkas Sharp, 2 pintu J-Tech Inverter Nano.. Kapasitas 205 Liter, listriknya 100 watt. Padahal kapasitasnya lebih kecil, ternyata listriknya malah lebih gede..


Kulkas Sharp Nyokap gue nih



Jadi nyokap gue punya 2 kulkas yang sama, dan wattnya juga sama. Malah jadi boros listrik kan..

Makanya penting buat riset lebih jauh buat watt listrik kulkas yang pengen lo beli deh. Nggak melulu yang bodinya gede, listriknya pasti boros.. Yahh pabrikan elektronik kan juga riset dong, gimana caranya kulkas gede tapi listriknya tetep hemat.

Kenapa itu bisa terjadi?

Efisiensi Energi
Kulkas modern, besar atau kecil, biasanya udah dirancang dengan teknologi yang lebih efisien. Jadi, ukuran kulkasnya bukan penentu utama dalam konsumsi listrik.

Isi Kulkas
Yang lebih penting adalah seberapa sering lo buka pintu kulkas dan seberapa penuh kulkas itu. Semakin sering buka dan semakin banyak ruang yang kosong dalam kulkas, semakin boros listriknya.

Label Energi
Cek label energi yang biasanya ada di kulkas. Biasanya, kulkas dengan label A atau A+ lebih efisien. Nah, kulkas gue ada nih logonya..

Pengaturan Suhu 
Jangan lupa atur suhu kulkas sesuai kebutuhan, jangan terlalu dingin.

Jadi, intinya, kita nggak bisa langsung nyimpulkan kulkas besar itu boros. Lebih penting nih buat perhatiin efisiensi, cara pemakaian, dan pengaturan kulkas yang bener. Makanya, lo sebagai customer juga mesti jeli pas riset pengen beli kulkas ya.


whysto1927
eroshounin
harrywjyy
harrywjyy dan 6 lainnya memberi reputasi
5
760
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan