Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFaries4.0Avatar border
TS
LordFaries4.0
Israel-Palestina Perang, Begini Cara 3 Capres Sikapi Kemerdekaan Palestina

Judul asli kepanjangan: Israel-Palestina Perang, Begini Cara 3 Capres Anies, Ganjar, & Prabowo Sikapi Kemerdekaan Palestina

Israel dan Palestina perang.

Perang dua negara bertetangga itu diawali dari serangan para pejuang Hamas Palestina ke perbatasan Israel pada Sabtu (7/10/2023).

Tiga hari perang, lebih dari 1.000 orang tewas dari kedua belah pihak.

Di Indonesia, perang Palestina-Israel, menjadi sorotan media termasuk para tokoh juga tak luput menanggapi hal itu.

Sikap pemerintah Indonesia sebenarnya tidak berubah sejak dulu yakni mendukung kemerdekaan Palestina karena tanahnya diraih bangsa Israel.

"Saya tegaskan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina," demikian penegasan Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (24/10/2022) lalu.

Jokowi mengatakan Palestina merupakan sahabat dekat Indonesia karena salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Lalu bagaimana bakal calon presiden atau capres menyikapi soal kemerdekaan Palestina? Apa langkah konkret yang telah dilakukan tiga bakal capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo?

1. Anies Baswedan
Bakal capres yang diusung Koalisi Perubahan yakni Anies Baswedan menanggapi konflik yang terjadi saat ini antara Palestina dan Israel di Gaza.

Menurut Anies meningkatnya ekskalasi di Gaza berakar dari ketidakadilan dan penindasan.

“Ketegangan yang muncul itu berakar dari ketidakadilan, berakar pada penindasan, penundukan pada tanah Palestina oleh Israel,” ujar Anies saat ditemui di Malang, Minggu (8/10/2023) sebagaimana dikutip dari Kompas.TV.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga melihat apa yang terjadi di Palestina seperti pendudukan tanah, penekanan kepada warga dan perluasan permukiman ilegal menimbulkan perlawanan.

Selain itu, Anies juga mendukung sikap yang diambil oleh Indonesia agar ada penurunan ketegangan dan proses perundingan yang lebih adil.

Bukan kali ini saja Anies Baswedan tegas mendukung kemerdekaan Palestina.

Bahkan secara simbolik, Anies memakai selendang berwarna bendera Palestina menghadiri kunjungan kerja dengan warga Jakarta Timur di GOR Ciracas, Jumat (8/12/2017) lalu.

Anies melalukan itu sebagai protes atas langkah Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel.

Pada 2018 lalu, tepatnya pada Jumat (11/5/2023), saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ikut serta dalam bersama massa dalam Aksi Bela Palestina di kawasan Monas Jakarta.


2. Ganjar Pranowo
Sikap paling 'ekstrem' ditunjukkan bakal capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, soal kemerdekaan Palestina.

Awal tahun 2023 ini, Ganjar Pranowo saat masih menjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) diprotes banyak kalangan terutama pencinta bola tanah air karena menolak Timnas Israel berlaga di Piala Dunia Sepakbola FIFA U-20 yang akan diadakan di Indonesia.

Ganjar menjelaskan, aksi kekerasan yang dilakukan Israel di Palestina cenderung meningkat beberapa waktu terkahir.

“Saya ikut mengamati aksi-aksi kekerasan yang cenderung meningkat di Palestina. Saya mencermati kemunculan kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka,” ujar Ganjar dikutip pada Kamis (23/3/2023) lalu.

Ganjar menilai dukungan terhadap perjuangan Palestina harus diberikan lewat pernyataan sikap.

“Oleh karenanya, penting bagi kami untuk tetap menyuarakan dukungan kepada perjuangan Palestina merdeka,” jelasnya dalam siaran pers.

Ganjar juga menegaskan, penolakan terhadap kehadiran Israel merupakan sikapnya sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Sebab, penolakan terhadap Israel merupakan prinsip dan amanat Presiden Repbulik Indonesia (RI) pertama Soekarno untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Sebagai kader PDI Perjuangan, saya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina yang telah disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika (KAA), Gerakan Non Blok (GNB), dan Conference of the New Emerging Forces,” ujarnya.

Terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20, Ganjar mengatakan Indonesia sebagai tuan rumah diharapkan melanjutkan ajang tersebut tanpa kehadiran Timnas Israel.


Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Tahun 2023 yang direncanakan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 akhirnya batal dilaksanakan di Indonesia.


3. Prabowo Subianto
Bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dalam berbagai kesempatan mendukung kemerdekaan Palestina.

Dukungan Prabowo kepada Palestina serius bahkan kemarin, Minggu (8/10/2023), Prabowo batal menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad di kediaman Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) sekaligus Sekjen PBB Afriansyah Noor di Jakarta Selatan karena memimpin rapat terbatas mengenai konflik Palestina-Israel.

"Saya baru dapat WA (Whatsapp), Bapak Prabowo tidak bisa hadir. Dan beliau memimpin rapat kabinet terbatas soal Timur Tengah," kata Afriansyah dalam sambutannya di acara tersebut, Minggu.

Afriansyah menyebut, Rumah Sakit (RS) Indonesia di Palestina turut mendapatkan penyerangan.

Ia berharap konflik antara kedua negara itu segera berakhir dan meminta doa untuk keselamatan orang-orang di Palestina.

Komitmen yang sama ditunjukkan Prabowo saat bertindak selaku Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI) menerima kunjungan resmi dari Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammed Ibrahim Shtayyeh di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022) lalu.

Prabowo Subianto menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia berkomitmen mendukung perjuangan rakyat Palestina.

"Kami terus mendukung perjuangan rakyat palestina, utamanya dalam menentukan nasib sendiri, keadilan, kemerdekaan, dan hak untuk memiliki negaranya," tutur Prabowo, dikutip dari keterangan persnya, Kamis (27/10/2022).

“Kami akan terus mendukung perjuangan ini (Rakyat Palestina). Pemerintah Indonesia beberapa kali memberikan penekanan akan terus membantu rakyat Palestina dalam bentuk yang nyata,” ujarnya seperti yang dikutip dalam Kemhan.go.id, Kamis (27/10/2022).


https://www.tribunnews.com/mata-loka...kaan-palestina

Bagaimana menurut ngana? @replykgpt
.co.cc17baik
areszzjay
payonly
payonly dan 5 lainnya memberi reputasi
0
510
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan