Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chloe.abeleAvatar border
TS
chloe.abele
Abaikan Senjata Nuklir, Indonesia Berkomitmen Jaga Perdamaian
Abaikan Senjata Nuklir, Indonesia Berkomitmen Jaga Perdamaian



: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers usai Pertemuan Menlu Asia Tenggara (ASEAN Foreign Ministers Meeting/AMM) ke-56 dan Post Ministerial Conference (PMC), di Jakarta, Jumat (14/7/2023). Foto: InfoPublik/Agus Siswanto

Jakarta, InfoPublik - Traktat Pelarangan Senjata Nuklir (TPNW) menegaskan kepemilikan, dan penggunaan senjata nuklir tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun, sehingga Indonesia berkomitmen untuk aktif menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) Retno Marsudi melalui keterangan tertulisnya, usai Rapat Kerja dengan Komisi I DPR terkait ratifikasi konvensi pelarangan senjata nuklir, di Jakarta, Senin.

"(Itu) termasuk meluruskan pandangan yang keliru seolah-olah memiliki senjata nuklir terkait dengan prestise negara," kata Menlu Retno.

Retno mengatakan, komitmen menjaga perdamaian diwujudkan melalui peran aktif dalam penyusunan TPNW, yang telah diadopsi pada 7 Juli 2017 dalam konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertujuan mengatur pelarangan senjata nuklir secara menyeluruh dengan tetap menjamin hak pemanfaatan tenaga nuklir untuk tujuan damai.

TPNW tersebut diberlakukan pada 22 Januari 2021 dan sampai sekarang telah ditandatangani oleh 93 negara, dengan 69 di antaranya telah melakukan ratifikasi terhadap traktat tersebut, termasuk di antaranya enam negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yaitu Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina Thailand dan Vietnam.

Menlu menegaskan, bahwa kepemilikan dan penggunaan senjata nuklir tidak memberikan dampak positif apapun bagi negara.

"Serangan nuklir oleh satu negara akan dibalas oleh serangan nuklir oleh negara lain dan akan menciptakan kehancuran total," katanya.

Oleh karena itu, kepemilikan dan penggunaan senjata nuklir tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun.

Untuk itu, selain mendorong pelarangan senjata nuklir, TPNW juga untuk menutupi kelemahan traktat lain, yaitu Traktat Nonproliferasi Nuklir (NPT), di mana traktat tersebut membedakan kelompok negara yang boleh dan tidak boleh memiliki senjata nuklir, sementara TPNW memberikan hak dan kewajiban yang sama bagi seluruh pihak.

Di hadapan DPR, Retno menekankan pentingnya meratifikasi TPNW, mengingat tidak adanya keterlibatan negara-negara bersenjata nuklir di dalam traktat tersebut.

"Cita-cita untuk mencapai dunia yang bebas dari senjata nuklir akan semakin jauh dari kenyataan jika kita saling menunggu, menunggu nuclear weapon states menjadi pihak dari treaty ini," katanya.

Oleh karena itu, ia menilai bahwa negara-negara yang tidak bersenjata nuklir perlu berperan aktif untuk menjadi motor utama dalam penghapusan total senjata nuklir.

Pengesahan traktat tersebut juga, kata dia, akan menjadi perwujudan komitmen Indonesia untuk menciptakan norma anti senjata nuklir dan sebagai wujud nyata kontribusi Indonesia untuk menciptakan dunia yang lebih damai, stabil, bebas dari senjata nuklir.

Pengesahan TPNW, kata Retno, juga akan melengkapi ratifikasi tiga instrumen multilateral lain yang telah diratifikasi Indonesia, yaitu Traktat Nonproliferasi Nuklir (NPT), Traktat Pelarangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir (CTBT), dan Traktat Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ).

https://infopublik.id/kategori/nasio...aga-perdamaian

well, kampung halaman mantan wagubsu, nabi musak al jizyatullah pujaan ulamak bantaran kali deli, yaitu Fuckistan, sudah meluncurkan rudal nuklir buatan cendikiawan kadrun negeri mereka, dengan nama Shaheen-3

dengan hasil sebagai berikut :



{thread_title}
[object Object]
pakistan tested it's Shaheen-3 missile. Unconfirmed reports suggest, instead of going up, it allegedly hit DG Khan 'Nuclear Facility'. Reports say a large number of casualties have taken place.
pakistan Govt has slapped Internet ban & nobody knows what's happening in DG Khan area.
Radiation leak feared.




beberapa video medsos fuckistan yang menggambarkan bagaimana fasilitas nuklir fuckistan di kota Dera Ghazi Khan meluncurkan rudal nuklir Shaheen-3 yang terbang ke atas setelah beberapa ribu meter, berbalik jatuh menghantam pengirimnya kembali, langsung dibanned secara instan oleh pemerintah fuckistan emoticon-Shakehand2

fasilitas nuklir fuckistan hancur tertimpa rudal nuklir yang mereka sendiri luncurkan emoticon-Shakehand2

kalau ada yang sempat save video2 tsb, tolong share di thread ini emoticon-Ngakak (S)

para pejabat fuckistan menutup nutupin kejadian ini dengan mengatakan kalau bunyi ledakan adalah bunyi sonic boom, dan memerintahkan pematian internet, untuk menutupi jumlah korban yang banyak emoticon-Shakehand2(typical negara kadrun)

beberapa buzzer bayaran pemerintah fuckistan menyebarkan hoax di medsos kalau bunyi ledakan adalah akibat serangan ISIS/Taliban/Indihe menggunakan drones emoticon-Ngakak (S)

please deh, seluruh fasilitas nuklir bisa porak poranda hanya karena serangan drones ? sama fiktifnya seperti video editan drones turki yang diklaim mampu hancurkan tank emoticon-Ngakak (S)

2 tahun lalu negara kadrun turki mencoba jual drone machine gun mereka ke ukraina,pakai video editan, dimana mereka collage video drone machinegun mereka dengan bangkai tank perang suriah, yang mana berakhir jadi bahan tertawaan di berbagai forum emoticon-Ngakak (S)

machine gun bisa hancurkan tank hanya eksis di film2 dan video games emoticon-Ngakak (S)

berita positif mengenai kejeniusan para cendikiawan kadrun dalam menciptakan rudal nuklir yang punya fitur boomerang, alias berbalik kembali ke pengirimnya, menginspirasi ane untuk mendukung indonesia masuk dalam grup negara2 yang punya teknologi nuklir

fasilitas nuklir pertama bisa dibangun di sumut, dengan mutlak memakai SDM lokal, tidak boleh pakai TKA China, atau SDM dari negara kafeer tafeer, harus pakai SDM lokal terutama yang jenggotan dan berpeci bundar emoticon-Angel

pembangunannya bisa dimulai saat ane sudah exodus ke pulau tetangga emoticon-Angel

dulu ada satu bavarian German yang pernah ngemeng di forum luar ----> "kasih senjata nuklir ke kadrun inbred retards, maka 12 korban pertama dari senjata nuklir tsb, adalah diri mereka sendiri" emoticon-Ngacir
0
249
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan