toarzanAvatar border
TS
toarzan
Tok! Jokowi Sah Larang TikTok Shop untuk Jualan


AYOJAKARTA.COM - Sempat ramai diperbincangkan soal wacana larangan jualan di social commerce seperti TikTok Shop, akhirnya kini terjawab.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengesahkan larangan soal penjualan di social commerce seperti TikTok Shop.

Keputusan yang mengatur tentang larangan jualan bagi social commerce tersebut diatur dalam revisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Keputusan soal aturan larangan itu disahkan oleh Presiden Jokowi usai menghadiri rapat terbatas yang digelar di Istana Negara hari ini Senin, 25 September 2023.

Kabar tersebut disampaikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Menurut Zulkifli, social commerce seperti TikTok hanya boleh memfasilitasi promosi barang atau jasa tetapi tidak untuk melakukan transaksi jual beli.

"Social commerce itu hanya boleh memfasilitasi promosi barang atau jasa, tidak boleh transaksi langsung, bayar langsung tidak boleh lagi," tegas Zulhas, dikutip dari Suara.com.

Lebih lanjut Zulkifli juga menerangkan bahwa, promosi yang dilakukan social commerce nantinya akan sama seperti televisi yang hanya bisa menampilkan iklan saja tetapi tidak untuk bertransaksi keuangan jual beli.

Dalam aturan tersebut nantinya akan diberikan penjelasan soal perbedaan antara social commerce dengan e-commerce.

Nantinya dalam social commerce tidak boleh digabungkan atau berjalan bersamaan dengan e-commerce.

Aturan Permendag tersebut disampaikan Zulkifli akan dikeluarkan dalam waktu satu atau dua hari mendatang setelah disepakati dan ditandatangani.

"Disepakati besok, revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 akan kami tanda tangani. Ini sudah dibahas berbulan-bulan sama Pak Teten (menteri koperasi dan UKM)," ujarnya.


https://www.ayojakarta.com/news/7610...line-bagaimana
Diubah oleh toarzan 25-09-2023 09:12
sorken
areszzjay
jiresh
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan