iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kamu Tim Mana, Kaki Kiri Turun Duluan Atau Kanan Duluan, Gan?


Gaya orang mengendarai motor terkadang berbeda-beda, meski tidak ada aturan yang tertulis dengan jelas seperti cara bagaimana menurunkan kaki yang benar saat motor berhenti dengan kaki kiri lebih dulu adalah keputusan yang tepat dan paling aman.

Mengapa harus kaki kiri yang harus turun duluan menginjakan ke aspal atau tanah saat ini bukan karena faktor kebiasaan atau karena ikut-ikutan orang lain yang lebih 'pengalaman'. Prakteknya, jika kamu tidak percaya silahkan coba sendiri berhenti lalu kaki kanan lebih dulu turun, kemungkinan besar keseimbanganmu akan terganggu terlebih ketika akan berhenti mendadak kemungkinan besar kamu akan jatuh ambruk bersama motormu.



Di Indonesia, dimana semua kendaraan berangkat dari jalur kiri maka semua kendaraan akan berhenti di kiri jalan juga, tidak terkecuali motor yang membutuhkan kosentrasi dan keseimbangan lebih maka harus berhenti di kiri jalan juga. Sekali lagi jika di praktekkan, motor berhenti di kanan jalan akan sangat beresiko ditabrak dari kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

Pun meskipun kamu sudah berhenti di kiri jalan sebenarnya juga tidak benar-benar aman jika kaki kanan yang turun lebih dulu karena beresiko kakimu tersenggol bahkan mungkin jari kaki kananmu bisa saja terlindas oleh kendaraan yang melintas dari arah belakangmu.

Sebenarnya, pihak produsen motor pun sudah mernacang dan memikirkan sedemikian rupa bagaimana mengatur keseimbangan motor agar ketika dipakai hingga motor behenti bobot motor secara keseluruhan bisa terdistribusi dengan baik atau seimbang, sehingga ketika kaki kiri turun lebih dulu tidak menahan beban motor terlalu berat.



Hal lain yang juga mengganggu saat kaki kanan turun lebih dulu dari motor kemungkinan besar kosentrasi stop mu akan terganggu oleh pengoperasian perpindahan gigi, pengereman, menyalakan sein mungkin beberapa fitur tidak bisa dioperasikan dengan benar.

"Ah, kan motor saya matic, nggak ada tuh oper-oper gigi segala!",

"Gw kan bang jago, free style gwe aja hebat!",

"Agama mengajarkan hal yang baik itu harus dilakukan kanan lebih dulu!".




Yes, dimotor matic memang menggunakan transmisi otomatis, tapi urusan berhenti tetap harus mengikuti aturan juga, jika nekat akan beresiko karena kita ini tinggal di negara Asia yang jalur operasionalnya umumnya berada dikiri jalan, jadi kalau masih juga nekat, yah silahkan siap-siap menerima resiko yang sudah saya jelaskan tadi. Hm.






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 


sukhoipakfa
CaiFuk
sitinur200
sitinur200 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
656
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan