si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Untuk Pertama Kali, F-35A Berhasil Lepas Landas dan Mendarat di Jalan Raya
Quote:


Kemampuan untuk mengoperasikan pesawat tempur di jalan raya semakin menjadi hal menarik yang terus dipelajari oleh beberapa negara, salah satunya adalah Norwegia. Yang terbaru, negara ini sukses mengoperasikan jet tempur F-35A di jalan raya dalam sebuah latihan di Finlandia dengan nama Baana Exercise 23 yang berlangsung 18 sampai 23 September 2023.

Mengutip artikel Maavoimat, Latihan Baana 23 mencakup operasi udara harian di pangkalan jalan Tervo dan Pangkalan Udara Rissala dari Selasa hingga Kamis 19-21 September antara pukul 10 pagi hingga tengah malam, dan pada hari Jumat 22 September antara pukul 10 pagi hingga 3 sore. Tujuan operasional latihan ini adalah untuk melakukan lepas landas dan pendaratan di jalur jalan raya berdasarkan silabus pelatihan penerbangan pada kondisi siang dan malam hari.

Latihan ini melibatkan F/A-18C/D Hornet Finlandia dan F-35A Norwegia yang lepas landas dan mendarat di pangkalan jalan Tervo serta Eurofighter Typhoon milik Inggris yang beroperasi dari Pangkalan Udara Rissala. Typhoon nuga dapat jatah untuk beroperasi di Tervo. Selain lepas landas dan mendarat di jalan raya, F-35A juga melakukan hot pit refuel, yakni pengisian bahan bakar pada pesawat tempur di darat dengan kondisi mesin masih menyala.

Untuk Baana 23, bagian dari Jalan Regional 551 di Finlandia yang berada diantara kota Karttula dan Tervo di ujung selatan negara itu telah diubah menjadi pangkalan udara dadakan. Pengalihan arus lalu lintas telah dilakukan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Quote:


Baana sendiri merupakan latihan pangkalan darar tahunan yang dilakukan oleh Angkatan Udara Finlandia, tujuan dari latihan ini adalah untuk memakai jalan raya sebagai landasan pacu ketika pangkalan udara diserang lawan atau tidak bisa digunakan. Tanggung jawab utama untuk menyelenggarakan latihan ini digilir setiap tahun di antara unit-unit Angkatan Udara dan kini giliran Komando Udara Karelia.

Angkatan Udara Finlandia secara teratur melatih operasi-operasi selain dari pangkalan konvensional agar mampu menyebar dengan cepat ke seluruh negeri, bila diperlukan. Operasi di pangkalan jalan raya adalah bagian dari pelatihan semua pilot Angkatan Udara Finlandia. Dan setelah menjadi anggota NATO tahun ini, kini dalam setiap latihan Baana akan melibatkan beberapa anggota NATO. Selain Finlandia, Swedia yang jadi tetangganya juga sudah sering melakukan operasi lepas landas dan mendaratkan pesawat tempur di jalan raya.

Dari gambar dan video yang telah dirilis, tampaknya tidak ada tindakan khusus yang diambil untuk memungkinkan F-35A Norwegia lepas landas dan mendarat dari Jalan Regional 551. Sebagai tambahan, F-35A Norwegia agak unik karena pesawat ini jadi satu-satunya F-35 yang memiliki fitur drag chute. Fitur tersebut kelak juga akan disertakan pada pesanan F-35A Finlandia dan Kanada, drag chute(rem parasut) digunakan untuk membantu jet tempur mendarat dengan aman dalam kondisi cuaca musim dingin yang buruk. Hal ini juga akan mengurangi keausan pada sistem pengereman.

Penambahan drag chute pada F-35 mungkin relevan untuk operasi jalan raya dan operasi jarak pendek lainnya, namun tidak ada indikasi bahwa fitur ini telah digunakan pada latihan Baana 23. Untuk fitur drag chute F-35A Norwegia telah dikemas dalam fairing tersembunyi di antara ekor kembarnya. Sementara itu, keberhasilan mendarat tanpa drag chute, membuktikan bahwa jet tempur ini bisa beroperasi di landasan pacu yang pendek tanpa kendala.

Quote:


Di sisi lain, Korps Marinir AS juga baru saja mendemonstrasikan kemampuan untuk melakukan operasi dari jalan raya dengan menggunakan F-35B pada 3 Agustus 2023 lalu (artikelnya bisa Agan baca disini). F-35B memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat pendek dan vertikal, kemampuan yang tidak ditemukan pada varian A. Angkatan Udara AS juga telah menunjukkan bahwa mereka dapat menggunakan F-35C berbasis kapal induk dari landasan udara sementara di darat, bahkan yang memiliki landasan pacu pendek, yang dikombinasikan dengan peralatan penahan portabel.

Pengoperasian F-35 dari jalan raya kini terus dipelajari, selain AS dan Norwegia; Inggris pada awal tahun depan juga berencana untuk melakukan latihan lepad landas dan mendarat untuk F-35B yang mereka miliki. Dengan mengikutkan Typhoon dalam latihan di jalan raya bersama Finlandia, serta melihat langsung F-35A Norwegia berhasil lepas landas dan mendarat dengan mulus, Inggris pun kini sudah punya gambaran tentang upaya serupa yang akan dilakukan dengan F-35B. Kedepannya kita akan melihat lebih banyak F-35 lepas landas dan mendarat dari jalan raya.




----------------




Referensi Tulisan: Maavoimat& TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera
rotten7070
jlamp
gonugraha76
gonugraha76 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
804
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan