Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Warga Bisa Kumpulkan Rp 15 Juta Tiap Bulan dari Pemilik Kafe Lokalisasi Gang Royal


JAKARTA, KOMPAS.com - AD, salah satu pengurus Forum 13 Penjaringan mengungkapkan besar uang yang didapatkan per bulan dari hasil pungutan para pemilik kafe di Gang Royal.

Untuk diketahui, hasil kutipan uang tersebut dibelikan sembako kemudian disalurkan untuk warga yang tidak mampu di RW 13 Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Ya ditotalkan, per bulan bisa dapat Rp 15 juta. Iya (kutip uang dari Gang Royal saja), bisa juga Rp 10 juta," ujar AD dalam wawancara bersama Kompas.com pada Kamis (21/9/2023). AD mengungkapkan, perbedaan nominal tersebut dikarenakan pihaknya tidak memaksa para pemilik kafe di Gang Royal untuk memberikan uang.

Dia memastikan, kegiatan pengutipan uang ini atas dasar sukarela saja. "Kami tagihnya itu malam, jam 01.00 WIB. Ada yang kasih Rp 10.000, ada Rp 20.000, ada yang Rp 5.000, ada juga yang enggak kasih. Itu secara sukarela," ungkap AD.

Dari hasil pungutan itu, AD bersama teman-temannya membeli sembako dan kemudian disalurkan untuk warga yang kurang mampu di RW 13. Berdasarkan catatan kegiatan bagi-bagi sembako oleh Forum 13 Penjaringan yang berlangsung pada 27 Agustus 2023, terhitung ada hampir 300 warga kurang mampu menerima bantuan.

Selain bagi-bagi sembako, kegiatan lain juga kerap mereka lakukan, yakni memberikan makanan kepada anak-anak setiap Jumat, berbagi peralatan sekolah, santunan kepada warga yang tengah berduka atau jatuh sakit

“Diambil setiap malam di warung ini, uangnya disimpan sampai uangnya memadai, kalau sudah ya dibagikan. Ini kami membagikan warga setiap bulan bisa Rp 20 juta - Rp 25 juta. Tapi itu tergantung pendapatan kita ya,” ucap AD.

“Jadi, uangnya benar-benar saya salurkan ke warga. Makanya Gang Royal itu ada sisi bagusnya, ada sisi buruknya. Tapi, lihat sisi baiknya saja,” pintanya.

AD memastikan bahwa Forum 13 Penjaringan tidak main-main dalam memberikan sedekah kepada warga RW 13. Kepada Kompas.com, AD memperlihatkan sejumlah kartu penerima santunan yang sudah dilaminating. Di kartu tersebut tertulis berbagai macam nama yang disebut kurang mampu secara ekonomi di lingkungan RW 13.

Bahkan, AD juga memperlihatkan sebuah kertas yang berisi data anak yatim atau piatu hingga lansia di RW 13.

“Nah, kami juga punya kartu buat warga. Jadi, yang kami tuju itu sasarannya tepat, yang kami berikan itu yang benar-benar enggak mampu,” ujar dia.

Terlepas dari itu, AD memastikan bahwa kegiatan ini tidak ada kaitannya dengan para pemangku wilayah seperti RT, RW, Kelurahan, atau Kecamatan. Sementara, kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak dua tahun terakhir.

kompas.com
muhamad.hanif.2
aldonistic
denbags
denbags dan 7 lainnya memberi reputasi
8
722
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan