Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blackfourwallsAvatar border
TS
blackfourwalls
Mahasiswa Pertanian UGM Dukung Gagasan Anies Baswedan untuk Petani


Bacapres dari KPP, Anies Baswedan, menyampaikan gagasannya di UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (19/9). (Foto: Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)




Gagasan bakal calon presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, terkait perbaikan tata niaga dan peningkatan kesejahteraan petani mendapat dukungan dari mahasiswa pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka menilai gagasan tersebut sesuai dengan kondisi yang dihadapi petani di Indonesia.

Salah satu mahasiswa pertanian UGM, Laras, mengatakan bahwa gagasan Anies dalam kegiatan Bacapres Adu Gagasan di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa(19/9), tentang pertanian sangat menarik.

"Saya amat tertarik pada gagasan Pak Anies terkait bidang pertanian, kami inginnya memang petani itu harus sejahtera, apalagi ini ke depan makin banyak (kalangan muda) yang gak mau jadi petani," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (20/9).

Laras mengaku dirinya pernah melakukan penelitian serupa dan menemukan fakta bahwa petani di Indonesia saat ini masih menghadapi banyak tantangan.

Mulai dari masa tanam sampai panen yang hasilnya juga belum pasti apakah akan balik modal atau malah merugi dan berhutang. Itu belum ditambah banyaknya konflik agraria terkait tanah-tanah yang diolah.

"Jadi kalau urusan tata niaga dan konflik pertanian gak diberesin takutnya kita malah krisis pangan," tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh mahasiswa pertanian UGM lainnya, Tika. Menurutnya, petani sekarang kesulitan dalam memperoleh kepastian akan produk-produk mereka, sehingga mereka jauh dari kata sejahtera.

"Saya setuju bahwa petani kita memang kesulitan menabung karena apa yang ditanaman dengan apa yang dipanen kadang tidak simetris(harga jual saat panen jatuh) sehingga mereka kadang utang, yang membuat menabung menjadi sesuatu yang sulit," papar dia.

Tika berharap agar Anies dapat menindaklanjuti gagasan tersebut jika terpilih menjadi presiden. Ia yakin bahwa gagasan tersebut dapat mendorong minat generasi muda untuk menjadi petani.

"Harapannya nanti Pak Anies buat kebijakan agar petani bisa sejahtera, bisa menabung dan nantinya akan banyak orang yang ingin menjadi petani," tandasnya.

Dukungan tersebut dapat menjadi sinyal bahwa gagasan dari Anies relevan dengan kondisi yang dihadapi petani di Indonesia. Jika dapat direalisasikan, maka hal ini dapat menjadi harapan baru bagi petani Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.



SUMBER

emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh
muhamad.hanif.2
CaiFuk
bukan.bomat
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
4
541
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan