harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Jual Sembako di Live TikTok, Ruben Onsu Dihujat Netizen dan Pelaku UMKM! Salahkah?

Sumber Gambar

Online shop memang menawarkan kemudahan bagi siapa pun yang ingin berjualan. Hal ini karena memang dengan berdagang melalui online shop. Tentunya akan banyak hal yang dimudahkan dan memiliki jalan yang lebih praktis. Tidak perlu banyak effort dan hanya perlu mengirimkan barang lalu menerima bayaran secara digital.

Kini, online shop pun semakin berkembang. Live shopping menjadi salah satu yang digandrugi sekarang. Karena pembeli tidak hanya bisa melihat melalui katalog tapi juga bisa melihat secara live video dan mengetahui bagaimana ukuran hingga aspek lain yang menjadi pertimbangan dalam membeli suatu barang. Sehingga bisa lebih efisien.

Salah satu yang banyak digunakan adalah TikTok Shop. Di mana TikTok memang menjadi tempatnya banyak orang dalam mencari hiburan di masa kini. Sehingga TikTok pun memanfaatkan hal ini sebagai lahan untuk membuat sebuah marketplace sekaligus sosial media dalam satu aplikasi. Hal ini terbukti berhasil dan mendatangkan banyak pengguna.


Sumber Gambar

Susah-susah gampang sebetulnya melakukan live shopping seperti ini. Karena kadang bisa saja tidak ada yang membeli dagangan kita. Jangankan membeli, menonton saja tidak ada. Sehingga perlu kesabaran untuk dapat bisa suskes di cara ini. Atau jika ingin lebih instan, bisa dengan memanfaatkan jasa orang terkenal seperti artis dan influencer.

Seperti yang dilakukan oleh Ruben Onsu. Di mana Ruben berjualan melalui TikTok Shop seperti pedagang lainnya. Barang yang dijual Ruben sendiri adalah kebutuhan pokok atau sembako. Hal ini merupakan langkah bagus karena Ruben bisa memanfaatkan nama besarnya demi melancarkan usahanya melariskan dagangan.

Sayangnya, tidak semua orang setuju dengan cara Ruben ini. Karena banyak yang memberi kritik hingga menghujat Ruben yang jualan sembako melalui live TikTok. Salah satu pihak yang mengkritiknya adalah para pelaku Usaha Mikra Kecil Menengah atau UMKM. Karena Ruben Onsu dianggap membuat dagangan para pelaku UMKM menjadi sepi.


Sumber Gambar

Mengenai banyaknya komentar kurang bagus yang datang ke usahanya itu. Ruben Onsu menyatakan bahwa itu bukan masalah baginya. Ia paham dengan perasaan orang-orang itu. Tapi ia juga sadar bahwa apa yang dilakukannya ini tidak merugikan siapa pun. Karena memang usaha yang dilakukannya ini bukan suatu yang ilegal.

Kabarnya, bukan hanya Ruben Onsu saja yang menjual sembako melalui live shopping. Melainkan ada juga artis hingga influencer lain yang melakukan hal ini. Netizen khawatir apabila hal ini tetap dilakukan maka bisa berdampak pada para penjual toko kelontong. Karena bisa saja mereka tidak mendapat pembeli dan akhirnya gulung tikar. Bahkan mereka menyebut para artis ini serakah dan tidak mau memberi kesempatan pada pedagang kecil.


Sumber Gambar

Ada juga yang berpendapat agar penjualan sembako atau kebutuhan pokok ini diatur. Apalagi sembako yang dijual ini bukan brand si artis. Memang banyak juga yang mengatakan bahwa kini toko-toko seperti Shoppe dan TikTok sudah ramai oleh artis. Padahal dulu UMKM dan toko-toko biasa saja yang melakukan live dalam menjual barang.

Ya tampaknya hal ini memang menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh para pelaku UMKM. Bagaimana supaya mereka bisa melawan dan bersaing oleh para artis ini. Karena semua hal tentu akan mengalami perubahan dan butuh adanya adaptasi. Entah bagaimana ke depannya kalau akhirnya live shopping menguasai pasar.

Artis pun akan nambah job karena mendapatkan sumber uang baru mereka.

emoticon-2 Jempol

Kalau menurut kalian gimana? Apakah kalian setuju kalau sembako dijual di live shopping oleh para artis? emoticon-Bingung (S)


Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
onlyonejakass
primawidhie
pesulap.merah
pesulap.merah dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.6K
303
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan