Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Wapres Ma'ruf Amin Bertemu 10 Pengusaha Top Cina, Dorong Investasi Industri Halal


Wapres Ma'ruf Amin Bertemu 10 Pengusaha Top Cina, Dorong Investasi Industri Halal

TEMPO.COJakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan sepuluh pengusaha besar Cina di wilayah Fujian pada Jumat, 15 September 2023. Ia mendorong investasi Cina untuk industri halal Indonesia.

"Pangsa pasar produk halal global maupun antar kedua negara sangat potensial untuk dioptimalkan guna memperkuat kerja sama ekonomi ke depannya,” kata Ma'ruf dalam keterangan pers dikutip pada Kamis, 15 September 2023.

Wapres menyebut Indonesia berkomitmen untuk mendorong koordinasi internal untuk kelancaran fasilitasi investasi perusahaan Cina. Hal ini akan dilakukan melalui pembentukan kelompok kerja lintas kementerian dan lembaga khusus untuk Two Countries Twin Parks (TCTP).

TCTP adalah program kerja sama strategis Indonesia-Cina dalam bentuk kerja sama antarkawasan industri untuk mendorong investasi di kawasan industri dan selaras dengan upaya sinergi pencapaian visi pembangunan prioritas kedua negara yaitu “Poros Maritim Dunia” dan “Belt and Road Initiative” (BRI).

Memorandum of Understanding (MoU) terkait TCTP telah ditandatangani oleh kedua negara pada 12 Januari 2021, yang melibatkan Kawasan Industri Yuanghong yang berlokasi di Provinsi Fujian, RRT; serta 3 Kawasan Industri di Indonesia, yaitu (i) Kawasan Industri di Bintan; (ii) Kawasan Industri Terpadu Batang; dan (iii) Kawasan Industri Aviarna Semarang.

Sektor-sektor yang menjadi prioritas adalah sektor industri kelautan, pembangunan infrastruktur, industri pangan, bahan bangunan, energi, perawatan-perbaikan- pemeriksaan penerbangan, elektronik, dan sektor lainnya.

Pertemuan wapres dengan pengusahan Cina berlangaung di Grand Ballroom A, Lantai 3, Hotel Crowne Plaza Fuzhou Riverside, Fuzhou, Provinsi Fujian.

Beberapa pengusaha di sektor halal yang dimaksud yakni Direktur Yuanhong Investment Zone Wang Xingxang, Direktur Pusat Promosi Investasi Kawasan Industri Kembar Indonesia- Tiongkok (TCTP) Shijie You, CEO of Yuguan Food Co. Ltd. Cui Ren Jie, President Commissioner of Seneheld (Fuqing) Food Co. Ltd. Shi Min, CEO of Yuguan Food Co. Ltd. Lin Xin, CEO of Yushuo Food. Ltd. Weng Senlin, President of Tian Ma Technology. Ltd. Zhang Xu, President of Health and Medical Exchange Cooperation Committee (HMECC) Yang Guanglin, Chairman Shanghai Yucui Food Trading Co. Ltd. Zhu Yaofen, serta General Manager Fujian Zhengguan Fishery Development Co. Ltd. Chen Xiong.


Hadir juga pada pertemuan ini, Wakil Gubernur Fujian Guo Ningning. Sementara Wapres didampingi Duta Besar RI untuk Cina Djauhari Oratmangun, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon, Johan Tedja Surya, Farhat Brachma, dan Iggi Haruman Achsien. 

Saat ini Indonesia telah memiliki 3 Kawasan Industri Halal (KIH), yakni Halal Modern Valley di Serang, Halal Industrial Park di Sidoarjo, dan Bintan Inti Halal Hub di Bintan. 

Sementara terkait rencana pendirian Pusat Sertifikasi Halal di Yuanhong Investment Zone, wapres meminta para pihak yang terkait agar segera menindaklanjutinya sesuai prosedur yang berlaku melalui koordinasi untuk pendaftaran dan asesmen sesuai prosedur yang berlaku di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

sumber


layak diapresiasi gan kesuksesan pak wapres dalam meenggaet investasi dari pengusaha top china. menteri2 harusnya bisa belajar dari pak wapres emoticon-thumbsup
valkyr69
muhamad.hanif.2
aldonistic
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4
756
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan