Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganjar2029Avatar border
TS
ganjar2029
Ganjar Unggah Foto Ngopi Sore Bareng Mahfud, Bahas Isu Cawapres?


Jakarta, IDN Times - Di tengah rumor mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang akan dipasangkan dengan Ganjar Pranowo, mantan Gubernur Jawa Tengah itu justru mengunggah foto dengan Menko Polhukam Mahfud MD. Foto tersebut diunggah di platform Instagram dan Twitter. 
"Ngopi bareng Beliau bikin sore makin asyik. Terima kasih ya Prof Mahfud," demikian tulis Ganjar di akun Instagram dan dikutip pada Senin (11/9/2023). 
Begitu foto tersebut diunggah menuai banyak komentar dari publik, termasuk dari sejumlah politisi PDI Perjuangan sendiri. "Bismillah," demikian komentar Rieke Diah Pitaloka. 
"Ini baru pasangan yang pas untuk negeri ini," ujar pengacara ternama, Henry Yosodiningrat dan dikutip pada hari ini. 
Komentar lebih ramai ditemukan di platform X, yang dulu disebut Twitter. "Kalau duet gimana, Pak?" kata seorang warganet. 
Ganjar hanya merespons dengan emoji dua mata yang memiliki makna mengintip. Nama Mahfud sendiri diketahui memang masuk ke dalam daftar lima bakal cawapres potensial Ganjar. Selain Mahfud, ada pula sejumlah nama seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir hingga Andika Perkasa. 
Lalu, apa komentar Mahfud terkait foto ngopinya dengan Ganjar?

1. Mahfud sebut Ganjar adalah temannya sejak lama

Ganjar Pranowo Ganjar didampingi Ketua Panitia Safari Politik Ganjar Pranowo ke Sumut, Paul Baja M Siahaan meresmikan rumah pemenangan di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Ketika dikonfirmasi, Mahfud mengatakan bahwa Ganjar adalah temannya sejak lama. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu sempat bersama-sama di DPR pada periode 2004 hingga 2009. 
"Sampai dia jadi gubernur pun, saya masih makan di meja makan Mas Ganjar. Mas Ganjar sering makan di meja makan saya di rumah," ujar Mahfud di dalam keterangan tertulis pada Senin ini. 
Ia menambahkan bahwa foto tersebut diambil pada Sabtu (9/9/2023) lalu. "Yang dibicarakan lebih banyak nostalgia sebagai sahabat," tutur dia lagi. 

2. Mahfud akui memang sering berbincang dengan Ganjar soal kondisi politik nasional

Menkopolhukam Mahfud MD di Halal Bi Halal MUI pada Kamis (17/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Mahfud juga pernah mengakui bahwa ia sering berkomunikasi dengan Ganjar dan tokoh-tokoh PDIP lainnya. Namun, ia mengaku tidak membicarakan isu pencapresan atau penetapan cawapres. 
"Kami lebih banyak berbicara politik nasional," ungkap Mahfud di Bangkalan pada 7 Juli 2023 lalu. 
Isu politik yang dibahas, kata Mahfud, terutama menyinggung masalah ideologi, konstitusi dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM). Selain itu, kata Mahfud, tokoh-tokoh PDIP yang diajak berkomunikasi tidak hanya Ganjar. 

"Saya sering bertemu dengan tokoh-tokoh PDIP lain seperti Pak Hasto, Pak Said Abdullah, Pak Olly Dondokambey, Pak Ahmad Basarah hingga Pak Yasonna Laoly. Bahkan, saya juga berbicara dengan Ibu Megawati," tutur dia. 
Dalam kunjungan kerja ke Ende baru-baru ini, Mahfud turut didampingi politisi PDIP, Andreas Hugo Pareira. Di sana, Mahfud turut mengunjungi lokasi tempat Bung Karno pernah diasingkan. 
Pernyataan Mahfud itu sejalan dengan kalimat yang pernah disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Ia mengatakan Ganjar melakukan beberapa kali pendekatan secara personal kepada Mahfud terkait posisi bakal cawapres. 
"Pak Ganjar bertemu dengan Pak Mahfud MD dalam beberapa kesempatan," ujar Hasto di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo pada 6 Juli 2023 lalu. 

3. Belajar dari pengalaman pemilu 2019, Mahfud tak lagi ngoyo jadi bakal cawapres

Menko Polhukam, Mahfud MD (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Nama Mahfud kembali diperhitungkan dalam bursa bakal cawapres di pemilu 2024. Namun, ia mengaku tak ingin buru-buru menyimpulkan peluangnya melaju jadi bakal cawapres lebih lebar pada tahun depan. 
Mahfud benar-benar belajar dari pengalaman pahit dalam pilpres 2019 lalu. Ia batal mendampingi Joko "Jokowi" Widodo di menit-menit terakhir jelang pendaftaran ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). 
Menurut Mahfud, penentu akhirnya apakah ia bakal maju menjadi bakal cawapres ada di tangan partai politik.
"Harus diingat yang menentukan pasangan capres atau cawapres itu parpol atau koalisi parpol. Parpol menentukan nama pasangan bukan semata-mata berdasarkan hasil survei. Ada juga pertimbangan mengenai kapabilitas, integritas hingga rekam jejak," ujar Mahfud di dalam keterangan tertulis pada 8 Juni 2023 lalu. 
Lebih lanjut, Mahfud mengatakan saat ini ia melihat saja perkembangan dunia politik yang sedang berlangsung. Mantan Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur itu tak akan langsung memberikan jawaban dengan menolak atau siap menerima kembali pinangan untuk menjadi bakal cawapres. 



"Ini harus disyukuri sebagai hal yang positif dari perkembangan demokrasi. Itu lepas dari soal calonnya saya atau tidak. Tapi, kalau dibandingkan di zaman Pak Harto, mekanisme seperti ini gak ada," ungkap Mahfud ketika diwawancara Najwa Shihab dan dikutip dari YouTube. 
"Dulu itu, gak boleh ada orang yang menyebut nama orang lain sebagai calon. Bisa-bisa disikat habis," tutur dia. 
Ia memastikan bakal ada waktu dan tempat baginya untuk menentukan keputusan. Momen tersebut, kata Mahfud masih lama. 
"Ini kan masih lempar-lemparan bola," ujarnya lagi. 
Ia mengakui juga tidak ngoyo mengejar posisi bakal cawapres di pemilu 2024. Belajar dari pengalamannya pada 2019 lalu, ketika ia mengajar posisi itu, justru malah tidak direstui oleh Tuhan. 
"Kan saya sudah punya pengalaman, jabatan seperti itu kalau dikejar terkadang gak dapat. Kalau kita duduk-duduk saja terkadang malah dapat. Ya, itu sudah ada yang ngatur," katanya.


Ganjar Unggah Foto Ngopi Sore dengan Mahfud, Bahas Cawapres? (idntimes.com)

#ganjarpresiden
trfpjkgbrt2
dragunov762mm
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
582
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan