Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pertama Dunia, Inilah Artis Penyanyi Ai yang Dikontrak Langsung Oleh Label Besar


Ai sepertinya benar-benar merebut beberapa pekerjaan manusia, kalau kita baca di media sudah cukup banyak profesi manusia yang akan dan segera diambil alih oleh Ai, dan kini urusan tarik suara mulai diusik olehnya, anehnya didukung oleh label besar yang seharusnya tetap mempertahankan artis-artis andalannya.

Tentu banyak sekali pertimbangan mengapa salah satu perusahan rekaman besar didunia akhirnya melibatkan Ai menjadi bagian artis penyanyi yang 'lapaknya' sudah digeluti manusia sejak nenek moyang kita. Mau dikemanakan kelak artis-artis 'organik' yang selama ini hadir elok dan indah dimata dan telinga kita, akankah mereka benar-benar akan tersingkirkan oleh Ai?

Pertimbangan terbesar menurut saya adalah karena masalah efesiensi waktu dan biaya yang bisa dipangkas sangat besar, gambarannya setidaknya mirip membuat video clip yang dibuat dalam bentuk animasi kartun, tentu biaya produksinya lebih 'murah' dibanding harus cari penyanyi, spot syuting, melibatkan talent dan keribetan lain hanya untuk membuat sebuah video clip.

Tokoh penyanyi di video clip ini adalah Noonouri, digambarkan seorang wanita muda, berambut biru membawakan sebuah lagu berjudul Dominoes yang berkolaborasi dengan DJ asal Jerman berusia 38 tahun Alle Farben (manusia sungguhan), dan clip ini telah ditonton lebih dari 60.000 kali di YouTube. Ini mengingatkan kita pada video-video clipnya Gorillaz atau clip-clip dalam format kartun lainnya.



Hasil video clip yang dibuat dari teknologi Ai ini pun tidak kaleng-kaleng, dimulai dari animasi artis dan suara vokal benar-benar dibuat dari Ai, kita yang tidak mengamati dengan teliti pasti tidak menyangka jika yang menyanyi adalah hasil dari generate Ai. Intonasi, ketebalan suara, vokalnya meski tetap terdengar (masih) sedikit agak kaku tapi sudah cukup alami seperti vokalnya manusia.



Yah, memang terlihat masih belum sempurna tapi ini menunjukkan bagaimana Ai belajar cepat dan berkembang dengan pesat seolah sudah dekat menjadi kompetitor manusia dikehidupan nyata. Pelan tapi pasti akan ada yang akan digantikan, siapakah mereka tinggal menunggu waktu.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp | img : gugel 


Diubah oleh iskrim 27-01-2024 00:04
thecrawler
oyestekno.com
ufo60
ufo60 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.5K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan