GenkKobraAvatar border
TS
GenkKobra
Beda Merk tetapi sama Mesin - Jam Digital Timberland, QnQ dan Eiger. Kok Bisa?
Gaesss, kalian pernah  membeli barang yang beda merk, tetapi menggunakan komponen dasar yang sama? Hal ini sering terjadi di penjualan barang elektronik seperti jam, laptop, gadget hingga barang-barang otomotif. Kali ini kita akan memfokuskan pada jam tangan digital yang menggunakan merk Q&Q, Eiger dan Timberland.
 
Merk Q&Q yang merupakan singkatan Quality and Quantity adalah merk jam tangan jepang yang dibangun sejak 1976 dan telah terjual sebanyak 500 juta unit di seluruh dunia. Q&Q menyasar pembeli kelas bawah yang peka akan harga tetapi menginginkan jam tangan yang menarik dan berkualitas tinggi. Namun Q&Q baru mulai memproduksi jam tangan mereka sendiri pada 1981. Kesuksesan Q&Q dimulai pada tahun 1995 saat penjualan jam tangan mereka melewati angka 20 juta unit.


Jam Eiger dan Jam QnQ

Merk Eiger merupakan perusahaan di bidang manufaktur dan ritel peralatan yang cukup terkenal di Indonesia. Perusahaan yang memiliki nama PT Eigerindo Multi Produk Industri ini didirikan oleh Ronny Lukito sejak 1989 silam di Bandung. Eiger sangat terkenal di kalangan para pecinta alam yang doyan naik turun gunung dan bertualang. Hebatnya lagi, Eiger telah membuka toko di Swiss. Dikutip dari Marketeers, pada peresmian EIGER di Swiss, Ronny Lukito Founder PT Eigerindo Multi Produk Industri menyampaikan jika terpilihnya Interlaken sebagai toko pertama EIGER di kancah internasional karena wilayah ini merupakan gerbang pertama menuju sebuah gunung yang menjadi inspirasi nama brand ini, yaitu Gunung Eiger.
“Sejak berdiri pada tahun 1989, EIGER menjadikan negara Swiss sebagai inspirasi merek untuk terus berinovasi. Hingga akhirnya, kami bisa mewujudkan mimpi yang telah lama disiapkan, yaitu membuka toko EIGER untuk pertama kalinya luar Indonesia, langsung di Kaki Gunung Eiger, kota Interlaken, Swiss,” kata Ronny.


Foto : Toko Eiger di Swiss


Pada akun Instagram @eigeradventure, EIGER menyebutkan jika cabang pertamanya ini dibuka di wilayah Interlaken, Swiss. Merk Eiger mendunia karena kualitas produk yang dipercaya para mahasiswa dan pelajar yang banyak menggunakan produknya untuk keperlusan belajar dan bertualang.

Merk Timberland berasal dari perusahaan Abington Show yang dibeli oleh Nathan Swartz seorang imigran dari Russia. Ia  mulai memindahkan perusahaannya ke New Hampshire -  New England, salah satu negara bagian di Amerika Serikat. Letaknya di daerah pegunungan besar dan dikelilingi danau dan hutan. Daerah ini terkenal dengan hujan lebat, musim salju dan gelombang panas pada saat musim kemarau. Produk Timberland menyasar para pekerja tambang dan penduduk di sekitar pegunungan yang membutuhkan outfit untuk cuaca ekstrim yang sering terjadi.
Pada 1973, sepatu boot anti air Timberland pertama kali diluncurkan. Tehnik molding pertama kali dilakukan untuk membuat sepatu tangguh ini. Penggunaan nama Timberland secara resmi digunakan sebagai nama perusahaan pada 1978.
Lalu apa hubungannya QnQ, Timberland dan Eiger? Seperti kita tahu, QnQ adalah perusahaan jepang yang berfokus dengan pembuatan jam tangan. Dan sepertinya, Timberland tertarik menggunakan perusahaan QnQ untuk membuatkan mesin jam yang akan dibranded dengan nama Timberland. Sah? Hal ini sah saja dalan urusan bisnis. Seperti iPhone yang menggunakan layar buatan Samsung untuk semua jenis LCD Amoled smartphonenya. Atau beberapa merk mobil yang nyaris mirip bentuknya seperti Avanza dan Xenia. Yang dibutuhkan adalah mesin utama. 


Jam QnQ dan Jam Timberland

Soal kemasan diberi merk yang berbeda itu diatur dengan perjanjian dagang.  Begitu juga dengan Eiger yang menggunakan QnQ untuk membuatkan mesin jam bagi meereka. Entah kebetulan atau tidak, baik Timberland dan Eiger memiliki kemiripan dalam produknya. Mereka sama-sama memproduksi perlengkapan petualang yang tangguh digunakan di segala medan lengkap dengan pernak pernik fashionnya.

Lalu bagaimana dengan harga? Timberland mematok harga tertinggi untuk setiap jam digital yang diproduksi dengan mesin QnQ. Sementara Eiger menggunakan harga yang sama dengan harga jual merk jam QnQ untuk model yang sama. Lalu, kita pilih yang mana? Semua terserah kalian. Kepingin mentereng dengan merk Timberland? Atau menggunakan merk dalam negeri Eiger? Atau malah kalian malah memilih QnQ sebagai original manufakturnya?

Semua terserah Anda.


Setyawan


Sumber Tulisan :

https://www.timberland.com/en-us
https://eigeradventure.com/about-us

https://qq-watch.jp/eng/
0
712
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan