Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Super Garuda Shield 2023: Latihan Loading/Unloading Himars dan Caesar dari Hercules
Quote:


Pada acara Super Garuda Shield 2023 kali ini, TNI AU dan USPACOM melakukan Latihan Operasi Udara Angkut Artileri Medan. Dalam latihan ini dilakukan proses loadinghowitzer swagerak Caesar 6x6 dari pesawat angkut C-130H Hercules milik Skadron Udara 31 TNI AU serta peluncur roket Himars dari pesawat MC-130J Super Hrercules milik Angkatan Udara AS (USAF). Latihan tersebut dilakukan di Bandara Blimbingsari, Jawa Timur pada Sabtu (06/09/2023).

Latihan ini bertujuan untuk mengangkut Himars dan Caesar serta mengirimnya secara cepat untuk digunakan memberikan bantuan tembakan dalam bentuk artileri untuk menghancurkan sisa-sisa musuh ataumemperkuat pertahanan bandara. Sebelum mendarat, kedua pesawat Hercules dipandu oleh Tim JTAC (Join Terminal Attack Control) Kopasgat TNI AU dan oleh Tim JTAC US Army.

Pesawat pertama yang mendarat di Bandara Blimbingsari adalah MC-130J yang membawa Himars, selanjutnya beberapa menit kemudian C-130H mendarat membawa Caesar. Kedua pesawat Hercules menurunkan muatannya dengan posisi mesin masih hidup. Setelah turun dari pesawat, Himars dan Caesar masing-masing bergerak menuju assembly point, dan selanjutnya mereka menempati Firing Point untuk melakukan simulasi bantuan tembakan. Setelah selesai, Himars dan Caesar kembali ke pesawat untuk melakukan proses loading. Selanjutnya, masing-masing pesawat take off dari Bandara Blimbingsari.

Quote:


Mengutip artikel resmi TNI AU, persiapan latihan untuk loading/unloading Caesar sudah mulai dilakukan sejak hari Rabu (06/09/2023) di Lanud Halim Perdanakusuma. Latihan diawali dengan gladi drill kering menggunakan shoring dan pesawat dengan engine offsebanyak empat kali. Selanjutnya pelaksanaan dilakukan dengan kondisi engine running, para personel lalu melaksanakan latihan timing yang meliputi Set up Shoring, Caesar Offload, Set up Meriam Mode Tembak, Simulated Fire Excp, Set up Meriam Mode Off, Caesar Onload, dan Loading Shooring.

Pada Rabu kemarin juga telah dilakukan proses gladi loading/unloading ke pesawat C-130H Hercules berupa meriam artileri Caesar dari Batalyon Armed 9 Kostrad, Subang, Jawa Barat. Di hari yang sama, lima personel dari Kopasgat melaksanakan latihan JTAC (Join Terminal Attack Control), latihan ini untuk membantu memandu kru pesawat Hercules mendarat di Bandara Blimbingsari.

Sebagai tambahan informasi, proses loading/unloading Caesar ke perut Hercules bukan hal baru Gan. Pada acara Garuda Shield 2022 lalu, C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 juga melakukan loading/unloading Caesar di Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Latihan dilakukan pada 7 April 2022 untuk persiapan Garuda Shield 2022. Waktu itu TNI AU memakai bantalan kayu di ujung ramp door, untuk memasukkan Caesar ke ruang kargo Hercules.

Quote:


Untuk Caesar TNI AD memakai platform truk Sherpa 5 berpenggerak 6x6 dengan bobot keseluruhan 18,5 ton, muatan yang masih bisa diangkut Hercules. Meski bisa diangkut, tetapi posisi Caesar cukup ngepres di ruang kargo Hercules. Dari meriam, kru, dan amunisi bisa dibawa dalam sekali jalan, sehingga memudahkan operasional dan pergerseran Caesar. Satu unit Hercules hanya bisa membawa satu unit Caesar, sementara pesawat A400M yang dipesan TNI AU bisa membawa dua unit Caesar.

Sementara itu, Himars milik US Army dan USMC juga sudah sering melakukan loading/unloading memakai pesawat C-130 Hercules milik USAF. Satu pesawat Hercules hanya bisa membawa satu unit Himars, posisinya di ruang kargo Hercules juga sangat ngepres. Himars punya berat keseluruhan 16,2 ton dan menggunakan platform truk FMTV (Family of Medium Tactical Vehicles) 6×6. Di sisi lain, Himars tak pernah absen dari latihan Garuda Shield yang digelar di Indonesia. Untuk tahun ini latihan berlangsung pada 31 Agustus - 13 September 2023 dengan mengambil lokasi latihan di Banyuwangi, Situbondo Surabaya dan Pasuruan.



--------------------




Referensi Tulisan: TNI AU
Sumber Foto: TNI AU
gabener.edan
geopoliticsgeek
gonugraha76
gonugraha76 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
751
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan