Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekadrunAvatar border
TS
amekadrun
Diskusi Rocky Gerung di Sleman Ricuh, Refly Harun Kena Lemparan Botol


Home Nasional Peristiwa

Diskusi Rocky Gerung di Sleman Ricuh, Refly Harun Kena Lemparan Botol

CNN Indonesia

Jumat, 08 Sep 2023 17:51 WIB





Acara diskusi yang menghadirkan Rocky Gerung dan Refly Harun di Sleman, DIY, diwarnai kericuhan, Jumat (9/9/2023). (CNN Indonesia/Tunggul Damarjati)


Yogyakarta, CNN Indonesia -- 

Acara diskusi publik yang menghadirkan akademisi sekaligus pengamat politik Rocky Gerung di Kopi Nuri, Depok, Sleman, DIY, Jumat (9/9) diwarnai kericuhan.

Massa yang menolak kehadiran Rocky Gerung dan Refly Harun sebagai pembicara ikut masuk ke lokasi acara. Rocky mulanya santai menanggapi protes massa dengan celetukan-celetukannya. Ia bahkan mempersilakan mereka mendekati mimbar.

Sampai akhirnya salah seorang dari mereka melempar sebuah botol air mineral ke arah mimbar dan mengenai Refly Harun yang duduk di sebelah Rocky.



"Pak polisi, saya protes. Karena saya dilempar dan kena leher saya," kata Refly yang tiba-tiba beranjak dari kursinya usai terkena lemparan botol.

Refly lalu meminta polisi mengamankan orang yang melemparnya dengan botol. Narasumber lain seperti Saut Situmorang dan peserta acara yang kebanyakan merupakan mahasiswa menyerukan hal yang sama.

"Ini barang buktinya. Pak polisi yang melempar tadi diambil, itu jelas, pak polisi ambil dia. Kalau enggak nanti kita lapor Kapolri nanti," kata Saut.



"Nanti yang punya video, ada saksinya. Dia lempar dan kena leher saya. Coba bayangkan kalau (kena) kacamata saya? Tolong-tolong, ini negara hukum. Kita tidak main kekerasan, boleh protes," ucap Refly.

Selang beberapa menit, acara kembali berlanjut. Rocky Gerung kemudian menyampaikan materi diskusi di saat massa penolak masih saja terus meneriakkan protes dan menyela pembicara.

"Hak-hak kita untuk mengkritik pemerintah dijamin undang-undang. Hak Anda untuk memuji pemerintah juga dijamin undang-undang. Yang tidak dijamin undang-undang adalah Anda melakukan kekerasan, itu tidak dijamin undang-undang. Anda musti ditangkap," ujar Rocky.



Dalam materinya, Rocky menyatakan apa yang disampaikan adalah untuk menyelamatkan bangsa dari kondisi saat ini yang penuh ketimpangan. Dia mengklaim paparannya berbasis data.

Acara akhirnya selesai sekitar pukul 16.00 WIB. Rocky cs dikawal barikade para mahasiswa dan polisi untuk keluar dari lokasi melalui pintu belakang sambil membelah area persawahan.

Selepas acara, Rocky dan Refly menyesalkan insiden pelemparan botol di tengah acara. Refly akan mempertimbangkan untuk melaporkan insiden ini ke polisi.



"Saya kira nanti kita akan pertimbangkan ya. Karena kan tadi kita tidak tahu siapa yang melakukan pelemparan kecuali kita ada bukti. Tapi mestinya pak polisi tahu. Saya kan orang yang tidak mau merepotkan orang lain sesungguhnya," kata Refly.

Sebelumnya, massa yang mengatasnamakan diri Pejuang Nusantara Indonesia Bersatu (PNIB) meminta Rocky Gerung dan Refly Harun tak dihadirkan sebagai narasumber. Mereka mengizinkan acara berjalan asal keduanya tak jadi pembicara.

Mereka datang dengan membawa spanduk bertuliskan 'Yogyakarta Kota Pelajar, Budaya Bermartabat. Tolak & Usir Rocky Gerung & Refli Harun - Penghina Presiden, Penghancur Kehormatan Bangsa & Perusak Moralitas Anak Bangsa'.

Massa mulai merangsek masuk ke lokasi acara saat mengetahui bahwa Rocky cs sudah tiba di Kopi Nuri melalui pintu belakang.

(kum/pmg)

https://www.google.com/url?sa=t&sour...hBNx6E_U1zIOF-


Lha ente kan lagi diskusi bae2 ya rung, masak diresehin sih

Harusnya mencak2 n disuruh maju ke panggung tuh orang


Masak kalah sama young lex sih ente rung!


Waktu melipir ke pesawahan tangannya masih dimasukin ke saku kantong celana nggak nih?🤣
Proloque
dragunov762mm
bukan.bomat
bukan.bomat dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.5K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan