Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

superman313Avatar border
TS
superman313
Lembaga Survei Abal-abal Masif Bermunculan, Bahaya Mengintai
Mendekati Pemilu 2024, hasil survei terkait calon presiden-wakil presiden bertebaran. Bahkan, setiap bulan, ada saja lembaga survei yang merilis hasil survei terbarunya. Problemnya, banyak lembaga disinyalir menjalankan surveinya tanpa berbasiskan kaidah-kaidah ilmiah. Lantas bagaimana membedakan lembaga survei yang kredibel dengan yang abal-abal?

Hamdi Muluk terdengar kesal saat ditanya soal adanya sejumlah hasil survei terkait calon presiden-wakil presiden oleh sejumlah lembaga yang sangat signifikan bedanya dengan hasil survei yang dirilis oleh lembaga-lembaga kredibel. Problem klasik yang selalu tampak menjelang pemilu, menurut dia, kembali tampak terulang mendekati Pemilu 2024.

Sudah bukan rahasia, kata anggota Dewan Etik Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) ini, setiap menjelang pemilu, sejumlah peserta pemilu, baik partai politik, calon presiden-wakil presiden maupun calon anggota legislatif, memesan lembaga-lembaga survei sebagai konsultan politiknya. Hasil survei penting sebagai panduan dalam menerapkan strategi pemenangan pemilu.

https://www.kompas.id/baca/polhuk/20...haya-mengintai

sebagai anak sosiolgi ane diajari ketika survei dan nyari responden mencari yg bener2 mewakili dan itu tidak mudah itu jaman blm ada hp smartphone. tp klo sekarang jaman sosmed metodenya seharusnya lebih cocok lewat poling online. tinggal siapa yg mengadakan poling aja sih.
mayoritas lembaga survei yg ada hingga hari ini kebanyakan dapat sponsor dan endorse makane perlu dipertanyakan kredibilitasnya😂😂😂😂😂
CaiFuk
sahabat.006
bengukrawe
bengukrawe dan 2 lainnya memberi reputasi
3
402
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan