iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ilmuwan Menemukan Pengganti Daging Dari Tanaman, Kabar Bagus Buat Vegetarian!


Di negeri ini daging masih menjadi salah satu konsumsi pokok yang dibuat dalam berbagai olahan makanan yang memang enak dan mengenyangkan. Masakan daerah Indonesia dari daging pun sampai ada yang terkenal hingga dimanca negara karena kelezatannya seperti Rendang dari Padang, Sumatera Barat.

Kita akui memang, sayangnya beberapa jenis daging seperti daging kambing yang tekstur dagingnya yang khas dan lemaknya yang lezat (menurut mitos) mengandung kolesterol yang cukup tinggi, orang makan jadi berlebihan, lupa diri sehingga kolesterolnya naik.

Tapi mungkin sebentar lagi mereka yang menyukai olahan daging akan memiliki pilihan yang biasa didapat dari hewan dan kini bisa diperoleh dari tanaman jenis umbi lapis seperti bawang merah. Buat sebagian kecil orang yang tahu mungkin tidak terlalu kaget karena seperti irisan daging ayam kini bisa diganti dengan protena, atau olahan jamur yang diolah seperti daging tapi kekurangannya kurang memiliki rasa yang kuat, 'kurang daging'.



Dan kabar baiknya, baru-baru ini bawang merah menjadi penelitian yang tidak kalah menarik karena memiliki keunggulan dari segi aroma dan rasa, hasilnya akan lebih mirip dengan rasa daging sesungguhnya! YanYan Zhang dan tim ilmuwan dari Universitas Hohenheim, Jerman tengah mengembangkan alternatif daging yang lebih sehat. Daging nabati.

Menurut laporan mereka di Journal of Agricultural and Food Chemistry (yang dipublikasikan pada 24 Agustus 2023) untuk menghasilkan daging nabati dengan rasa yang tidak kalah enak dan aroma yang persis aslinya maka bawang harus difermentasi (proses ekstraksi aroma dan lainnya) terlebih dahulu dengan jamur Polyporus umbellatus selama 18 jam, lalu karena bawang (secara alami) mengandung sulfur yang tinggi maka akan menghasilkan aroma yang cukup kuat natinya akan mirip aroma daging.



Maka jika penelitian ini sudah dengan sempurna dan sudah dibentuk jadi sebuah produk seperti dalam kemasan sachet misalnya, mungkin nanti bisa diaplikasikan ke beberapa potongan sayuran sehingga jika ada orang memakannya seolah dia sedang makan daging sungguhan, ini juga menjadi kabar baik tentunya buat vegetarian atau penyuka olahan daging tapi tidak ingin beresiko kolesterolnya jadi tinggi. Hm.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp1, Tkp2| img : gugel 


Diubah oleh iskrim 08-09-2023 00:51
anonymous987
rassakhiy
bayupk5000
bayupk5000 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.3K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan