harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Genteng, Pagar, dan Jembatan Dirusak Demi Parade Sound System! Tradisi Apa Ini?

Sumber Gambar

Ada banyak cara untuk merayakan sesuatu, mulai dari membuat pesta atau dengan membuat acara khusus. Ada banyak sekali hal yang kerap kali dirayakan dengan cukup niat oleh warga. Hal ini karena memang hal ini merupakan bentuk rasa syukur sekaligus bentuk apresiasi terhadap warga yang telah berpartisipasi dengan suatu hal yang baru saja dicapai.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang effort melakukan banyak hal demi merayakan suatu perayaan yang mungkin hanya dilakukan sekali tapi bisa berkesan sampai selamanya. Hal ini kadang bisa membuat orang rela melakukan banyak hal demi terlaksananya suatu acara perayaan yang dianggap cukup penting bagi mereka.

Salah satunya adalah parade sound system yang kerap diadakan di beberapa daerah. Video-video parade sound system tersebar di sosial media di mana mereka mengarak atau membawa sound system itu berkeliling sembar memutar musik-musik yang meriah. Hal ini mungkin biasa dilakukan di beberapa daerah ya. Walau bagi TS ini hal yang baru karena tidak pernah ada acar begini di tempat TS.


Sumber Gambar

Sayangnya, dari banyaknya video yang beredar, banyak video yang menunjukkan justru parade ini malah mengundang hal yang kurang bagus terjadi. Di mana tampak beberapa fasilitas hingga rumah warga yang dirusak demi bisa dilewati oleh sound system yang ingin lewat tersebut. Hal ini lantas mendapat banyak komentar di sosial media.

Mulai dari genteng atau asbes rumah warga yang dipotong. Di salah satu video memang terlihat ada warga yang naik ke genteng dan memotong asbes rumah. Hal ini dikatakan karena ada sound system yang ingin lewat tapi tidak bisa karena terhalang oleh asbes sehingga perlu dilakukan penyesuaian dan dipotong sesuai lebar sound system.

Di lain video, terjadi hal serupa. Di mana sebuah pohon ikut menjadi korban parade sound system. Pohon itu ditebang atas alasan yang sama, yakni menghalangi jalan sound system yang hendak melintas. Terlihat dalam video beberapa orang menumbangkan pohon tersebut dengan gergaji mesin. Kejadian yang satu ini terjadi di Malang, Jawa Timur.


Sumber Gambar

Ada juga yang sampai merusak pondasi jembatan karena menghalangi truk pembawa sound system yang hendak lewat. Seseorang tampak membongkar pondasi jembatan dengan mudahnya sementara truk kelebihan muatan yang membawa sound system menunggu untuk lewat.

Bukan hanya pondasi jembatan, pagar beton warga juga ikut dihancurkan demi lewatnya sound system. Beberapa orang dalam video tampak bergotong-royong menghancurkan pagar beton milik warga yang keberadaannya membuat sound system kesulitan melintas. Mungkin bagi mereka memang sepenting itu sound system sampai harus mengorbankan banyak hal.


Sumber Gambar

Netizen yang melihat ini pun geram dibuatnya. Menurut mereka, hal ini bisa dilaporkan dan dihukum pidana karena memang merusak fasilitas umum. Walau ada yang menyebut bahwa ini merupakan “tradisi.” Tapi bila tradisi tersebut merusak dan malah merugikan, apakah harus dilanjutkan? Ya, kita seharusnya bisa memilah mana yang baik dan buruk untuk kita sendiri sih ya.

Banyak yang mendesak kepolisian untuk bergerak mengusut hal ini. Karena memang sudah meresahkan bagi beberapa orang. Mungkin semua orang punya caranya sendiri untuk bahagia dan bersenang-senang. Inilah cara mereka, but look around you. Perhatikan juga bahwa apakah kita merugikan orang lain dan membuat ketidaknyamanan. Mungkin mereka senang, tapi belum tentu orang lain senang juga.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian apakah ini bisa dimaklumi? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 05-09-2023 23:10
merckygan
kubelti3
khususfilm
khususfilm dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.6K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan